Advertisement

Nama-nama pamor Keris lengkap dengan gambar dan penjelasan tentang tuahnya

Hartalangit.com – Pamor adalah motif atau hiasan yang terdapat pada bilah Keris, Tombak atau Tosan Aji lainnya yang terbentuk dari proses tempa lipat dari beberapa jenis logam berbeda sehingga akan menghasikan gradasi warna berbeda ketika bilah Keris diwarangi. Besi akan berubah warna menjadi hitam, baja menjadi hitam pudar atau abu-abu dan bahan pamor tetap berwarna putih keperakan.

Ada beberapa jenis pamor pada Keris, Tombak dan Tosan Aji lainnya yang masing-masing memiliki ciri dan motif yang berbeda-beda sesuai dengan betuk dan tehnik pembuatannya, ada yang bentuknya tidak disengaja atau yang biasa disebut sebagai pamor tiban dan ada yang bentuk motifnya sudah direncanakan/dirancang dari awal atau yang disebut pamor rekan.

Istilah-istilah yang biasa digunakan pada pamor Keris atau yang biasa disebut dengan istilah "Wujud Semuning Pamor" pada umumnya kurang begitu dikenal lagi oleh orang-orang jaman sekarang. Padahal jenis dan bentuk motif pamor yang terdapat pada bilah Keris juga menjadi unsur penting untuk menentukan kualitas dan nilai dari sebilah Keris.

Baca juga: Nama-nama dhapur Keris dan Tombak lengkap menurut pakem Jawa

Berikut ini jenis-jenis pamor pada Keris, Tombak dan Tosan Aji lainnya:

- Pamor Mrambut

Pamor jenis ini merupakan istilah penilaian pamor melalui kesan rabaan (grayangan), yaitu pamor yang jika diraba dengan ujung jari akan terasa seperti meraba rambut. Pamor mrambut berbentuk seperti susunan garis-garis kecil seperti helaian rambut, atau seperti serat-serat halus dan lembut.

- Pamor Ngawat

Pamor jenis ini juga dinilai dari kesan rabaan seperti halnya pamor Mrambut, tapi kesan rabaannya terasa seolah-olah seperti meraba helaian-helaian kawat yang lembut.

- Pamor Nggajih

Pamor jenis ini merupakan istilah penilaian pamor melalui kesan penglihatan, yaitu pamor yang tampak seperti lemak beku (gajih) yang menempel pada permukaan bilah Keris.

Keris atau Tosan Aji lainnya yang pamornya nggajih biasanya adalah Keris-Keris yang bermutu rendah atau yang sering disebut Keris rucahan. Keris semacam itu jika dijentik (di thinthing) biasanya tidak berdenting nyaring.

-  Pamor Mbugisan

Pamor jenis ini dinilai melalui kesan penglihatan dan rabaan. Permukaan bilah Keris yang pamornya tergolong mbugisan memiliki kesan rabaan halus, sedangkan gradasi perbedaan warna antara besinya yang hitam dan pamornya yang putih keperakan tidak nyata terlihat (tidak kontras).

- Pamor Nyanak

Pamor nyanak adalah istilah untuk pamor sanak atau pamor peson yang dinilai menurut kesan penglihatan dan rabaan. Alur-alur pola gambaran pamor ini tidak jelas/tidak kontras, tetapi kesan rabaannya sangat terasa dan agak kasar. Keris yang pamornya tergolong sanak biasanya dibuat dari bahan pamor yang berupa mineral besi yang didapat dari daerah lain, dan jika dijentik, Keris dengan pamor sanak tidak berdenting nyaring.

- Pamor Kelem

Pamor jenis ini memiliki penampilan yang cukup jelas dan cukup kontras tapi memiliki kesan sedemikian rupa sehingga seolah-olah yang terlihat hanya sebagian kecil saja dari keseluruhan pamor yang ada, atau seolah-olah sebagian besar dari pamor tersebut tenggelam didalam bilah Keris. Pamor kelem jika diraba akan terasa lumer atau halus dan lembut.

- Pamor Kemambang

Pamor Kemambang adalah kebalikan dari pamor Kelem. Pamor ini memberi kesan seolah bagian pamor yang tertanam dibilah Keris hanya sedikit saja dan jika diraba terasa lumer dan halus.

- Pamor Ngintip

Pamor Ngintip adalah istilah untuk penamaan pamor yang sangat kasar kesan rabaannya, dan kadang-kadang pada beberapa bagian terasa tajam. Pamor Ngintip bisa terjadi karena dua sebab, yang pertama karena Empu pembuatanya boros (loma) dalam panambahan bahan pamor yang digunakannya, sehingga jumlah bahan pamor yang digunakan menjadi berlebihan. Bisa juga terjadi karena unsur ketidak sengajaan, yaitu untuk memberikan kesan wingit pada Keris yang dibuatnya.

Sebab yang kedua karena sang Empu menggunakan bahan pamor bermutu tinggi, tetapi besi yang digunakan kualitasnya kurang bagus, akibatnya besinya cepat aus sedangkan pamornya masih utuh, maka yang terjadi kemudian pamor tersebut akan muncul pada permukaan bilah secara berlebihan.

- Pamor Mubyar

Pamor mubyar adalah jenis pamor yang warnanya tampak cerah, cemerlang, dan kontras dengan warna besinya. Tapi walaupun warnanya kontras, jika diraba akan terasa lumer dan halus.

Selain istilah-istilah yang di atas, untuk menilai pamor kita juga harus mengamati kondisi tertanamnya pamor pada bilah Keris atau Tosan Aji lainnya. Menurut istilah Jawa, kondisi itu disebut tanceping/tumanceping pamor.

- Pamor Deling

Pamor Deling juga biasa disebut dengan nama pamor Akhodiat. Jika pamor menyebar diseluruh permukaan bilah Keris disebut Deling Settong, jika hanya mengumpul di ujung bilah Keris disebut Deling Pucuk dan jika berada dibagian pesi disebut Deling Paksi. Pamor Deling adalah bagian dari kelompok pamor pada sebilah Keris yang Warnanya lebih cemerlang dari bagian pamor lainnya. Pamor ini tergolong pamor tiban dan tuahnya dinilai baik karena dapat membuat pemiliknya memiliki firasat yang tajam.

- Pamor Nginden

Penampilan pamornya mengkilap seperti dapat membiaskan cahaya berkilauan. Pamor Nginden banyak dijumpai pada Keris nom-noman tangguh Surakarta (PB).

Tanceping atau tertancapnya pamor pada bilah Keris ada dua macam, yaitu:

- Pandes (pandhes), yaitu pamor yang seolah tertanam dalam dan kokoh.

- Kumambang, yaitu pamor yang seolah-olah mengambang atau mengapung dipermukaan bilah.

Baca juga: 9 Keris pusaka paling sakti dan paling dicari ditanah Jawa

Jenis-jenis pamor menurut proses terbentuknya:

• Pamor Tiban

Yaitu pamor yang motifnya tidak direncanakan terlebih dulu oleh sang Empu. Contoh pamor Tiban, antara lain: Wos Wutah, Pandaringan Kebak, Ngulit Semongko, Pulo Tirto, Rojo Gundolo dan lainnya.

• Pamor Rekan

Yaitu pamor yang motifnya sudah direncanakan/dirancang terlebih dulu dan biasanya berdasarkan pesanan sehingga ada tehnik atau cara-cara tersendiri dalam peletakan besi dan bahan pamor dalam proses penempaannya. Contoh pamor Rekan, antara lain: Blarak Sineret, Ron Gendhuru, Udan Mas, Nogo Rangsang, Melati Rinonce, dan lainnya.

• Pamor Titipan

Yaitu pamor yang dibuat atau disusulkan setelah bilah Keris selesai dibuat. Jadi pamor ini dititipkan/disisipkan pada Keris setelah bilahnya sudah terbentuk utuh.

Jenis-jenis Pamor Kombinasi:

Keris, Tombak atau jenis Tosan Aji lainnya tidak selalu hanya memiliki satu pamor saja, ada juga yang memiliki beberapa motif pamor sekaligus dalam satu bilah, inilah yang disebut pamor kombinasi, dan berikut ini jenis-jenisnya:

• Pamor Slewah

Pamor Slewah adalah sebutan untuk dua pamor berbeda yang berada pada sisi bilah yang sama dan biasanya antara pamor satu dengan yang  lain dipisahkan dengan jarak sekitar 1 cm atau lebih. Versi lainnya yaitu dua pamor berbeda yang ada di masing-masing sisi bilah Keris atau Tombak. Jadi satu sisi bilah dan sisi bilah lainnya memiliki pamor yang berbeda.

• Pamor Dwi Warno

Pamor Dwi Warno adalah sebutan untuk dua pamor berbeda yang terdapat pada sisi bilah yang sama, tapi letak kedua pamornya tidak dipisahkan oleh jarak (jaraknya hanya kecil), contohnya: Batu Lapak - Wengkon, Rujo Gundolo - Wengkon, atau yang lainnya.

• Pamor Tri Warno

Pamor Tri Warno adalah istilah untuk pamor Keris atau Tombak yang terdiri dari tiga nama pamor dalam satu bilah, contohnya: pada sebilah Keris terdapat pamor Tunggak Semi dibagian sor-soran, ditengah bilah terdapat pamor Adeg, dan di ujungnya bilah terdapat pamor Lawe Seukel, ini yang disebut pamor Tri Warno.

• Pamor Tangkis

Pamor Tangkis adalah istilah untuk Keris yang pada kedua sisi bilahnya memiliki pamor yang berbeda atau yang hanya memiliki pamor pada satu sisi bilahnya saja dan sisi bilah yang satunya tidak berpamor (kelengan). Selain itu, istilah Tangkis juga sering digunakan untuk menyebut nama dhapur Keris yang memiliki ricikan berbeda pada kedua sisi bilahnya.

Baca juga: Filosofi dan tuah ampuh Keris pamor Tangkis

Berikut ini nama-nama pamor Keris, Tombak dan Tosan Aji lainnya beserta gambar dan penjelasan mengenai tuah/khasiatnya:

1. Pamor Adeg Iras

pamor adeg iras
Ilustrasi Pamor Adeg Iras

Bentuknya menyerupai garis-garis lurus mulai dari ujung sampai pangkal bilah Keris dan tembus/menyambung ke bagian gonjo, bahkan sampai kebagian pesi Keris. Pamor ini tergolong pamor miring - rekan. Tuahnya untuk menangkal gangguan mahluk halus, serangan ilmu hitam, dan menolak bencana.

2. Pamor Alip

pamor alip
Ilustrasi Pamor Alip

Pamor ini selalu menempati bagian sor-soran pada sebilah Keris, tapi kadang juga terdapat pada Tombak. Pamor Alip termasuk pamor titipan dan pamor rekan, bentuknya berupa garis lurus dan tebal sepanjang sekitar 4 - 6 cm dan terkadang ujung garisnya membelok/melengkung.

Pamor Alip bukan merupakan pamor Sodo Sak Ler yang terputus, tapi memang sengaja dibuat seperti itu atau karena titipan sehingga terkadang pamor ini terdapat disela-sela pamor lain yang lebih dominan. Bagi sebagian orang, pamor ini dipercaya memiliki tuah yang baik untuk memperkuat iman, tahan terhadap godaan dan tidak tergolong pamor pemilih.

3. Pamor Asihan

pamor asihan
Ilustrasi Pamor Asihan

Pamor Asihan adalah bentuk pamor yang motifnya menyambung dari bagian bilah Keris sampai ke bagian gonjo. Jadi, pamor Asihan tidak memiliki bentuk sendiri tapi selalu digabungkan dengan pamor lain yang lebih dominan seperti misalnya pamor Ngulit Semongko Asihan, Udan Mas Asihan atau yang lainnya. Tuanya dipercaya dapat memikat lawan jenis (pengasihan) dan disukai banyak orang.

4. Pamor Badaela

pamor badaela
Ilustrasi Pamor Badaela

Pamor Badaela termasuk pamor tiban yang terletak dibagian sor-soran. Pamor ini di anggap kurang baik untuk dimiliki karena dapat menyebabkan pemiliknya sering mengalami nasib sial sehingga sering dilarung ke sungai oleh pemiliknya.

5. Pamor Batu Lapak

pamor batu lapak
Ilustrasi Pamor Batu Lapak

Pamor ini selalu menempati bagian sor-soran Keris, Tombak. Pedang atau Badik. Bentuknya berupa garis-garis melengkung setengah lingkaran atau menyudut. Pamor Batu Lapak tergolong pamor miring dan pamor rekan. Tuahnya dinilai baik untuk perlindungan dan tolak bala.

6. Pamor Bawang Sebungkul

pamor bawang sebungkul
Ilustrasi Pamor Bawang Sebungkul

Bentuknya berupa lapisan-lapisan yang berbentuk mirip dengan irisan bawang dan selalu menempati bagian sor-soran Keris. Pamor ini tergolong pamor miring dan rekan. Tuahnya dinilai baik untuk memelihara ketenangan dan ketentraman rumah tangga.

7. Pamor Bendo Segodho

pamor bendo segodo
Ilustrasi Pamor Bendo Segodho

Bentuk motifnya berupa bulatan-bulatan yang mengelompok rapat dengan masing-masing bulatan berjarak sekitar 0,5 - 1 cm dan tergolong pamor rekan. Pamor ini tidak pemilih dan tuahnya dinilai baik untuk memudahkan dalam mencari rezeki.

8. Pamor Blarak Sineret

pamor blarak sineret
Ilustrasi Pamor Blarak Sineret

Pamor ini juga sering disebut pamor Blarak Ngirid atau Blarak Gineret. Bentuknya mirip daun kelapa lengkap dengan pelepahnya (blarak) dan termasuk pamor miring - rekan dengan tingkat kerumitan yang tinggi dalam pembuatannya. Tuahnya dinilai baik untuk kewibawaan dan kepemimpinan.

9. Pamor Bonang Rinenteng

pamor bonang rinenteng
Ilustrasi Pamor Bonang Rinenteng

Bentuknya berupa garis lurus ditengah bilah Keris atau Tombak mulai dari pangkal sampai ujung bilah dan di sisi kanan-kiri garis terdapat bulatan-bulatan kecil yang menempel dengan jarak antara lingkaran satu dengan lainnya sekitar  1 - 1,5 cm. Pamor ini tergolong pamor rekan, tuahnya dinilai baik untuk pegaulan, kerejekian dan kewibawaan.

10. Pamor Bungkalan

pamor bungkalan
Ilustrasi Pamor Bungkalan

Pamor Bungkalan merupakan bentuk pamor yang terpadat pada ujung Keris atau Tombak. Jadi, pamor apapun jika pada bagian didekat ujung bilah terdapat pamor yang bentuknya seperti lidah ular bercabang dua, itu disebut pamor Bungkalan dan tergolong pamor yang disukai. Tuahnya dinilai baik karena dapat membantu memudahkan pemiliknya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

11. Pamor Bungkus

pamor bungkus
Ilustrasi Pamor Bungkus

Sepintas bentuk pamor ini menyerupai bentuk kepompong yang terletak ditengah-tengah sor-soran. Tuahnya untuk kerejekian dan mencegah sifat boros.

12. Pamor Buntel Mayat

pamor buntel mayit
Ilustrasi Pamor Buntel Mayit

Pamor Buntel Mayat lebih populer disebut pamor Buntel Mayit, padahal maknanya sangat jauh berbeda. Mayat dalam bahasa Jawa artinya miring, sedangkan Mayit artinya jenazah. Bentuk pamor ini menyerupai lilitan kain dari pangkal sampai ujung bilah Keris atau Tombak dan tergolong pamor rekan, perpaduan pamor miring dan mlumah. Banyak yang beranggapan jika pamor ini kurang baik untuk dimiliki. Pamor ini tergolong pemilih, tapi bagi orang yang kuat, tuahnya bisa membantu memudahkan rezeki dan mencapai kejayaan.

13. Pamor Ceprit/Nyeprit

Harta Langit
Ilustrasi Pamor Ceprit

Pamor Ceprit adalah sebutan untuk pamor yang hanya sedikit sekali terdapat pada bilah Keris atau Tombak (seceprit). Pamor ini biasanya banyak terdapat pada Keris-Keris tangguh Majapahit. Tuahnya untuk perlindungan dan kerejekian.

14. Pamor Dadung Muntir

pamor dadung muntir
Ilustrasi Pamor Dadung Muntir

Jika dilihat sekilas bentuk pamor ini mirip dengan pamor Sodo Lanang/Sodo Sak Ler. Bedanya, garis yang ada disepanjagg bilah Keris atau Tombak tidak berbentuk garis lurus biasa, tapi bentuknya mirip pintalan tambang atau pintalan tali. Pamor ini tergolong pamor rekan dan termasuk pamor pemilih. Tuahnya dinilai baik untuk menambah kewibawaan dan keberanian serta keteguhan hati.

15. Pamor Dandang Ngelak

pamor dandhang ngelak
Ilustrasi Pamor Dandhang Ngelak

Tuahnya dinilai buruk karena membuat pemiliknya berhati keras dan banyak musuh.

16. Pamor Endas Boyo

pamor ndas boyo
Ilustrasi Pamor Ndas Boyo

Pamor Endas Boyo selalu terletak dibagian sor-soran. Pamor ini diyakini oleh banyak orang bertuah buruk karena akan membuat pemiliknya sering mendapat musibah akibat tingkah lakunya sendiri dan apa saja yang dilakukan selalu salah. Dari keyakinan itulah kemudian banyak Keris berpamor Endas Boyo yang dilarung ke sungai.

17. Pamor Gajah Gelar

pamor gajah gelar
Ilustrasi Pamor Gajah Gelar

Bentuk motifnya berupa 5 garis yang membujur disepanjang bilah Keris dari pangkal sampai ujung. Pamor ini tergolong pamor miring - rekan. Tuahnya untuk kewibawaan dan memperluas kekuasaan.

18. Pamor Ganggeng Kanyut

pamor ganggeng kanyut
Ilustrasi Pamor Ganggeng Kanyut

Bentuknya menyerupai ganggang yang hanyut di sungai/aliran air. pamor ini tergolong pamor rekan perpaduan antara pamor miring dan mlumah. Tuahnya untuk memperluas pergaulan, untuk kewibawaan dan untuk kerejekian.

19. Pamor Gumbolo Geni

pamor gumbolo geni
Ilustrasi Pamor Gumbolo Geni

Bentuk motifnya menyerupai kobaran api. Tuah pamor Gumbolo Geni dinilai baik untuk menangkal hal-hal negatif/tolak bala dan mengobarkan semangat/ambisi pemiliknya untuk terus maju dan meraih kejayaan.

20. Pamor Ilining Warih/Banyu Mili

pamor banyu mili
Ilustrasi Pamor Ilining Warih/Banyu Mili

Bentuknya berupa garis-garis membujur dari pangkal sampai ujung  bilah Keris atau Tombak. Garis-garisnya ada yang utuh dan ada yang putus-putus serta banyak yang bercabang sehingga bentuknya menyerupai air mengalir. Pamor ini tergolong pamor rekan dan tidak pemilih. Tuahnya dinilai baik untuk memperluas pergaulan dan untuk melancarkan rezeki.

21. Pamor Janur Sinebit

pamor janur sinebit
Ilustrasi Pamor Janur Sinebit

Bentuknya berupa garis-garis yang membujur dari pangkal sampai ujung bilah Keris, sepintas pamor ini mirip dengan pamor Gajah Gelar, bedanya garis-garis pamornya mengumpul ditengah bilah, sedangkan garis-garis pada pamor Gajah Gelar jaraknya lebih renggang dan yang paling tepi berada tepat dipinggir bilah seperti pamor Wengkon. Pamor ini tergolong pamor miring - rekan, tuahnya dapat mendatangkan ketentraman, kebahagiaan dan untuk tolak bala.

22. Pamor Jarot Asem

pamor jarot asem
Ilustrasi Pamor Jarot Asem

Bentuknya menyerupai serabut kasar saling menyilang tapi tidak saling tindih. Pamor ini tergolong pamor rekan yang langka. Pamor Jarot Asem tidak memilih dan tuahnya dinilai baik karena akan membuat pemiliknya memiliki keteguhan hati dan tekad yang kuat.

23. Pamor Jolo Tundo

pamor jolotundo
Ilustrasi Pamor Jolotundo

Bentuknya sepintas mirip pamor Wengkong tapi garisnya lebih lebar dan pada bagian dalamnya terdapat lekukan-lekukan. Tuahnya dinilai baik karena akan membuat pemiliknya mudah mendapatkan ketenaran dan menonjol dilingkungannya.

24. Pamor Jung Isi Dunyo

pamor jung isi dunyo
Ilustrasi Pamor Jung Isi Dunyo

Bentuknya berupa bulatan-bulatan kecil berlapis-lapis yang dikelilingi oleh bulatan dan bisa terletak dimana saja, bisa dibagian sor-soran, tengah bilah, atau di ujung bilah. Pamor ini tergolong pamor mlumah, tuahnya untuk memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki dan mengumpulkan kekayaan.

25. Pamor Junjung Drajat

pamor junjung drajat
Ilustrasi Pamor Junjung Drajat

Motif pamor Junjung Drajat berupa garis-garis yang tersusun membentuk segitiga seperti anak panah atau bentuk gunung dengan ujung yang lancip melambangkan peningkatan atau terus menanjak kepuncak yang lebih tinggi. Garis-garis pamornya yang berlapis-lapis atau bertumpuk melambangkan menjunjung/menopang sesuatu yang lebih tinggi. Pamor ini tergolong pamor miring - rekan dan tuahnya dinilai baik untuk mengangkat derajat atau status sosial pemiliknya.

26. Pamor Kalacakra/Kolocokro

pamor kalacakra
Ilustrasi Pamor Kalacakra

Motifnya berbentuk garis silang seperti huruf X yang ujung-ujung garisnya sampai menyentuh tepi bilah Keris dan ditengahnya terdapat bulatan yang mirip dengan bentuk pusaran pamor Sumur Bandung. Pamor ini selalu menempati bagian sor-soran Keris. Pamor ini tergolong pamor rekan dan pemilih. Tuahnya untuk tolak bala.

27. Pamor Kendit

pamor kendhit
Ilustrasi Pamor Kendit

Bentuknya berupa garis yang melingkari bilah Keris dan termasuk pamor rekan. Tuahnya untuk perlindungan dan tolak bala.

28. Pamor Klabang Sayuto

pamor klabang sayuto
Ilustrasi Pamor Klabang Sayuto

Bentuk motifnya merupakan perpaduan dari pamor Blarak Sineret dan Nogo Rangsang, sepintas menyerupai bentuk kaki kelabang. Pamor ini tergolong pamor rekan dan pemilih. Tuahnya untuk kewibawaan dan kekuasaan.

29. Pamor Kupu Tarung

pamor kupu tarung
Ilustrasi Pamor Kupu Tarung

Bentuk motifnya menyerupai sayap kupu-kupu mengembang yang berderet disepanjang bilah Keris dari pangkal sampai ujung yang dihubungkan oleh sebuah garis pamor. Pamor ini tergolong pamor miring - rekan dan tidak pemilih. Tuahnya untuk memperluas pergaulan.

30. Pamor Kutho Mesir

pamor kutho mesir
Ilustrasi Pamor Kutho Mesir

Pamor ini terletak dibagian sor-soran Keris, bentuknya seperti jajaran genjang dan ada juga yang berbentuk lingkaran seperti pamor Kul Buntet. Tuahnya untuk perlindungan dan kewibawaan.

31. Pamor Keleng

pamor keleng
Ilustrasi Pamor Keleng

Pamor Keleng adalah sebutan untuk Tosan Aji yang bilahnya tidak terdapat motif pamor. Tapi Keris Keleng sebetulnya tetap diselipi bahan pamor tapi memang sengaja disamarkan untuk tujuan-tujuan tertentu. Tuah Keris pamor Keleng dinilai baik untuk perlindungan dan pengayoman.

32. Pamor Kenongo Ginubah

pamor kenongo ginubah
Ilustrasi Pamor Kenongo Ginubah

Bentuknya motif pamor ini menyerupai untaian bunga kenanga dan tergolong pamor rekan. Pamor Kenongo Ginubah termasuk pemilih  dan tuahnya dinilai baik karena akan membuat pemiliknya memiliki kepribadian menarik dan menonjol dilingkungannya serta akan disukai oleh banyak orang.

33. Pamor Koro Welang

pamor koro welang
Ilustrasi Pamor Koro Welang

Bentuknya berupa gambaran belang-belang menyerupai kulit ular welang dan tergolong pamor miring - rekan. Pamor Koro Welang termasuk pemilih dan tuahnya dinilai baik untuk menambah kewibawaan pemiliknya.

34. Pamor Kudung Mayit

pamor kudung mayit
Ilustrasi Pamor Kudung Mayit

Bentuknya berupa lapisan pamor yang menutupi bagian ujung bilah Keris sehingga terlihat seperti memakai kudung (kerudung).  Tuah pamor ini dinilai buruk karena dapat menghambat cita-cita pemiliknya

35. Pamor Kulit Semongko/Ngulit Semongko

pamor ngulit semongko
Ilustrasi Pamor Ngulit Semongko

Bentuk motif pamor Ngulit Semongko mirip dengan motif pada kulit buah semanggka. Pamor ini tergolong pamor tiban - mlumah dan tidak pemilih. Tuahnya dinilai baik untuk memperluas pergaulan.

36. Pamor Kul Buntet

pamor kul buntet
Ilustrasi Pamor Kul Buntet

Bentuknya berupa garis melingkar menyerupai bentuk obat nyamuk dan biasanya terletak dibagian sor-soran. Pamor ini merupakan pamor miring - titipan yang bisa dibuat setelah bilah Keris jadi. Pamor Kul Buntet tergolong pemilih dan tuahnya dinilai baik untuk perlindungan.

37. Pamor Lar Gangsir

pamor lar gangsir
Ilustrasi Pamor Lar Gangsir

Pamor Lar Gangsir tergolong pamor miring yang dihasilkan dari lipatan dan puntiran sehingga menjadikan bentuk alurnya terkesan rumit dan indah mirip dengan motif pada sayap Gangsir. Tuahnya dinilai baik untuk kewibawaan dan penundukan.

38. Pamor Lawe Saukel

pamor lawe saukel
Ilustrasi Pamor Lawe Saukel

Bentuk pamor ini menyerupai gulungan benang yang terlepas atau terurai. Tuah Pamor Lawe Saukel dinilai baik karena diyakini dapat membantu pemiliknya untuk menguraikan masalah-masalah ruwet yang dihadapi.

39. Pamor Lintang Kemukus

pamor lintang kemukus
Ilustrasi Pamor Lintang Kemukus

Bentuknya berupa garis lurus yang berada ditengah bilah mirip dengan pamor Sodo Sakler, tapi dibagian bawah atau sor-soran garis tersebut membesar membentuk pola seperti pamor Lawe Saukel, Bawang Sebungkul, atau pamor Tunggak Semi. Tuahnya dinilai baik untuk membantu agar apa yang menjadi harapan atau cita-cita pemiliknya bisa cepat terkabul.

40. Pamor Lintang Mas

pamor lintang mas
Ilustrasi Pamor Lintang Mas

Bentuknya berupa bulatan berlapis-lapis seperti pamor Udan Mas, tapi lapisan bulatannya lebih banyak sehingga diameter bulatannya bisa mencapai 1 cm atau lebih. Pamor ini tergolong pemilih dan tuahnya dinilai baik untuk mendatangkan rejeki dan kekayaan.

41. Pamor Mancungan

pamor mancungan
Ilustrasi Pamor Mancungan

Bentuk pamor ini mirip dengan pamor Ujung Gunung tapi posisinya terbalik, bagian lancipnya justru menghadap kebawah atau pangkal Keris. Pamor ini termasuk pamor rekan dan pemilih. Tuahnya dinilai baik untuk menambah wibawa pemiliknya.

42. Pamor Manggar

pamor manggar
Ilustrasi Pamor Manggar

Bentuk pamor ini menyerupai bunga kelapa dalam untaian (manggar) yang merupakan kumpulan dari bulatan-bulatan lonjong dan kecil yang tersusun disepanjang bilah Keris dari pangkal sampai ujung. Pamor ini tergolong pamor rekan dan tidak pemilih. Tuahnya dinilai baik untuk memudahkan dalam mencari rejeki dan memperluas pergaulan.

43. Pamor Manikem

pamor manikem
Ilustrasi Pamor Manikem

Motifnya berupa bulatan-bulatan berlapis, berjajar dan berderetan dari pangkal sampai ujung bilah Keris, garis tengah bulatan mencapai 1,5 - 2 cm dan setiap bulatan terdiri lebih dari 8 lapis. Bulatan satu dengan lainnya dihubungkan dengan garis garis pamor. Pamor ini diisukai para pedagang dan pengusaha karena tuahnya dapat memudahkan datangnya rejeki.

44. Pamor Mas Kumambang

pamor mas kumambang
Ilustrasi Pamor Mas Kumambang

Pamor ini letaknya dibagian gonjo Keris, bentuknya berupa garis mendatar berlapis-lapis. Tuahnya dinilai baik untuk memperluas pergaulan dan disukai banyak orang.

45. Pamor Mayang Mekar

pamor mayang mekar
Ilustrasi Pamor Mayang Mekar

Bentuknya sangat indah menyerupai daun seledri. Pamor Mayang Mekar tergolong pamor miring – rekan yang sangat langka dan pemilih. Tuahnya dinilai baik karena akan membuat pemiliknya luwes dalam pergaulan dan disukai orang-orang disekitarnya, atau lebih condong untuk pengasihan.

46. Pamor Mego Sungsun

pamor mego sungsun
Ilustrasi Pamor Mego Sungsun

Pamor Mego Sungsun tergolong pamor rekan, tuahnya dinilai baik untuk mempermudah dalam mencapai cita-cita yang tinggi.

47. Pamor Melati Rinoce

pamor melati rinonce
Ilustrasi Pamor Melati Rinonce

Bentuknya mirip untaian bunga melati yang diuntai menggunakan benang mulai dari pangkal sampai ujung bilah Keris. Pamor Melati Rinonce tergolong pamor rekan dan tidak memilih. Tuah atau khasiatnya untuk memudahkan dalam mencari rejeki dan menumpuk kekayaan.

48. Pamor Melati Sinebar

pamor melati sinebar
Ilustrasi Pamor Melati Sinebar

Bentuknya berupa bulatan-bulatan berlapis yang menyebar berurutan dari pangkal sampai ujung bilah dengan diameter bulatannya sekitar 1 cm. Pamor Melati Sinebar termasuk pamor rekan dan tidak pemilih. Tuahnya dinilai baik untuk kerejekian dan pergaulan.

49. Pamor Miji Timun

pamor miji timun
Ilustrasi Pamor Miji Timun

Bentuknya berupa bulatan-bulatan kecil ditengah bilah Keris dari pangkal sampai ujung mirip dengan pamor Uler Lulut, tapi bulatannya lebih kecil dan lebih lonjong. Tuahnya untuk kerejekian dan kewibawaan.

50. Pamor Mlinjon

pamor mlinjon
Ilustrasi Pamor Mlinjon

Bentuk pamor ini berupa bulatan-bulatan lonjong mirip buah melinjo yang tersusun rapi disepanjang bilah Keris dari pangkal sampai ujung. Tuahnya dinilai baik untuk kewibawaan dan kerejekian.

51. Pamor Mrambut

pamor mrambut
Ilustrasi Pamor Mrambut

Bentuknya beruoa garis-garis lembut yang membujur dari pangkal sampai ujung bilah Keris. Garis-garis pamor tersebut tidak utuh, tapi terputus-putus dan sepintas mirip dengan pamor Adeg, bedanya pada pamor Adeg garisnya tidak terputus. Pamor ini tergolong pemilih, tuahnya dinilai baik untuk menangkal segala hal yang bersifat negatif atau untuk tolak bala.

52. Pamor Mrutu Sewu

pamor mrutu sewu
Ilustrasi Pamor Mrutu Sewu

Bentuknya motifnya berupa kumpulan garis-garis dan bulatan yang saling berdekatan sehingga tampak ruwet dan sepintas mirip dengan pamor Sisik Sewu. Letaknya tersebar dari pangkal sampai ujung bilah. Pamor ini termasuk pamor mlumah dan tidak pemilih. Tuahnya dinilai baik untuk memperluas pergaulan.

53. Pamor Munggul

pamor munggul
Ilustrasi Pamor Munggul

Bentuknya seperti bisul yang menonjol dipermukaan bilah Keris, biasanya ukurannya sebesar biji kacang hijau atau sedikit lebih besar. Pamor ini tergolong langka dan banyak dicari karena tuahnya dapat membantu pemiliknya untuk meraih kejayaan dan kemenangan.

54. Pamor Raja Soleman

pamor raja soleman
Ilustrasi Pamor Raja Soleman

Bentuknya menyerupai bintang segi enam yang selalu terletak dibagian sor-soran. Pamor ini merupakan pamor titipan, atau pamor yang dibuat setelah bilah Keris selesai dikerjakan. Pamor ini tergolong pemilih dan tuahnya dinilai baik karena merupakan kumpulan dari hal-hal yang baik, seperti untuk penangkal dari marabahaya, untuk kewibawaan agar disegani lawan maupun kawan dan ditakuti mahluk ghaib.

55. Pamor Nogo Rangsang

pamor nogo rangsang
Ilustrasi Pamor Nogo Rangsang

Bentuknya sangat mirip dengan pamor Blarak Sineret, perbedaannya hanya pada arah motif garis-garis yang menyerupai daun kelapa. Pada pamor Blarak Sineret garis-garisnya mengarah ke atas atau ke ujung bilah, sedangkan pamor Nogo Rangsang sebaliknya yaitu mengarah kebawah atau ke pangkal bilah. Pamor ini tergolong pemilih dan tuahnya dinilai baik untuk menambah kewibawaan

56. Pamor Nrajang Landep

pamor nrajang landep
Ilustrasi Pamor Nrajang Landep

Pamor Nrajang Landep sebetulnya bukan nama sebuah pamor, tapi merupakan pamor (bisa pamor apa saja) yang alurnya keluar dari bilah Keris. Pada Keris-Keris tua banyak yang pamornya menjadi Nrajang Landep karena bilahnya sudah gripis.

Pamor Nrajang Landep di anggap memiliki tuah yang kurang baik karena membuat pemiliknya sering terlibat sengketa dan salah pengertian. Tapi ada juga yang sengaja menyimpannya dengan tujuan jika suatu saat terlibat masalah maka tuah Keris ini dapat meloloskannya dari masalah. Tapi secara umum, tuahnya kurang baik (negatif).

57. Pamor Nur

pamor nur
Ilustrasi Pamor Nur

Bentuk pamor Nur mirip dengan hurup S yang terletak dibagian sor-soran. Pamor ini tergolong pemilih, tuahnya di anggap baik untuk menambah kewibawaan dan kharisma. Pamor ini cocok dimiliki guru dan sesepuh masyarakat.

58. Pamor Ondho Agung

pamor ondho agung
Ilustrasi Pamor Ondho Agung

Motifnya berbentuk garis-garis menyudut, bersusun-susun dan berjajar keatas dari pangkal sampai ujung bilah Keris. Pamor ini termasuk pamor miring dan tidak pemilih. Tuahnya di anggap baik untuk kenaikan jabatan atau pencapaian karier.

59. Pamor Pancuran Mas

pamor pancuran mas
Ilustrasi Pamor Pancuran Mas

Motif pamor ini menempati dua pertiga dari bagian Keris, yaitu dibagian bilah dan gonjo. Bentuknya berupa garis lurus mulai ujung sampai pangkal bilah Keris dan tembus atau menyambung ke bagian gonjo menjadi bercabang dua seperti bentuk lidah ular. Tuahnya dinilai baik untuk mencari rejeki dan kekayaan.

60. Pamor Pandan Iris

pamor pandan iris
Ilustrasi Pamor Pandan Iris

Bentuknya menyerupai irisan daun pandan dan merupakan pamor rekan. Pamor Pandan Riris termasuk pemilih dan tuahnya dinilai baik untuk kewibawaan, kejayaan, dan kepemimpinan.

61. Pamor Pari Sawuli

pamor pari sawuli
Ilustrasi Pamor Pari Sawuli

Bentuk motifnya menyerupai untaian bulir-bulir padi dari pangkal sampai ujung bilah Keris. Pamor ini tergolong pamor rekan dan tidak pemilih. Tuahnya untuk kemakmuran.

62. Pamor Pedaringan Kebak

pamor pedaringan kebak
Ilustrasi Pamor Pedaringan Kebak

Pamor Pedaringan Kebak merupakan pamor tiban yang menempati hampir seluruh bagian bilah Keris. Pamor ini tidak pemilih, tuahnya untuk memudahkan dalam mencari rejeki.

63. Pamor Pulo Tirto

pamor pulo tirto
Ilustrasi Pamor Pulo Tirto

Bentuknya mirip dengan pamor Wos Wutah tapi hanya menempati sebagian kecil dari bilah Keris atau Tombak. Letaknya menyebar tidak merata mirip bentuk pulau-pulau. Pamor ini merupakan pamor tiban, tuahnya dinilai baik untuk pergaulan, kerejekian dan ketrentaman.

64. Pamor Puser Bumi

pamor puser bumi
Ilustrasi Pamor Puser Bumi

Bentuk motifnya berupa garis melingkar membentuk pusaran. Pamor ini tergolong pamor miring - rekan dan pemilih. Tuahnya untuk Perlindungan dan penjagaan.

65. Pamor Putri Kinurung

pamor putri kinurung
Ilustrasi Pamor Putri Kinurung

Bentuk motifnya menyerupai danau dengan beberapa pulau kecil di tengahnya. Pamor ini tergolong pamor tiban dan tidak pemilih. Tuahnya dinilai baik karena akan menjadikan pemiliknya hemat dan pandai dalam mengelola keuangan.

66. Pamor Rahtama

pamor rahtama
Ilustrasi Pamor Rahtama

Pamor ini terletak dibagian sor-soran dan tergolong pamor tiban Biasanya pamor ini terselip di antara pamor lain yang lebih dominan seperti pamor Wos Wutah atau Ngulit Semongko. Tuahnya di anggap baik dan cocok jika dimiliki oleh pasangan suami-istri yang menghendaki anak yang baik, berbudi luhur dan mulia.

67. Pamor Rambut Daradah

pamor rambut daradah
Ilustrasi Pamor Rambut Daradah

Bentuknya hampir mirip dengan pamor Adeg, tapi pada jarak tertentu terdapat lekukan-lekukan dipinggir pamornya. Pamor ini tergolong pamor miring - rekan dan pemilih. Tuahnya dinilai baik untuk kepemimpinan.

68. Pamor Rante

pamor rante
Ilustrasi Pamor Rante

Motifnya mirip dengan bentuk rantai berupa sederet bulatan-bulatan yang berlubang ditengahnya yang masing-masing dihubungkan dengan pamor yang bentuknya menyerupai garis. Pamor ini tergolong pamor rekan dan tidak pemilih. Tuahnya untuk mencari kekayaan dan mencegah sifat boros.

69. Pamor Reget Banyu

pamor reget banyu
Ilustrasi Pamor Reget Banyu

Bentuknya berupa garis-garis setengah lingkaran berlapis-lapis, ada yang terdapat disepanjang bilah Keris dan ada juga yang hanya setengah bilah. Tuahhya untuk perlindungan dan tolak bala.

70. Pamor Ri Pandan

pamor ri pandan
Ilustrasi Pamor Ri Pandan

Motifnya menyerupai duri ikan dan sepintas seperti pamor Ron Gendhuru tapi daunnya lebih jarang dan tipis sehingga menimbulkan kesan kurus. Pamor ini tergolong pamor miring - rekan dan termasuk pemilih. Tuahnya untuk menambah kewibawaan.

71. Pamor Ri Wader

pamor ri wader
Ilustrasi Pamor Ri Wader

Bentuknya menyerupai duri ikan dan tergolong pamor miring - rekan yang proses pembuatannya tergolong rumit. Pamor ini tergolong pemilih, tuahnya untuk menambah wibawa pemiliknya.

72. Pamor Rojo Gundolo

pamor rojo gundolo
Ilustrasi Pamor Rojo Gundolo

Motifnya menyerupai wujud Manusia, mahluk halus atau bunatang dan bisa terletak dimana saja, bisa dibagian sor-soran, tengah bilah atau di ujung bilah Keris. Pamor ini tergolong pamor tiban, tuahnya untuk perlindungan dan tolak bala.

73. Pamor Ron Gendhuru

pamor ron gendhuru
Ilustrasi Pamor Ron Gendhuru

Pamor Ron Gendhuru juga sering disebut sebagai pamor Bulu Ayam, bentuk motifnya menyerupai daun gendhuru. Pamor ini termasuk pamor miring - rekan dan pemilih. Tahnya untuk kewibawaan dan kepemimpinan serta membuat pemiliknya menjadi orang terpandang.

74. Pamor Ron Jagung

pamor ron jagung
Ilustrasi Pamor Ron Jagung

Bentuknya menyerupai susunan daun jagung yang masih ada dipohonnya. Tuahnya dinilai baik untuk kewibawaan dan kerejekian.

75. Pamor Ron Pakis

pamor ron pakis
Ilustrasi Pamor Ron Pakis

Bentuk motifnya menyerupai daun pakis dan tergolong pamor miring - rekan. Tuahnya di anggap baik untuk kewibawaan.

76. Pamor Satrio Pinayungan

pamor satrio pinayungan
Ilustrasi Pamor Satrio Pinayungan

Bentuk motifnya hampir serupa dengan pamor Kudung tapi dibawahnya terdapat pamor lain. Pamor lain yang terdapat dibawahnya atau dibagian sor-soran bisa berupa pamor Wos Wutah, Bawang Sebungkul, atau pamor-pamor lainnya. Tapi versi lain ada yang mengatakan bentuknya berupa 3 buah bulatan dibagian sor-soran yang letaknya berjajar mendatar dan di atasnya terdapat beberapa bulatan berjajar keatas. Tuanya di anggap baik untuk perlindungan dan kepemimpinan.

77. Pamor Segoro Wedhi

pamor segoro wedhi
Ilustrasi Pamor Segoro Wedhi

Motifnya berupa bulatan-bulatan kecil berlapis dan sebagian tidak berlepais. Letaknya menyebar diseluruh permukaan bilah Keris. Pamor ini tidak pemilih dan tuahnya dinilai baik untuk memudahkan dalam mencari rejeki.

78. Pamor Sekar Anggrek

pamor sekar anggrek
Ilustrasi Pamor Sekar Anggrek

Bentuk motifnya menyerupai untaian bungan anggrek dan sepintas mirip dengan Pamor Sekar Pala, bedanya pada pamor Sekar Anggrek dibagian ujung bunga lebih lebar dan mengarah ke atas, sedangkan pamor Sekar Pala bentuk bunganya lebih kecil dan mengarah ke bawah. Tuahnya dinilai baik karena akan membuat pemiliknya mudah mendapatkan keberuntungan.

79. Pamor Sekar Glagah

pamor sekar glagah
Ilustrasi Pamor Sekar Glagah

Bentuk motifnya mirip dengan pamor Mayang Mekar tapi agak renggang dan tidak terlalu rapat. Angsarnya sangat baik untuk kenaikan pangkat, kesuksesan usaha, dan memudahkan dalam mencari rejeki.

80. Pamor Sekar Kopi

pamor sekar kopi
Ilustrasi Pamor Sekar Kopi

Bentuk motifnya seperti buah buah kopi yang masih menempel dirantingnya, ditengah bilah terdapat pamor berbentuk garis tebal dari pangkal sampai ujung bilah Keris dan disisi kiri dan kanan garis tersebut terdapat pamor berbentuk bulatan-bulatan kecil yang letaknya terpisah-pisah. Setiap gumpalan pamor terdiri dari 2 - 4 bulatan kecil. Tuah atau khasiatnya untuk memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki, sehingga pamor ini banyak dicari oleh para pedagang dan pengusaha. Pamor ini tergolong pamor rekan.

81. Pamor Sekar Lampes

pamor sekar lampes
Ilustrasi Pamor Sekar Lampes

Motif pamor ini menyerupai untaian bunga yang sepintas mirip dengan pamor Sekar Anggrek dan pamor Sekar Pala. Pamor ini tergolong pamor rekan dan pemilih. Tuahnya untuk kewibawaan dan kharisma.

82. Pamor Sekar Manggar

pamor sekar manggar
Ilustrasi Pamor Sekar Manggar

Motifnya menyerupai untaian bunga kelapa dan sepintas seperti pamor Mangar, bedanya pada pamor Mangar bentuk bunga kelapanya lebih besar dan lebih jelas, sedang pada pamor Sekar Mangar yang terlihat lebih jelas adalah motif untaian dan tangkainya. Pamor ini tergolong pamor rekan dan tidak pemilih. Tuahnya untuk memperluas pergaulan dan disukai banyak orang.

83. Pamor Sekar Pala

pamor sekar pala
Ilustrasi Pamor Sekar Pala

Motifnya menyerupai bentuk untaian bunga pala dan sepintas mirip dengan pamor Sekar Anggrek. Pamor ini cocok dimiliki oleh Dalang dan Pesinden karena angsarnya dapat menjadikan pemiliknya menjadi terkenal.

84. Pamor Sekar Susun

pamor sekar susun
Ilustrasi Pamor Sekar Susun

Bentuknya berupa bulatan-bulatan berlapis yang tersusun disepanjang bilag Keris atau Tombak, sepintas pamor ini mirip dengan pamor Melati Rinonce, bedanya pada Pamor Sekar Susun gambar bunganya lebih besar. Pamor ini tergolong pamor rekan dan tidak pemilih. Tuah atau khasiatnya untuk memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki dan popularitas.

85. Pamor Sekar Tebu

pamor sekar tebu
Ilustrasi Pamor Sekar Tebu

Bentuk pamor ini sepintas mirip dengan pamor Blarak Sineret, bedanya ujung garis pamor yang menyerupai gambar daun kelapa tidak sampai ketepi bilah, tapi hanya mengumpul ditengah bilah saja dan guratan-guratan garisnya juga lebih halus. Pamor ini merupakan pamor miring - rekan dan tergolong pemilih. Tuahnya untuk kewibawaan dan kepemimpinan.

86. Pamor Selo Karang

pamor selo karang
Ilustrasi Pamor Selo Karang

Motifnya menyerupai bongkahan karang dilaut, sepintas pamor ini seperti pamor Tunggak Semi, tapi bagian seminya memanjang terus sampai ke atas. Pamor ini tergolong pamor mlumah (terlentang). Tuahnya dinilai baik untuk kewibawaan dan memudahkan untuk mencari pengikut.

87. Pamor Simbar-Simbar

pamor simbar simbar
Ilustrasi Pamor Simbar-Simbar

Bentuknya sepintas seperti rumpun padi yang terpotong daunnya. Pamor ini tergolong pamor miring - rekan dan pemilih. Tuahnya untuk menambah kewibawaan dan tolak bala.

88. Pamor Sirat

pamor sirat
Ilustrasi Pamor Sirat

Kadang pamor ini juga disebut Tejo Bungkus atau Bimo Bungkus. Tuahnya untuk kewibawaan dan kepemimpinan, sangat cocok dimiliki oleh seorang pemimpin yang punya banyak bawahan.

89. Pamor Sisik Sewu

pamor sisik sewu
Pamor Sisik Sewu

Bentuknya merupakan kumpulan bulatan-bulatan kecil berlapis-lapis yang ukurannya lebih kecil dari bulatan-bulatan pamor Udan Mas. Tuahnya untuk memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki dan kekayaan.

90. Pamor Sodo Sak Ler

pamor sodo sak ler
Ilustrasi Pamor Sodo Sak Ler

Pamor Sodo Sak Ler juga sering disebut pamor Sodo Lanang atau Adeg Siji. Bentuknya berupa  garis lurus yang memujur dari pangkal sampai ke ujung bilah Keris. Pamor ini termasuk pamor miring - rekan dan tidak pemilih. Tuahnya dinilai baik untuk meraih cita-cita dan pangkat yang tinggi.

91. Pamor Sumber

pamor sumber
Ilustrasi Pamor Sumber

Pamor Sumber adalah pamor yang letaknya dibagian gonjo Keris berbentuk bulatan berlapis-lapis yang menyerupai mata kayu, dan paling sedikit ada 3 lapisan. Jumlahnya paling sedikit 6 bulatan pada satu gonjo.  Tuahnya dinilai baik untuk mendatangkan rejeki.

92. Pamor Sungsum Buron

pamor sungsum buron
Ilustrasi Pamor Sungsum Buron

Bentuknya mirip dengan pamor Wos Wutah, bedanya letak pamor ini tidak menyebar tapi menggerombol dan mengelompok rapat, masing masing kelompok pamor terpisah satu dengan lainnya. Pamor ini tergolong pamor tiban dan tidak pemilih. Tuah atau khasitanya untuk memudahkan pemiliknya dalam mencari rejeki dan memperluas pergaulan.

93. Pamor Sumur Bandung

pamor sumur bandung
Ilustrasi Pamor Sumur Bandung

Bentuknya hampir sama dengan pamor Pendaringan Kebak, tapi ditengah-tengahnya terdapat bulatan-bulatan kosong berjumlah 1 - 3 buah. Pamor ini bisa rekan atau tiban. Tuahnya untuk meningkatkan kepekaan pemiliknya dan cocok dimiliki oleh orang yang aktif dibidang keprajuritan/militer.

94. Pamor Sumur Sinobo

pamor sumur sinaba
Ilustrasi Pamor Sumur Sinobo

Bentuknya bulatan-bulatan bersusun dan berderet dari pangkal sampai ujung bilah, sepintas mirip dengan pamor Bendo segodo, tapi jarak bulatan-bulatannya lebih rapat satu sama lain. Pamor ini tergolong pamor rekan dan tidak pemilih. Tuah atau khasiatnya untuk mendatangkan rejeki.

95. Pamor Tambal

pamor tambal
Ilustrasi Pamor Tambal

Bentuknya mirip polesan kuas dibidang lukisan. Pamor ini tergolong pamor rekan, ada yang pamor miring dan ada yang mlumah. Pamor ini tergolong  pemilih, tuahnya dapat mengangkat drajat dan status sosial pemiliknya serta menutupi semua kekurangannya.

96. Pamor Tebu Kineret

pamor tebu kineret
Ilustrasi Pamor Tebu Kineret

Bentuknya menyerupai batang tebu yang beruas pendek. Pamor ini tergolong pamor rekan - mlumah dan tidak pemilih. Tuahnya untuk memudahkan mencari rejeki dan untuk kewibawaan.

97. Pamor Tejo Kinurung

pamor tejo kinurung
Ilustrasi Pamor Tejo Kinurung

Bentu pamor ini merupakan perpaduan dari pamor Sodo Sak Ler dan pamor Wengkon. Pamor Tejo Kinurung termasuk pamor rekan dan tidak pemilih. Tuahnya untuk memudahkan meraih cita-cita dan untuk perlindungan.

98. Pamor Telogo Membleng

pamor telogo membleng
Ilustrasi Pamor Telogo Membleng

Pamor ini selalu menempati bagian pejetan atau blumbangan, bentuknya berupa lingkaran-lingkaran berlapis menyerupai gambar pulau didalam peta. Pamor ini tergolong pamor tiban, tuahnya dapat membuat pemiliknya bersifat hemat.

99. Pamor Tirto Tumetes

pamor tirto tumetes
Ilustrasi Pamor Tirto Tumetes

Bentuknya berupa bulatan-bulatan dengan bentuk dan ukuran yang tidak teratur. Letaknya disepanjang bilah Keris dari ujung sampai pangkal bilah dengan jarak antara satu bulatan dengan bulatan lainnya lumayan agak jauh dan sepintas menyerupai bentuk tetesan air. Pamor ini tergolong pamor tiban dan tidak pemilih. Tuahnya untuk melancarkan rejeki.

100. Pamor Toyo Mambeg

pamor toyo mambeg
Ilustrasi Pamor Toyo Mambeg

Bentuknya seperti genangan air dan tergolong pamor rekan - miring. Tuahnya untuk memudahkan mencari rejeki dan menumpuk kekayaan.

101. Pamor Triman

pamor triman
Ilustrasi Pamor Triman

Pamor ini biasanya hanya mengumpul dibagian sor-soran saja tidak ada sambungannya. Tuahnya dinilai baik untuk orang tua atau yang sudah pensiun karena dapat membawa ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Tapi pamor ini dinilai kurang baik untuk orang yang masih aktif bekerja karena dapat menurunkan semangat/ambisi untuk maju.

102. Pamor Tritik

pamor tritik
Ilustrasi Pamor Tritik

Bentuknya motifnya hampir sama dengan pamor Untu Walang. Pamor ini tergolong pamor rekan dan pemilih. Tuahnya untuk kewibawaan dan keselamatan.

103. Pamor Tulak

pamor tulak
Ilustrasi Pamor Tulak

Bentuknya mirip dengan pamor Kudung, bedanya sudut pamor Kudung menghadap ke atas atau ke ujung Keris, sedangkan pamor Tulak menghadap kebawah atau ke pangkal Keris. Pamor ini tidak pemilih dan tuahnya bisa melindungi pemiliknya dari perbuatan jahat orang lain.

104. Pamor Tumpal Keli

pamor tumpal keli
Ilustrasi Pamor Tumpal Keli

Bentuk motif pamor ini merupakan perpaduan antara pamor Kenongo Ginubah dengan pamor Ganggeng Kanyut. Pamor ini tidak tidak pemilih, tuahnya untuk memperluas pergaulan dan menjadikan pemiliknya disukai oleh orang-orang disekitarnya.

105. Pamor Tundung

pamor tundhung
Ilustrasi Pamor Tundhung

Pamor Tundung diyakini memiliki tuah buruk karena dapat membuat seret rejeki dan membuat pemiliknya sering berpindah-pindah tempat tinggal karena berbagai sebab. Karena keyakinan akan tuah buruknya itulah yang menyebabkan banyak Keris berpamor Tundung yang dilarung ke sungai. Tapi bagi sebagian orang, Keris berpamor Tundung justru diyakini memiliki tuah untuk tolak bala dan menangkal hal-hal yang sifatnya negatif.

106. Pamor Tunggak Semi

pamor tunggak semi
Ilustrasi Pamor Tunggak Semi

Pamor ini hanya terdapat dibagian sor-soran Keris atau Tombak dengan bentuk berupa garis-garis tidak beraturan yang berlapis-lapis dan pada bagian ujung pamor seperti tumbuh lagi pamor lain yang bentuknya seperti tunas pohon yang bersemi. Tuahnya untuk kerejekian dan memajukan usaha.

107. Pamor Tunggul Kukus

pamor tunggul kukus
Ilustrasi Pamor Tunggul Kukus

Tuahnya dipercaya akan membuat pemiliknya disegani banyak orang, selamat dari segala macam bahaya dan kejahatan, serta doa-doanya selalu terkabul.

108. Pamor Tunggul Wulung

 

pamor tunggul wulung
Ilustrasi Pamor Tunggul Wulung

Motifnya berupa gambar sederhana menyerupai bentuk Manusia, ada bagian menyerupai kepala, badan, kaki dan tangan. Pamor ini tergolong pamor tiban dan selalu menempati bagian sor-soran Keris, terutama dibagian blumbangan atau pejetan. Tuahnya dipercaya dapat menolak pagebluk dan wabah penyakit.

109. Pamor Udan Mas

pamor udan mas
Ilustrasi Pamor Udan Mas

Bentuknya berupa bulatan-bulatan kecil berlapis-lapis yang tersebar di seluruh permukaan bilah Keris yang membentuk pola 2-1-2. Pamor ini tergolong pamor mlumah - rekan dan tidak pemilih. Pamor ini sangat terkenal dan banyak dicari karena tuahnya dipercaya dapat mendatangkan rejeki dan kekayaan.

110. Pamor Ujung Gunung

pamor ujung gunung
Ilustrasi Pamor Ujung Gunung

Bentuk pamor ini sekilas mirip dengan pamor Junjung Drajat, pamor Rojo Abolo Rojo, dan pamor Pandhito Bolo Pandhito, yaitu berupa garis-garis segitiga berlapis-lapis yang menyerupai bentuk puncak gunung. Tuahnya untuk memudahkan pemiliknya meraih jabatan tinggi dan kejayaan.

111. Pamor Uler Lulut

pamor uler lulut
Ilustrasi Pamor Uler Lulut

Bentuk motifnya sekilas seperti tubuh seekor ulat yang merupakan gabungan dari bentuk bulatan-bulatan yang saling menempel rapat satu sama lain dari pangkal sampai ujung bilah Keris. Pamor ini tergolong pamor mlumah - rekan dan tidak pemilih. Tuahnya untuk kharisma dan untuk mempengaruhi lawan bicara sehingga akan menuruti semua perkataan pemiliknya.

112. Pamor Unthuk Banyu

pamor unthuk banyu
Ilustrasi Pamor Unthuk Banyu

Bentuk motifnya mirip dengan buih-buih air. Pamor ini tidak pemilih, tuahnya untuk memperluas pergaulan dan kerejekian serta dapat mengurangi sifat boros.

113. Pamor Untu Walang

pamor untu walang
Ilustrasi Pamor Untu Walang

Bentuk motifnya menyerupai pamor Tepen atau Wengkon, bedanya garis yang menjadi bingkai pada pamor Untu Walang berkelok-kelok seperti mata gergaji, sedangkan pada pamor Wengkon garis bingkainya lurus. Pamor ini tergolong pamor rekan dan pemilih. Tuahnya dapat membuat pemiliknya dipercaya oleh orang-orang disekelilingnya dan kata-katanya selalu didengar.

114. Pamor Urab-Urab

pamor urab urab
Ilustrasi Pamor Urab-Urab

Bentuk motifnya mirip dengan pamor Jarot Asem, bedanya garis pamornya lebih tebal dan jelas. Pamor ini tergolong pamor rekan kombinasi pamor miring dan mlumah serta pemilih. Tuahnya untuk menambah kewibawaan.

115. Pamor Wahyu Tumurun

pamor wahyu tumurun
Ilustrasi Pamor Wahyu Tumurun

Bentuknya berupa gumpalan-gumpalan dari ujung bilah sampai ke sor-soran Keris. Pamor ini tergolong pamor tiban dan tidak pemilih. Tuahnya untuk membantu mempermudah tercapainya harapan dan cita-cita.

116. Pamor Walang Sinunduk

pamor walang sinunduk
Ilustrasi Pamor Walang Sinunduk

Pamor ini tergolong pamor rekan dan pemilih. Tuahnya dinilai baik karena akan membuat pemiliknya menjadi panutan di masyarakat. Pamor ini cocok dimiliki oleh guru, tokoh masyarakat dan pemimpin keagamaan.

117. Pamor Winih

pamor winih
Ilustrasi Pamor Winih dan pamor Sumber

Pamor ini terletak dibagian gonjo Keris, bentuknya berupa bulatan berlapis-lapis paling sedikit tiga lapisan dan sepintas mirip seperti mata kayu. Pamor ini mirip dengan pamor Sumber, bedanya bulatannya hanya ada 1 - 3 bulatan pada satu gonjo. Tuahnya dinilai baik karena jika melakukan suatu pekerjaan dapat menyelesaikannya dengan baik.

118. Pamor Wengkon

pamor wengkon
Ilustrasi Pamor Wengkon

Motifnya berupa garis lurus menyambung disepanjang tepi bilah Keris seperti bingkai. Pamor ini biasa juga disebut pamor Tepen atau pamor Lis-lisan. Pamor ini tergolong pamor rekan dan tidak pemilih. Tuahnya dapat menjadikan pemiliknya menjadi lebih hemat, tahan terhadap godaan dan untuk perlindungan.

119. Pamor Wirasat

pamor wirasat
Ilustrasi Pamor Wirasat

Pamor Wirasat sebetulnya tidak berdiri sendiri, tapi selalu menyelimuti atau menempel pada pamor lain. Tuahnya dapat mempertajam insting dan memperkuat tuah dari pamor yang di ikutinya.

120. Pamor Wos Wutah/Beras Wutah

pamor wos wutah
Ilustrasi Pamor Wos Wutah/Beras Wutah

Bentuknya berupa bulatan-bulatan dan garis-garis tidak beraturan. Pamor ini tergolong pamor tiban dan tidak memilih. Tuahnya untuk kerejekian dan kemakmuran.

121. Pamor Wulan-Wulan

pamor wulan wulan
Ilustrasi Pamor Wulan-Wulan

Bentuknya berupa bulatan-bulatan yang terpisah antara satu bulatan dengan yang lainnya dan hampir mirip dengan pamor Melati Sinebar tapi ukurannya lebih besar. Pamor ini tergolong pamor mlumah dan tidak pemilih. Tuahnya untuk memudahkan mencari rajeki.

122. Pamor Yogapati

pamor yogapati
Ilustrasi Pamor Yogapati

Pamor ini letaknya dibagian sor-soran Keris dan termasuk pamor tiban. Pamor ini di anggap buruk karena pemiliknya akan sering dilanda musibah dan nasib buruk.

Baca juga:

Mitos Keris pembawa sial

Minyak khusus perawatan pusaka dan khodam pusaka

Demikian sedikit informasi tentang nama-nama pamor Keris, Tombak, dan Tosan Aji lainnya lengkap dengan gambar dan khasiatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

0 Response to "Nama-nama pamor Keris lengkap dengan gambar dan penjelasan tentang tuahnya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: