Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Keistimewaan dan Tuah Keris Pamor Munggul

gambar keris pamor munggul
Ilustrasi Pamor Munggul
Hartalangit.com - Pamor Munggul adalah pamor yang bentuknya seperti bisul yang menonjol dipermukaan bilah Keris atau Tombak. Ukurannya kira-kira sebesar biji kacang hijau atau sedikit lebih besar.

Material pamor Munggul tergolong sangat keras, lebih keras dari material bilahnya. Bahkan jika dikikir, pamor ini tidak dapat hilang karena kemungkian terjadi akibat adanya kandungan titanium dalam kadar tinggi pada benjolan pamor tersebut. Pamor Munggul di anggap memiliki tuah yang baik dan termasuk pamor langka yang sulit didapatkan.

Selain terdapat pada Keris Jawa, pamor Munggul juga sering ditemui pada Badik dan Keris buatan Bugis dan Luwu. Orang Bugis menyebutnya dengan istilah pamor tumbuh atau pamor hidup, karena jika diperhatikan dengan seksama, pamor Munggul tampak akan semakin besar dari tahun ke tahun. Oleh karena itulah orang-orang Makassar sangat menyukai jenis pamor ini.

Banyak yang meyakini jika pada sebilah Keris terdapat pamor Munggul, berarti pamor Keris tersebut dibuat dari bahan batu bintang atau batu meteor berkualitas karena memiliki kandungan titanium yang tinggi.


Jika hanya terdapat satu buah pamor Munggul itu disebut pamor Simbang Patawe, jika ada dua buah, itu disebut Simbang Kurung, dan jika ada tiga buah disebut Simbang Raja.

Pamor Munggul yang terletak dibagian gandhik dan kembang kacang di anggap lebih bagus dan biasanya nilainya juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan pamor Munggul yang terletak dibagian lainnya.

Pamor Munggul diperkirakan terjadi karena bahan pamor yang digunakan adalah batu meteor yang memiliki kadar titanium tinggi. Ketika Keris baru selesai dibuat, permukaan pamor itu masih rata dengan permukaan bilahnya. Tapi setelah Keris tersebut berumur ratusan tahun dan bilahnya semakin aus termakan karat, maka bagian pamornya semakin lama akan semakin menonjol karena tidak ikut terkikis.

Banyak yang menganggap jika pamor Munggul adalah pamor titipan, tapi ada juga yang menganggapnya sebagai pamor tiban karena tidak bisa dibuat secara sengaja.

Bentuk pamor ini seperti bisul yang menonjol sekitar 1 mm di atas permukaan bilah dan umumnya berbentuk lingkaran bulat atau lonjong, tapi ada juga yang berbentuk gambar membujur lancip dan panjang. Letaknya bisa dibagian sor-soran, tengah atau di pucuk bilah. Bisa juga ditepi atau ditengah bilah dan termasuk pamor yang baik serta dicari banyak orang.

Yang disebut pamor titipan adalah pamor yang warnanya putih bersih seperti perak, lebih putih dan lebih bersih dari pamor disekitarnya. Pamor ini tergolong pamor yang berkualitas tinggi dan sangat langka.

Keris yang pada bilahnya terdapat pamor titipan di anggap Keris yang berkualitas tinggi. Pamor titipan tidak bisa dibuat oleh sang empu dengan sengaja. Pamor titipan pada bilah Keris terjadi secara alamiah atau muncul secara ghaib.

Adanya pamor titipan pada bilah Keris bisa menambah aura Keris menjadi lebih wingit, angker, dan berwibawa. Selain itu, bilah Keris menjadi terlihat lebih bercahaya, lebih cemerlang dan lebih artistik.

Selain menambah "guwaya", pamor titipan juga semakin menambah kekuatan ghaib Keris. Maka semakin banyak pamor titipan yang terdapat pada sebilah Keris akan semakin bagus.

Yang dinamakan Pamor titipan Munggul adalah pamor yang bentuknya menonjol seperti jerawat sebesar biji kacang hijau dan warnanya putih bersih seperti perak.

gambar keris pamor titipan munggul
Ilustrasi Pamor Titipan Munggul
Pamor ini juga tergolong pamor yang berkualitas tinggi dan sangat langka. Bahkan dari seribu Keris belum tentu terdapat satu Keris yang meiliki pamor titipan Munggul.

Banyak para penggemar Keris yang percaya jika pamor Munggul bisa menambah keampuhan dan perbawa Keris pusaka. Selain itu, tuah Keris dengan pamor munggul dipercaya dapat membantu pemiliknya menjadi orang yang berjaya dan memiliki derajat yang tinggi di masyarakat. Maka tidak heran jika pamor ini banyak dicari para penggemar Tosan Aji yang percaya pada esoteri.


Demikian sedikit informasi tentang keistimewaan Keris pamor Munggul yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Keistimewaan dan Tuah Keris Pamor Munggul"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: