Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Ampuh Keris Pamor Kendhit

gambar keris pamor kendit
Keris Brojol Pamor Kendhit
Hartalangit.com - Keris dengan pamor Kendit tergolong Keris yang langka karena biasanya pemilik Keris pamor Kendhit bukanlah orang dari kalangan biasa. Saat ini pamor Kendhit banyak dicari untuk dikoleksi secara pribadi karena termasuk barang langka.

Dinamakan pamor Kendhit karena ada semacam garis seperti sabuk yang melingkari bilah Keris yang biasanya terletak dibagian sor-soran, sedangkan jika pamor tersebut berada di bagian atas gandhik atau di bilah Keris disebut pamor Kendhit Gumantung. Biasanya pamor Kendhit lebih banyak terdapat dibagian gonjo Keris atau pada warangka kayu timoho yang disebut pelet Kendhit.

gambar gonjo kendit
Ilustrasi Gonjo Kendhit
Kebanyakan pamor Kendhit adalah jenis pamor tiban yang muncul di antara pamor lain yang lebih dominan seperti pamor Wos Wutah dan pamor Ngulit Semongko. Jika pamor Kendhit bercampur dengan pamor lain, diyakini akan memperkuat tuah dari pamor utamanya.
gambar keris pamor kendit tiban
Ilustrasi Pamor Kendhit Tiban
Sedangkan pamor Kendhit rekan atau pamor miring sangat jarang dijumpai dan hanya orang-orang tertentu saja yang memilikinya karena merupakan Keris pusaka pesanan khusus.

Pamor Kendhit diyakini memiliki tuah ampuh untuk perlindungan, tolak bala, dan bisa menangkal wabah penyakit menular. Bahkan konon, jika ada pencuri yang memasuki rumah pemilik Keris ini, dia tidak akan bisa keluar dari rumah tersebut dan hanya berputar-putar atau malah tidur karena lupa dengan tujuannya untuk mencuri sampai ketahuan oleh pemilik rumah.

Karena tuahnya itulah maka tidak heran jika jaman dahulu Keris pamor Kendhit rata-rata merupakan pesanan khusus orang-orang kaya untuk menjaga harta bendanya agar tidak kemalingan atau pesanan para pemimpin untuk menjaga wilayahnya agar tetap aman dari bencana dan wabah penyakit.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang tuah ampuh Keris pamor Kendhit yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Ampuh Keris Pamor Kendhit"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: