Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Ampuh Keris Pamor Kol Buntet

gambar keris pamor kol buntet
Pamor Kol Buntet

Hartalangit.com – Pamor adalah motif atau hiasan pada bilah Keris yang muncul karena proses tempa lipat dari beberapa jenis logam berbeda sehingga menghasikan gradasi warna yang berbeda ketika bilah Keris diwarangi.

Bilah Keris umumnya menggunakan tiga jenis logam yang berbeda, yaitu besi, baja dan bahan Pamor (nikel atau batu meteor).

Percampuran dari ketiga jenis logam tersebut akan menghasilkan warna berbeda setelah bilah Keris diwarangi. Besi akan menjadi hitam, baja akan menjadi hitam pudar atau abu-abu dan bahan pamor akan tetap berwarna putih.

Itulah kenapa corak atau motif yang timbul dari perpaduan ketiga jenis logam tersebut kemudian di namakan “Pamor” karena berasa dari kata “Amor” yang artinya bercampur. Selain memperindah bilah Keris, Pamor juga diyakini sebagai gambaran tuah pada sebilah Keris.

Ada beberapa jenis pamor pada Keris, Tombak dan Tosan Aji lainnya yang masing-masing memiliki ciri dan motif yang berbeda-beda sesuai dengan bentuk dan tehnik pembuatannya.

Ada Pamor yang bentuknya tidak direncanakan atau yang biasa disebut sebagai pamor tiban dan ada yang bentuk motifnya sudah direncanakan / dirancang dari awal atau yang disebut pamor rekan.


Salah satu pamor rekan yang cukup langka dan diyakini memiliki tuah ghaib yang ampuh adalah Pamor Kol Buntet. Bentuk Pamor ini cukup unik, yaitu berupa garis melingkar menyerupai bentuk obat nyamuk dan biasanya terletak dibagian sor-soran Keris.

Pamor Kol Buntet tergolong pamor miring - titipan yang biasanya dibuat setelah bilah Keris jadi. Keris dengan Pamor Kol Buntet banyak dicari karena termasuk Pamor langka dan dipercaya memiliki tuah ampuh untuk perlindungan dan tolak bala sebagaimana arti namanya, “buntet” artinya buntu atau tertutup sebagai simbol perlindungan atau tameng.

Pamor Kol Buntet tergolong pemilih sehingga tidak semua orang bisa cocok memiliki Keris yang berpamor Kol Buntet.

Tuah atau khasiat Keris Pamor Kol Buntet hampir sama dengan Jimat Kol Buntet dan Perkutut Cemani Kol Buntet yang sejak jaman dahulu memang terkenal sebagai sarana untuk perlindungan dan tolak bala, terutama dari hal-hal yang sifatnya ghaib.

Selain untuk tolak bala, tuah Keris Pamor Kol Buntet juga dipercaya dapat mengaburkan atau membuntukan suatu masalah sehingga pemiliknya bisa lepas atau terbebas dari jeratan masalah yang sedang dihadapinya, termasuk kasus hukum dan utang piutang, karena siapapun yang berhadapan dengan Pemilik Keris Pamor Kol Buntet akan tunduk dan segan.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Pamor Kol Buntet yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Ampuh Keris Pamor Kol Buntet"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka Silahkan Chat Via WA: