Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Keris Pamor Bawang Sebungkul

gambar keris brojol pamor bawang sebungkul
Pamor Bawang Sebungkul

Hartalangit.com – Para Empu Keris jaman dulu adalah orang-orang linuwih yang memiliki kemampuan membaca isyarat alam, bahkan banyak karya-karya para Empu Keris terdahulu yang terinspirasi dari alam.

Sebagai masyarakat agraris, para leluhur kita memang dekat dengan alam. Hal itu banyak menginspirasi para Empu dalam membuat Keris, sehingga banyak nama dhapur dan pamor Keris yang menggunakan nama tumbuhan.

Salah satunya adalah pamor Bawang Sebungkul. Bentuk pamor ini berupa lapisan-lapisan yang bentuknya mirip dengan irisan bawang dan terletak dibagian sor-soran Keris.

Sekilas bentuk pamor Bawang Sebungkul mirip dengan bentuk pamor Tunggak Semi (Nunggak Semi), yaitu sama-sama terletak dibagian sor-soran Keris.

Bedanya bentuk pamor Tunggak Semi berupa garis-garis tidak beraturan yang berlapis-lapis dan pada bagian ujung pamor seperti tumbuh lagi pamor lain yang bentuknya seperti tunas pohon yang bersemi. Sedangkan bagian ujung pamor Bawang Sebungkul mengerucut membentuk sudut yang lancip.


Bungkul adalah istilah untuk menyebut bilangan bawang. Arti sebungkul hampir sama dengan serangkai, serumpun atau setandan.

Bawang Sebungkul adalah istilah yang digunakan untuk menyebut beberapa siung bawang yang terdapat pada satu tangkai tanaman bawang.

Pamor ini dinamakan Bawang Sebungkul juga karena letaknya ada dibagian bungkul Keris, yaitu tonjolan dibagian paling bawah dari pangkal Keris tepat ditengah-tengahnya.

Selain bentuknya yang mirip dengan bentuk bawang, pamor Bawang Sebungkul juga memiliki filosofi yang berkaitan dengan kepercayaan akan tuahnya.

Bawang Sebungkul melambangkan kebersamaan, kerukunan, keharmonisan dan perkembangan sebagai simbol harapan agar pemilik Keris berpamor Bawang Sebungkul dapat memiliki kehidupan rumah tangga yang rukun dan harmonis serta semua usaha yang dijalankan bisa berkembang seperti halnya bawang yang bermula dari satu siung kemudian berkembang menjadi beberapa siung.

Pamor Bawang Sebungkul tidak pemilih, artinya bisa cocok di miliki oleh siapa saja. Tuahnya dinilai baik untuk menjaga ketentraman dan keharmonisan rumah tangga serta untuk membantu mengembangkan usaha.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah pamor Keris Bawang Sebungkul yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Keris Pamor Bawang Sebungkul"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka Silahkan Chat Via WA: