Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Keris Pamor Satrio Pinayungan

gambar keris pamor satrio pinayungan / satriya pinayungan
Pamor Satrio Pinayungan

Hartalangit.com – Keris berpamor Satrio Pinayungan termasuk cukup langka dan sulit dijumpai. Karena kelangkaannya itulah yang membuat nilai maharnya menjadi cukup tinggi.

Tapi selain langka, pamor Satrio Pinayungan juga dipercaya memiliki tuah ampuh untuk perlindungan dan wibawa kepemimpinan sehingga pamor ini banyak dicari oleh para pemimpin dan para pejabat pemerintahan.

Ada tiga versi pamor Satrio Pinayungan yang bentuk motifnya berbeda-beda, tapi dari segi tuah secara garis besar ketiga versi tersebut memiliki tuah yang sama, yaitu untuk perlindungan dan keselamatan.

Pamor Satrio Pinayungan versi pertama banyak di anut oleh para pecinta Keris didaerah Surakarta dan Jawa Timur. Bentuk motifnya hampir serupa dengan pamor Kudhung tapi dibawahnya terdapat pamor lain.

Pamor lain yang terdapat dibawahnya atau dibagian sor-soran Keris bisa berupa pamor Wos Wutah, pamor Bawang Sebungkul, atau pamor-pamor lainnya.


Pamor Satrio Pinayungan versi kedua banyak di anut oleh para pecinta Keris didaerah Yogyakarta, Banyumas dan sekitarnya.  Bentuk motifnya berupa 3 buah bulatan dibagian sor-soran Keris yang letaknya berjajar mendatar dan di atasnya terdapat beberapa bulatan pamor yang berjajar keatas.

Menurut sebagian pecinta Tosan Aji, pamor Satrio Pinayungan versi Yogyakarta lebih cocok di miliki oleh orang-orang yang berwiraswasta.

Sedangkan pamor Satrio Pinayungan versi ketiga banyak di anut oleh para pecinta Keris didaerah Madura. Bentuk motifnya hampir sama dengan pamor Satrio Pinayungan versi Surakarta.

Perbedaannya, pada pamor Satrio Pinayungan versi Madura terdapat pamor Sodo Lanang ditengah-tengah bilah Keris yang menghubungkan antara pamor dibagian sor-soran Keris dengan pamor Khudung yang terletak dibagian ujung Keris.

Satrio Pinayungan secara harfiah dapat di artikan "seorang ksatria yang selalu dipayungi / dinaungi / dilindungi, atau seorang ksatria yang selalu dalam lindungan TUHAN".

Satrio Pinayungan atau Satrio Kinayungan juga memiliki filosofi sebagai pesan tersirat bagi pemiliknya, terutama bagi para pemimpin agar menjadi Manusia yang berjiwa ksatria, selalu bersikap jujur, adil, selalu membela kebenaran dan lebih mengutamakan kepentingan orang-orang yang di pimpinnya daripada kepentingan pribadi atau golongannya.

Jika seorang pemimpin bisa bersikap adil dan mengayomi orang-orang yang di pimpinnya maka TUHAN akan senantiasa melindungi setiap langkahnya.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah pamor Keris Satrio Pinayungan (Satria Pinayungan) yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Keris pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Keris Pamor Satrio Pinayungan"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka Silahkan Chat Via WA: