Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah pamor Keris Sodo Lanang

keris pamor sodo lanang
Keris Tilam Upih Pamor Sodo Lanang/Sodo Sak Ler
Dhapur: Tilam Upih
Pamor: Sodo Lanang/Sodo Sak Ler
Tangguh: Cirebon Sepuh
Panjang Bilah: 37 Cm
Keterangan: Termahar (Bpk JM - Jakarta)

Hartalangit.com - Pamor Sodo Lanang adalah salah satu pamor Keris yang bentuknya berupa garis lurus membujur mulai dari sor-soran sampai ke ujung bilah yang terletak ditengah-tengah bilah Keris. Penyebutan nama pamor ini terkadang tidak sama disetiap daerah, ada yang menyebutnya pamor Sodo Sak Ler, Adeg Siji, Sodo Saren dan lain sebagainya.


Sodo Lanang atau Sodo Sak Ler artinya lidi sebatang/sebatang lidi sesuai dengan bentuk pamor ini yang hanya berupa satu garis lurus seperti lidi di tengah-tengah bilah Keris tanpa adanya pamor yang lain.

Sodo Lanang sendiri adalah sebuah lidi dari pohon aren yang jatuh hanya satu batang saja. Lidi tersebut diyakini memiliki kekuatan ghaib yang dapat digunakan untuk mengusir gangguan makluk halus dengan cara di sabetkan pada benda atau seseorang yang dicurigai diganggu atau ketempelan makluk halus.

Pada jaman dahulu Sodo Lanang sering diletakkan di atas pintu rumah dan pojok-pojok rumah sebagai sarana tolak bala. Kadang-kadang Sodo Lanang juga dipotong kecil-kecil untuk dijadikan sebagai jimat yang disimpan di dompet atau kantong khusus untuk dibawa kemana-mana.

Pamor Keris Sodo Lanang juga dipercaya memiliki tuah seperti Lidi Aren Lanang tersebut, yaitu untuk tolak bala.

Filosofi Pamor Keris Sodo Lanang:

Pamor Sodo Lanang atau Sodo Sak Ler memiliki makna yang dalam dibalik bentuknya yang sangat sederhana itu. Garis lurus dari pangkal sampai ujung bilah Keris melambangkan sebuah harapan agar pemilik Keris dengan pamor Sodo Lanang dapat mencapai cita-citanya tanpa rintangan yang disimbolkan dengan garis lurus dari bawah sampai ke atas. Sehingga diharapkan, pemiliknya dapat mencapai derajat kehidupan yang tinggi.

Pesan lain dari pamor Sodo Lanang adalah bahwa dalam kehidupan ini seyogyanya kita selalu berusaha untuk menempuh jalan yang lurus dan senantiasa mengingat TUHAN, karena pada akhirnya kita akan menuju kepada yang di atas (TUHAN).

Tuah Pamor Keris Sodo Lanang:

Keris dengan pamor Sodo Lanang/Sodo Sak Ler dipercaya memiliki tuah untuk membantu mempermudah pemiliknya meraih cita-cita, dapat meraih derajat dan pangkat yang tinggi, menambah kewibawaan, meningkatkan kepercayaan diri, memperkuat keteguhan iman dan untuk tolak bala.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah pamor Keris Sodo Lanang yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan tuah pamor Keris Sodo Lanang"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: