Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Keris Pamor Sodo Lanang

gambar keris tilam upih pamor sodo lanang
Keris Tilam Upih Pamor Sodo Lanang / Sodo Sal Ler
Hartalangit.com - Pamor Sodo Lanang termasuk salah satu jenis pamor pada Keris atau Tombak yang cukup populer dan langka. Bentuk pamor ini berupa garis lurus membujur ditengah-tengah bilah mulai dari sor-soran sampai ke ujung bilah Keris.

Penyebutan nama pamor ini terkadang tidak sama disetiap daerah, ada yang menyebutnya pamor Sodo Sak Ler, Adeg Siji, Sodo Saren dan lain sebagainya.

Sodo Lanang atau Sodo Sak Ler artinya lidi sebatang atau sebatang lidi sesuai dengan bentuk pamor ini yang hanya berupa satu garis lurus seperti lidi di tengah-tengah bilah Keris tanpa adanya pamor yang lain.


Sodo Lanang sendiri adalah sebuah lidi dari pohon aren yang jatuh hanya satu batang saja. Lidi tersebut diyakini memiliki kekuatan ghaib yang dapat digunakan untuk mengusir gangguan makluk halus dengan cara di sabetkan pada benda atau seseorang yang dicurigai diganggu atau ketempelan makluk halus.

Pada jaman dahulu Sodo Lanang sering diletakkan di atas pintu rumah dan pojok-pojok rumah sebagai sarana tolak bala. Kadang-kadang Sodo Lanang juga dipotong kecil-kecil untuk dijadikan sebagai jimat yang disimpan didalam dompet atau didalam kantong khusus untuk dibawa kemana-mana.

Pamor Keris Sodo Lanang atau Sodo Sak Ler juga dipercaya memiliki tuah seperti Lidi Aren Lanang tersebut, yaitu untuk tolak bala.


Filosofi Pamor Keris Sodo Lanang:

Pamor Sodo Lanang atau Sodo Sak Ler memiliki makna yang dalam dibalik bentuknya yang sangat sederhana itu. Garis lurus dari pangkal sampai ujung bilah Keris melambangkan sebuah harapan agar pemilik Keris dengan pamor Sodo Lanang dapat meraih cita-citanya tanpa rintangan yang disimbolkan dengan garis lurus dari bawah sampai ke atas. Sehingga diharapkan, pemiliknya dapat mencapai derajat kehidupan yang tinggi.

Pesan lain dari pamor Sodo Lanang adalah bahwa dalam kehidupan ini seyogyanya kita sebagai Manusia selalu berusaha untuk menempuh jalan yang lurus dan senantiasa mengingat TUHAN, karena pada akhirnya kita akan kembali kepada yang di atas (TUHAN).

Tuah Pamor Keris Sodo Lanang:

Keris atau Tombak yang berpamor Sodo Lanang / Sodo Sak Ler dipercaya memiliki tuah untuk membantu mempermudah pemiliknya dalam meraih cita-cita, dapat meraih derajat dan pangkat yang tinggi, menambah kewibawaan, meningkatkan kepercayaan diri, memperkuat keteguhan iman dan untuk tolak bala.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris pamor Sodo Lanang / Sodo Sak Ler yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Keris Pamor Sodo Lanang"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: