Advertisement

Tuah Keris pamor Sumber dan pamor Winih

Hartalangit.com – Pamor adalah motif yang terdapat pada bilah Keris, Tombak, Kujang atau Tosan Aji lainnya yang terbentuk dari proses tempa lipat beberapa jenis logam berbeda, yaitu besi, baja dan bahan pamor seperti nikel atau batu meteor.

Gambaran motif pamor baru akan terlihat jelas setelah bilah Keris diwarangai (dicelupkan ke dalam larutan arsenik), karena reaksi kimia yang terjadi akan merubah warna besi menjadi hitam, baja menjadi hitam pudar atau abu-abu, sedangkan bahan pamor tetap berwarna putih atau keperakan.

Selain memperindah bilah Tosan Aji, gambaran motif pamor juga dipercaya sebagai perlambang dari tuah atau angsar pada sebilah pusaka. Ada yang tuahnya untuk kerejekian, kewibawaan, perlindungan dan lain sebagainya.

Ada banyak sekali nama-nama pamor Keris yang masing-masing memiliki makna filosofi dan tuah yang biasanya selalu berkaitan dengan bentuk dan namanya.


Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pamor Sumber dan pamor Winih yang termasuk jenis pamor langka karena kedua pamor ini hanya terletak dibagian gonjo Keris.

Filosofi dan tuah pamor Sumber:

gambar pamor sumber
Pamor Sumber

Pamor Sumber adalah pamor yang terdapat dibagian wuwungan gonjo Keris (sisi yang terlihat dari luar ketika bilah Keris dimasukkan ke dalam warangka).

Bentuknya berupa bulatan berlapis-lapis paling sedikit jumlahnya 3 lapisan dan hampir serupa dengan pamor Winih.

Pada pamor Sumber, jumlah bulatan-bulatannya yang mirip mata kayu tersebut biasanya berjumlah 4 hingga 6 buah lingkaran/pusaran.

Pamor sumber dipercaya memiliki tuah yang sangat baik sehingga banyak dicari orang. Tuah pamor ini dipercaya dapat membantu mendatangkan rejeki bagi pemiliknya bagaikan sumber mata air yang terus mengalir dan tidak pernah kering.

Filosofi dan tuah pamor Winih:

gambar pamor winih
Pamor Winih

Bentuk pamor Winih mirip dengan pamor Sumber. Bedanya, pamor Sumber terletak dibagian wuwungan gonjo Keris, sedangkan pamor Winih terletak dikedua sisi samping gonjo Keris.

Bentuknya berupa bulatan berlapis-lapis seperti mata kayu dengan jumlah paling sedikit tiga lapisan yang berada di antara garis-garis pamor lain.

Pamor Winih tergolong pamor yang baik dan banyak dicari orang karena dipercaya memiliki tuah yang dapat membantu pemiliknya untuk mengembangkan usaha atau kariernya seperti benih yang ditanam dan terus tumbuh berkembang menjadi pohon yang besar kemudian berbuah.

Winih artinya bibit atau benih yang memiliki makna akan terus tumbuh dan berkembang sebagai simbol harapan pemilik Keris agar bisa terus tumbuh dan berkembang, baik dalam kehidupan sosialnya, usahanya, maupun kariernya.

Itulah filosofi dan tuah dari pamor Sumber dan pamor Winih yang merupakan simbolisasi harapan dari pemilik Keris.


Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah pamor Sumber dan pamor Winih yanf dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Tuah Keris pamor Sumber dan pamor Winih"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA:

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel