Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Keris Pamor Batu Lapak

gambar keris sombro pamor batu lapak
Keris Sombro Pamor Batu Lapak
Hartalangit.com - Pamor adalah motif atau gambaran yang terdapat pada bilah Keris yang muncul akibat proses tempa lipat dari beberapa jenis logam berbeda sehingga menimbulkan gradasi warna yang berbeda ketika diwarangi.

Pamor adalah hiasan yang memperindah bilah Keris atau Tombak. Tapi selain memperindah bilah, pamor juga merupakan gambaran dari tuah yang ada pada Tosan Aji.

Setiap bentuk motif pamor pada Keris dan Tombak memiliki makna filosofi tertentu atau merupakan simbol dari tujuan tertentu, sehingga bentuk dari pamor pada Keris atau Tombak seringkali mewakili tuahnya yang merupakan harapan atau cita-cita dari pemiliknya.

Ada dua jenis pamor pada bilah Keris dan Tombak, yaitu pamor rekan dan pamor tiban. Pamor rekan adalah pamor yang pola atau bentuknya telah direncanakan dari awal pembuatannya sehingga bentuknya lebih rapi dan indah. Sedangkan pamor tiban adalah pamor yang pola atau bentuknya tidak direncanakan oleh Empu pembuatnya dan biasanya bentuknya sederhana.

Salah satu jenis pamor yang banyak disukai para penggemar Tosan Aji adalah pamor Batu Lapak. Bentuknya menyerupai pusaran melingkar berlapis-lapis yang letaknya ditengah sor-soran.
gambar keris pamor batu lapak
gambar keris pamor batu lapak
Pamor Batu Lapak termasuk pamor rekan dan tidak pemilih, artinya siapa saja bisa/cocok memiliki Keris atau Tombak dengan pamor ini.

Pamor Batu Lapak dipercaya memiliki tuah untuk "Singkir Boyo" atau menangkal marabahaya. Bentuknya yang berupa lingkaran berlapis-lapis melambangkan tameng atau perlindungan yang kuat.

Selain itu, pamor Batu Lapak juga dipercaya dapat menambah atau memperkuat ilmu kesaktian pemiliknya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris pamor Batu Lapak yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Keris Pamor Batu Lapak"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: