Advertisement

Filosofi dan tuah pamor Keris Banyu Mili

keris pamor banyu mili
Ilustrasi Pamor Banyu Mili

Hartalangit.com - Pamor Banyu Mili atau Ilining Warih merupakan salah satu motif pamor yang bentuknya berupa garis-garis yang membujur dari pangkal sampai ujung bilah Keris atau Tombak. Garis-garisnya ada yang utuh, ada juga yang putus-putus dan bercabang.

Garis-garis berkelok-kelok tersebut terlihat seperti air mengalir sehingga dinamakan Pamor Banyu Mili. "Banyu" artinya "Air" dan "Mili" artinya "Mengalir". Jadi, Banyu Mili artinya air mengalir.


Tuah pamor Banyu Mili:

Pamor Banyu Mili adalah simbol dari sebuah harapan agar pemilik Keris dengan pamor tersebut rejekinya bisa terus mengalir seperti air dan bisa memiliki kehidupan yang adem ayem, lancar tanpa masalah.

Filosofi pamor Banyu Mili:

Meskipun namanya sederhana, tapi ternyata Pamor Banyu Mili memiliki makna yang dalam tentang kehidupan. Hiduplah seperti air yang mengalir dan menjadi sumber kehidupan di muka bumi.

Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari sifat air, antara lain:

• Sifat air yang selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah merupakan simbol sikap rendah hati pada diri Manusia.

• Air selalu mengisi ruang-ruang yang kosong. Orang yang baik adalah orang yang bisa mengisi kekosongan/kekurangan dari orang lain. Seperti sifat air, sebagai Manusia seharusnya kita bisa menjadi penolong bagi orang lain yang membutuhkan, karena sebaik-baiknya Manusia adalah yang bisa memberi manfaat bagi sesama.

• Air akan selalu mengalir ke muara, sejauh apapun jaraknya, air pasti akan sampai di muara. Dari sifat air tersebut, seharusnya kita punya visi dalam kehidupan ini untuk terus berjuang mencapai tujuan kita meskipun banyak rintangan yang harus dihadapi.

Hal utama yang bisa diteladani dari perjalanan air menuju muara adalah sikap yang konsisten dan pantang menyerah. Karena untuk bisa sampai ke muara, air harus melewati berbagai macam hambatan dan rintangan dalam perjalanannya. Dan disepanjang perjalanannya, air akan membawa manfaat untuk setiap tempat yang dilaluinya, yaitu mengairi sawah dan ladang, untuk minum hewan dan Manusia, dan untuk keperluan semua mahluk hidup disepanjang jalur yang dilaluinya.

Hal terpenting bukanlah waktu tempuh yang akan dilalui untuk sampai ke tujuan, tapi seberapa besar keyakinan untuk mencapainya dan pelajaran/pengalaman yang didapatkan selama perjalanan menuju muara. Pamor Banyu Mili begitu sederhana dalam kata, tetapi sarat akan makna kehidupan.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah pamor Keris Banyu Mili yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Filosofi dan tuah pamor Keris Banyu Mili"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: