Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah Keris Urubing Dilah

keris urubing dilah
Keris Urubing Dilah/Damar Murub

Hartalangit.com - Keris Urubing Dilah atau Damar Murub adalah dhapur Keris luk satu yang tergolong langka. Ricikan pada Keris ini, antara lain: gandhik polos, pejetan, tikel alis dan greneng. Bilah Keris Urubing Dilah berukuran sedang dan lurus, tapi pada pucuk bilahnya terdapat luk satu yang menyerupai nyala api sebagai ciri khas dari Keris ini. Ada juga yang menggolongkan Keris Urubing Dilah dalam dhapur Keris lurus.

Selain Keris Urubing Dilah seperti yang diuraikan di atas, ada juga Keris Urubing Dilah yang lain, Misalnya Keris Urubing Dilah luk 3 dan Keris Urubing Dilah yang dikombinasikan dengan dhapur Keris lain seperti Keris Sempaner Urubing Dilah, Keris Jalak Urubing Dilah, atau yang lainnya.


Urubing Dilah atau Damar Murub artinya nyala lampu atau lampu yang menyala, karena jaman dahulu masih menggunakan lampu dari nyala api (lentera) yang kemudian digambarkan pada bentuk sebilah Keris yang dibagian ujungnya berluk satu menyerupai nyala api.

Filosofi Keris Urubing Dilah:

Keris Urubing Dilah atau Damar Murub mengandung makna filosofi yang dalam untuk mengingatkan kita agar selalu menjadi "penerang" bagi sesama dan lingkungan agar dimanapun kita berada selalu menjadi pribadi yang membawa terang/manfaat bagi orang lain.

Penerang yang dimaksud adalah bisa menjadi teladan dalam perbuatan, tindakan dan ucapan yang baik. Sebagaimana sifat lampu yang fungsinya untuk penerangan dalam kegelapan.

Menjadi penerang berarti juga menjadi orang yang bisa memberi pengaruh bagi lingkungan, memperbaiki kesalahan, menyuarakan kebenaran dan membuat perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik. Intinya, keberadaan kita bisa bermanfaat bagi sesama dan lingkungan sekitar.

Tuah Keris Urubing Dilah:

Dari segi tuah, Keris Urubing Dilah atau Damar Murub dipercaya dapat membuat pemiliknya lebih berwibawa dan berkharisma sehingga akan disegani serta dihormati oleh orang-orang disekitarnya. Pemilik Keris ini juga akan memiliki kehidupan yang terang benderang jauh dari segala masalah dan kesulitan.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Urubing Dilah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a comment for "Filosofi dan tuah Keris Urubing Dilah"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: