Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Kelebihan Keris Corok dibanding Keris biasa

gambar keris corok
Keris Corok Dhapur Jangkung
Hartalangit.com - Bagi para penggemar Tosan Aji tentunya sudah tidak asing dengan istilah Keris Corok, yaitu Keris yang memiliki ukuran panjang bilah tidak biasa.

Corok bukanlah nama dari dhapur Keris, tapi hanya istilah untuk menyebut Keris-Keris yang ukuran bilahnya lebih panjang dari ukuran normal Keris Jawa pada umumnya. Jadi, Keris Corok bisa berdhapur apa saja.


Pada umumnya panjang rata-rata Keris Jawa kurang dari 40 cm, dan jika ada Keris yang ukurannya lebih panjang dari 40 cm maka Keris tersebut disebut sebagai Keris Corok.

Selain ukuran bilahnya yang lebih panjang dan lebih besar dari Keris Jawa pada umumnya, Keris Corok juga dipercaya memiliki kekuatan ghaib atau isoteri yang lebih besar dan lebih kuat dari Keris-Keris ukuran standar. Maka tidak heran jika banyak orang yang memburu Keris Corok untuk dijadikan sebagai ageman atau piandel.

Karena kelangkaan dan kepercayaan akan tuahnya itulah kemudian menjadikan Keris Corok banyak diburu para pecinta Keris dan para kolektor Keris. Hal itu menjadikan nilai mahar atau harga Keris Corok lebih tinggi dari Keris biasa dengan kualitas barang yang sama.

Keris Corok memang istimewa, terlepas dari kepercayaan akan tuahnya yang di anggap lebih ampuh dari Keris biasa, tapi jika dilihat dari segi tampilannya saja Keris Corok sudah menampakkan aura perbawa yang begitu besar, terkesan begitu gagah dan berwibawa.

Konon pada jaman dahulu Keris-Keris yang ukuran panjang bilahnya di atas rata-rata hanya dibuat khusus untuk para pemimpin saja.

Karakter yang tampak dari bilahnya yang gagah birowo itu seakan juga ikut terpancar pada diri pemiliknya, sehingga menjadikan pemilik Keris Corok juga akan memancarkan aura kegagahan dan kewibawaan yang besar di mata orang lain.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang kelebihan Keris Corok dibanding Keris biasa yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Kelebihan Keris Corok - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Kelebihan Keris Corok dibanding Keris biasa"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: