Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah dan Keistimewaan Keris Kelengan ( Pamor Keleng )

gambar keris pamor keleng
Keris Kelengan (Pamor Keleng)
Hartalangit.com - Keris Keleng / Kelengan atau yang juga disebut Pamor Keleng adalah Keris yang tidak berpamor sehingga warna bilahnya menjadi hitam legam ketika diwarangi.

Penempaan Keris Kelengan biasanya sangat matang sehingga meskipun bilahnya hitam legam tanpa dihiasi pamor tapi Keris ini tetap memiliki pesona tersendiri bagi para penggemar Tosan Aji. Terutama bagi yang percaya pada esoteri Keris.

Keris Keleng lebih mengutamakan kematangan tempa dan juga kesempurnaan garap. Garap yang dimaksud meliputi rancang bangun, keindahan bentuk bilah, termasuk semua ricikannya.

Kesempurnaan garap bermakna ketepatan etika dan sopan santun, bisa juga bermakna keselarasan dengan alam dan juga lingkungan sekitar.

Keris Keleng juga bisa menjadi bahasa untuk memahami tingkat kematangan Empu pembuatnya, baik secara lahir maupun batin yang tidak lagi ingin menonjolkan kelebihannya. Sederhana namun menyimpan misteri yang dalam.

Baca juga: Misteri keberadaan Keris Nogo Sosro serta wahyu kekuasaan yang dibawanya

Secara lahir bisa dilihat kesanggupan sang Empu dalam mengolah besi untuk menjadi matang dan presisi. Dalam penggarapan Keris Keleng juga dibutuhkan jam terbang, kecermatan dan ketelitian karena Keris Keleng sebetulnya tetap diselipi bahan pamor tapi oleh sang Empu sengaja disembunyikan atau dibuat agar tidak kelihatan.

Keris Kelengan berbeda dengan Keris Pengawak Wojo yang hanya dibuat dengan menggunakan satu bahan logam saja sehingga proses pengerjaannya jauh lebih mudah karena hasil akhirnya ketika diwarangi pasti bilahnya akan menjadi hitam polos karena memang tidak menggunakan bahan pamor.

Hanya Empu Keris yang berpengalaman saja yang dapat membuat Keris Kelengan yang sempurna karena sebelum bilah Keris diwarangi warna bilahnya masih putih keperakan, sebab warna dari bahan-bahan yang digunakan seperti besi, baja dan bahan pamor masih terlihat sama. Jika penggarapannya tidak sempurna atau tidak cermat maka ketika di warangi pamornya akan muncul.

Baca juga: Ritual dan sesaji dalam proses pembuatan Keris pusaka

Penggunaan bahan pamor yang disembunyikan tersebut tentunya memiliki makna tersendiri yang hanya bisa dipahami dengan kedalaman rasa.

Kedalaman batin sang Empu diterjemahkan dalam bilah Keris yang hitam polos tidak bergambar yang mengisyaratkan jika sang Empu telah menep (mengendap) dari keinginan duniawi. 

Makna yang disampaikan harus diterjemahkan dengan kedalaman rasa yang bersahaja, dan efek yang ditimbulkan dari sugesti terhadap Keris Keleng tersebut adalah bahwa Keris tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi tentang ketulusan / keikhlasan dan kerendahan hati.

Dari sudut pandang spiritual, Keris Kelengan menyimbolkan tentang keberadaan TUHAN yang ada tapi tidak terlihat, tidak terlihat tetapi ada.

Sedangkan dari sudut pandang kehidupan, Keris Keleng memiliki makna agar dalam kehidupan ini tidak perlu menonjolkan (menyombongkan) apa yang kita miliki karena langit tidak perlu mengatakan bahwa dirinya tinggi dan sampah tidak perlu mengatakan bahwa dirinya kotor.

Dari sisi esoteri, Keris Keleng dipercaya memiliki kekuatan ghaib yang lebih besar dan tuah yang multifungsi dibandingkan dengan Keris berpamor, karena Empu pembuatnya lebih mengutamakan isi daripada keindahan fisiknya.

Secara umum, tuah dari Keris Kelengan adalah untuk perlindungan, pengayoman, dan tolak bala. Sedangkan tuah utamanya tergantung dari dhapur Kerisnya.

Keris Keleng juga sulit dibaca tuahnya, bahkan oleh orang yang memiliki ilmu kebatinan sekalipun sehigga sangat sulit untuk mengukur tingkat kekuatannya.

Biasanya, seseorang yang ilmu kebatinannya masih tingkat dasar tidak akan bisa mendeteksi energi dari Keris Keleng sehingga seringkali mengatakan jika Keris ini tidak berkhodam (kososng).

Keris keleng atau Keris Kelengan juga bisa dijadikan sebagai Keris tindih untuk meredam energi negatif dari pusaka-pusaka lainnya.

Baca juga: Keris dan Tobak yang bisa dijadikan sebagai tindih

Demikian sedikit informasi tentang tuah dan keistimewaan Keris Keleng yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Filosofi & Tuah Keris Kelengan - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah dan Keistimewaan Keris Kelengan ( Pamor Keleng )"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: