Advertisement

Apa yang dimaksud Esoteri dan Eksoteri Keris

keris nogo sosro sepuh
Keris Nogososro

Hartalangit.com - Keris merupakan benda pusaka yang di anggap keramat oleh sebagian orang karena Keris tidak hanya berfungsi sebagai senjata saja, tapi Keris lebih di anggap sebagai pusaka yang memiliki pesan dan makna filosofis yang disampaikan melalui dhapur dan ricikan-ricikannya.

Sejak jaman dahulu hingga sekarang Keris memang identik dengan hal-hal berbau mistis, tapi justru hal itulah yang membuat Keris lebih menarik dibanding senjata-senjata tradisional lainnya karena selain bentuk fisiknya yang indah, Keris juga memiliki filosofi yang dalam tentang kehidupan dan muatan spiritual. Selain itu, Keris juga menyimpan sesuatu yang tidak terlihat yang merupakan jiwa atau isi dari Keris yang di anggap bisa membantu atau mendampingi pemiliknya.


Di kalangan para pecinta Tosan Aji, dikenal istilah Esoteri dan Eksoteri Keris. Dua hal tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari sebilah Keris sepuh buatan seorang Empu.

Esoteri adalah jiwa dari sebilah Keris, atau sesuatu yang tidak tampak dari luar pada sebilah Keris yang mencakup soal tuah/khasiat, tanjeg, tayuh, daya magis, pengaruh, yoni, penunggu/khodam dan hal-hal yang tidak tampak secara fisik dari sebilah Keris.

Sedangkan Eksoteri adalah bagian dari Keris yang tampak dari luar/fisik Keris yang mencakup soal dhapur Keris, pamor, jenis besi, tangguh, dan hal-hal yang berkaitan dengan bentuk fisik dari sebilah Keris.

Bagi penggemar Keris pemula, Esoteri Keris justru lebih menarik daripada Eksoteri karena tujuan memiliki Keris adalah untuk mendapatkan tuahnya, misalnya saja untuk kelancaran rejeki, menambah wibawa, untuk perlindungan dan untuk tujuan-tujuan lainnya. Jadi, bentuk fisik Keris tidak terlalu penting karena yang dicari adalah tuahnya.

Penggemar Keris pemula inilah yang sering terjerumus atau keblondrok karena biasanya mudah terpengaruh omongan dukun atau penjual Keris tentang sesuatu yang tidak tampak tanpa memperhatikan kriteria Keris sepuh yang berkualitas.

Sedangkan bagi para penggemar Keris yang sudah berpengalaman, Eksoteri Keris justru lebih menarik karena yang dicari adalah kualitas dari sebilah Keris yang mencakup Tangguh, Utuh, dan Sepuh (TUS) dan hal-hal lain terkait dengan fisik Keris.

Kriteria TUS di anggap sudah mencakup semuanya karena Keris tangguh sepuh dengan material besi yang bagus, pamor yang bagus dan garap yang bagus pasti adalah buatan Empu berpengalaman dan merupakan pesanan dari orang penting pada jamannya.

Keris dengan kriteria tersebut tentunya juga memiliki Esoteri yang baik karena dibuat oleh seorang Empu berpengalaman dengan memperhitungkan segala aspeknya.

Bagi para kolektor dan para pecinta Tosan Aji, adalah suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri jika bisa memiliki Keris sepuh yang berkualitas, apalagi jika dhapur dan pamornya tergolong langka. Selain itu Keris sepuh yang bagus juga bisa menjadi barang investasi karena semakin lama nilainya akan semakin tinggi.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang apa yang dimaksud Esoteri dan Eksoteri Keris yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermnafaat
Terima kasih


0 Response to "Apa yang dimaksud Esoteri dan Eksoteri Keris"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: