Advertisement

Cara mengetahui antara Keris isi dan Keris kosong

gambar keris baru dan keris sepuh
Keris Baru dan Keris Sepuh

Hartalangit.com - Keris memang identik dengan hal-hal mistis dan dipercaya memiliki khodam/isi. Banyak cerita jika Keris tidak dirawat maka akan ditinggalkan oleh khodamnya dan menjadi kosong. Tentu saja ada yang sependapat dengan anggapan itu dan ada pula yang tidak sependapat.

Cerita di masyarakat tentang isi atau tidaknya sebilah Keris memang masih membingungkan karena memang tidak semua orang bisa melihat atau merasakan adanya isi/yoni dari sebilah Keris. Para pakar perkerisan menyebutkan bahwa ada banyak sekali jenis Keris yang beredar di masyarakat, baik itu Keris yang ada isinya atau Keris yang tidak ada isinya (kosong).

Untuk mengetahui isi atau tidaknya sebilah Keris memang masih sulit untuk dibuktikan, karena kadang-kadang antara satu orang dengan orang yang lain memiliki pendapat yang berbeda mengenai isi/yoni dari sebilah Keris yang sama.

Baca juga: Cara mengenali ciri-ciri Keris baru dan Keris sepuh

Berikut ini beberapa jenis Keris yang banyak beredar di masyarakat:

• Keris souvenir

Keris souvenir adalah Keris yang sengaja dibuat sebagai hadiah atau untuk diperdagangkan dalam lingkup yang luas. Keris jenis ini ada yang dibuat sederhana dan ada juga yang dibuat indah dan menarik, namun isi atau tuahnya sama sekali tidak ada.

Keris souvenir tidak dibuat oleh seorang Empu Keris, tapi dibuat oleh pengrajin Keris. Berbeda dengan Empu Keris yang membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk membuat sebilah Keris, seorang pengrajin Keris bisa membuat 15 sampai 20 buah Keris setiap harinya.

• Keris ageman

Keris ageman dibuat hanya menonjolkan keindahan bentuk atau modelnya saja, tapi tidak ada isi/tuahnya karena sang Empu membuat Keris tersebut tanpa melakukan tapa brata dan upacara-upacara tertentu. Dalam sehari seorang Empu Keris dapat membuat 3 sampai 5 buah Keris ageman.

• Keris tayuhan

Keris Tayuhan dibuat oleh seorang Empu dengan melakukan laku tirakat, ritual-ritual dan upacara-upacara khusus. Tuah dari Keris yang akan dibuat tersebut juga berdasarkan permintaan dari pemesannya.

Biasanya seseorang akan memesan Keris pada seorang Empu untuk tujuan atau keperluan tertentu, misalnya untuk kewibawaan, kekuasaan, kesaktian, kerejekian atau untuk tolak bala, dll.

Kemudian sang Empu akan membuat Keris yang sesuai dengan keinginan dari pemesannya, dan tentu saja Keris tersebut memiliki tuah atau isi yang sesuai dengan tujuan atau keperluan dari pemesannya.

Keris tayuhan biasanya memiliki bentuk sederhana, tapi ada juga yang dibuat indah jika pemesannya adalah orang-orang kalangan atas. Dalam satu tahun biasanya seorang Empu Keris hanya dapat membuat 1 atau 5 buah Keris saja.

Baca juga: Pengertian tentang Keris Tayuhan dan cara menayuh Keris

• Keris pusaka

Keris pusaka adalah sebilah Keris yang dibuat oleh seorang Empu Keris dengan menonjolkan keindahan bentuk sekaligus tuahnya. Tentu saja dalam proses pembuatannya sang Empu akan melakukan laku dan upacara-upacara khusus agar Keris yang akan dibuatnya tersebut memiliki tuah sesuai yang di inginkan. Dalam setahun seorang Empu Keris hanya dapat menyelesaikan 1 atau 2 bilah Keris saja.

Keris tayuhan pasti memiliki daya atau aura tersendiri bagi yang melihat atau memilikinya. Isi dari sebilah Keris bisa dilihat atau dirasakan dari perwujudannya yang tampak wingit, galak, demes atau memiliki prabawa tersendiri. Sedangkan Keris yang kosong pasti tampak hampa dan biasa saja, tidak ada rasa atau kesan wingit ketika memegang atau melihat Keris tersebut.

Sebetulnya tidak ada istilah Keris menjadi kosong jika Keris tersebut dulunya memang dibuat sebagai Keris tayuhan atau Keris pusaka, dan selama Keris tersebut masih berwujud maka kekuatannya tidak akan hilang karena bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya merupakan bahan-bahan pilihan yang sudah memiliki energi alami.

Besi dan baja dari Keris tayuhan dan Keris pusaka merupakan bahan-bahan pilihan yang bertuah, pamornya juga demikian, sehingga isi dari Keris tersebut tidak akan hilang selama Keris tersebut masih berwujud.

Contohnya saja besi magnet yang dapat menarik besi, kekuatannya tidak akan hilang selama unsur-unsur magnetnya masih ada. Demikian juga dengan Keris, selama unsur besi, baja dan pamornya masih melekat maka kekuatan alaminya tidak akan hilang. Hanya Empu pembuatnya yang mengetahui kekuatan atau tuah apa yang terkandung dalam bahan-bahan Keris tersebut.

Jika ada orang yang dapat mengambil isi/khodam Keris sebetulnya yang di ambil hanya daya postipnotis (daya saran) yang dilekatkan sang Empu saja yang diambilnya, sedangkan daya alami dari bahan-bahannya akan tetap ada secara alami selama Kerisnya masih ada wujudnya.

Baca juga: Jenis-jenis sesaji untuk menambah kekuatan khodam Keris pusaka

Demikian sedikit informasi tentang cara mengetahui antara Keris isi dan Keris kosong yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Cara mengetahui antara Keris isi dan Keris kosong"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: