Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos dan Keistimewaan Perkutut Sarang Tanah

gambar perkutut sarang tanah
Perkutut Sarang Tanah
Hartalangit.com - Burung Perkutut lokal memang selalu menarik untuk dibahas karena selain memiliki suara anggungan yang merdu, ada hal lain yang justru lebih menarik bagi sebagian orang, yaitu tentang katuranggan / ciri mathi, mitos, cerita-cerita mistis, tuah, yoni dan hal-hal lainnya dari Perkutut lokal yang telah menjadi cerita turun-temurun di masyarakat sejak jaman dulu.

Katuranggan / ciri mathi memang menjadi nilai tambah dari Perkutut lokal karena di anggap memiliki tuah yang bisa membawa pengaruh pada kehidupan dan karakter pemiliknya.

Selain katuranggan, ada juga perilaku-perilaku tidak lazim dari burung Perkutut lokal yang seringkali juga di anggap memiliki keistimewaan dibanding Perkutut lain pada umumnya.


Salah satunya adalah Perkutut sarang tanah yang di anggap memiliki kelebihan dibanding Perkutut lainnya. Pada umumnya burung Perkutut akan membuat sarangnya di atas pohon yang tinggi untuk bertelur agar aman dari serangan predator dan terlindung dari cuaca panas atau hujan.

Tapi lain halnya dengan Perkutut sarang tanah yang justru membuat sarangnya di atas permukaan tanah, di liang tanah, di celah batu atau hanya berada sekitar 20 cm di atas permukaan tanah yang tentunya sangat rawan dari serangan predator.

Perkutut sarang tanah di anggap memiliki keistimewaan karena meskipun sarangnya berada dibawah tapi bisa selamat dari marabahaya. Itu artinya, Perkutut jenis ini mampu menyamarkan keberadaannya dan juga sarangnya dari predator dan bahaya lainnya.

Dengan kata lain, Perkutut ini memiliki kemampuan yang luar nbiasa untuk menjaga dan melindungi dirinya serta anak-anaknya dari marabahaya.

Energi alam pada Perkutut sarang tanah juga di anggap lebih besar dan bersifat dingin karena sejak dari telur telah menyerap energi bumi.

Perkutut sarang tanah juga sering di anggap sebagai Perkutut yang konon bisa berubah menjadi ular, atau memiliki kemampuan berkamuflase yang sangat luar biasa.


Ada juga yang menyebut Perkutut sarang tanah sebagai Perkutut katuranggan Sriwiti dan ada juga yang menyebutnya sebagai Perkutut Majapahit. Bahkan konon, sarangnya juga bisa dijadikan sebagai obat untuk penyakit-penyakit yang tidak wajar (non medis).

Energi ghaib yang dimiliki Perkutut sarang tanah lebih besar dari Perkutut lainnya. Energinya bersifat dingin sehingga bisa meredam atau menangkal energi-energi negatif seperti serangan santet, teluh, guna-guna, atau serangan ilmu hitam lainnya karena dalam dunia supranatural ada sebuah kepercayaan bahwa serangan ilmu hitam tidak akan bisa menembus targetnya yang tidur dilantai.

Karena memiliki energi yang kuat dan bersifat dingin, Perkutut sarang tanah juga bisa dijadikan sebagai Perkutut tindih untuk meredam energi negatif dari Perkutut-Perkutut lain di sekitarnya dan juga benda-benda pusaka yang ada didalam rumah pemiliknya.

Jadi, Perkutut sarang tanah memiliki kelebihan yang tidak dimiliki Perkutut lain pada umumnya karena selain memiliki tuah untuk perlindungan, tolak bala dan pengayoman, Perkutut ini juga dapat dijadikan sebagai Perkutut tindih untuk meredam energi negatif dari Perkutut lain disekitarnya dan benda-benda pusaka yang ada didalam rumah pemiliknya.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, tuah dan keistimewaan Perkutut sarang tanah yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos dan Keistimewaan Perkutut Sarang Tanah"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: