Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos dan Tuah Perkutut Tiban

gambar perkutut tiban
Ilustrasi Perkutut Tiban
Hartalangit.com - Perkutut Tiban adalah istilah untuk menyebut burung Perkutut yang datang sendiri kepada seseorang dan kemudian dipelihara.

Biasanya Perkutut Tiban datang dan masuk sendiri ke dalam rumah, tidur dihalaman, tidur di atas kandang burung lain atau datang dengan cara-cara lainnya tanpa disengaja atau ditangkap.

Perkutut Tiban di anggap sebagai rejeki atau pertanda baik dari TUHAN. Misalnya saja Perkutut Tiban yang datang tersebut berkaturanggan Banyu Mili, itu artinya orang yang didatangi Perkutut tersebut akan medapatkan rejeki yang tidak ada habis-habisnya seperti air yang terus mengalir.

Baca juga: Ciri dan Tuah Perkutut Banyu Mili

"Tiban" berasal dari kata dasar "tiba/tibo" yang artinya jatuh atau kejatuhan. Istilah Tiban sering digunakan untuk menyebut sesuatu yang datang secara tiba-tiba atau sesuatu yang tidak di sangka-sangka.

Jadi, Perkutut Tiban bisa dikatakan sebagai burung Perkutut yang memang sudah berjodoh atau mau ikut pada orang yang didatanginya.

Secara logika, burung Perkutut yang datang kerumah seseorang bisa saja disebabkan karena beberapa hal, misalnya saja karena kelaparan dan kehausan jika itu Perkutut peliharaan orang yang lepas, atau karena terbang dan menabrak kaca rumah.

Tapi secara batiniah, Perkutut tersebut memang sudah berjodoh dengan orang yang didatanginya dengan cara-cara tersebut. Oleh karena itu, jika mendapatkan Perkutut Tiban, sebaiknya rawatlah dengan baik karena bisa jadi burung Perkutut tersebut merupakan pertanda baik (pulung).

Perkutut Tiban yang paling baik untuk dipelihara dan di anggap bertuah adalah Perkutut liar berkaturanggan baik yang datang sendiri tanpa perlu usaha untuk menangkapnya, karena itu artinya Perkutut tersebut memang mau ikut kepada seseorang, bukan karena kelaparan atau musibah.


Jika mendapatkan Perkutut Tiban sebaiknya jangan dijual karena burung tersebut adalah rejeki dan pertanda baik dari TUHAN. Rawatlah dengan baik, berikan kandang yang bagus dan cukupi kebutuhan pakan serta air minumnya jangan sampai kehabisan, karena jika sudah mapan dan selaras dengan pemiliknya maka Perkutut tersebut dapat membawa pengaruh positif pada kehidupan pemiliknya sesuai jenis katuranggan atau ciri mathinya.

Tapi jika tidak suka memelihara burung Perkutut dan tidak bisa merawatnya dengan baik, sebaiknya berikan saja kepada orang yang bisa merawatnya atau dilepaskan kembali ke alam bebas.

Intinya jangan sampai burung Perkutut tersebut menderita karena tidak dirawat, apalagi sampai kekurangan makan dan minum.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, tuah dan keistimewaan Perkutut Tiban yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos dan Tuah Perkutut Tiban"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: