Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Tuah Perkutut Katuranggan Rondo Semoyo

gambar perkutut rondo semoyo asli
Perkutut Katuranggan Rondo Semoyo
Hartalangit.com - Sejak jaman dulu Perkutut lokal sering dikaitkan dengan hal-hal ghaib atau hal-hal yang berbau mistis sehingga banyak yang menganggapnya sebagai burung keramat.

Perkutut lokal yang memiliki ciri khusus dan berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya atau yang biasa disebut dengan istilah katuranggan dan ciri mathi dipercaya dapat membawa pengaruh bagi orang yang memeliharanya.


Ada banyak sekali jenis katuranggan Perkutut lokal yang masing-masing memiliki filosofi dan tuah yang berbeda-beda, ada yang dipercaya dapat membawa pengaruh baik bagi pemiliknya dan ada juga yang dapat membawa pengaruh buruk tergantung dari jenis katuranggan atau ciri mathi Perkutut yang dipelihara serta kecocokannya dengan orang yang memeliharanya.

Salah satunya yang dinilai baik untuk dipelihara adalah Perkutut katuranggan Rondo Semoyo atau Rondo Tunggu Dunyo yang memiliki ciri khusus pada selaput kulit disekitar matanya yang berwarna kekuningan.

"Rondho" adalah bahasa Jawa yang artinya janda, sedangkan "Tunggu" artinya menunggui atau menjaga dan "Dunyo" artinya harta atau kekayaan. Jadi, Rondho Tunggu Dunyo dapat di artikan "janda yang menunggui harta atau janda yang banyak harta".

Perkutut katuranggan Rondo Semoyo atau Rondo Tunggu Dunyo dipercaya memiliki tuah untuk kelancaran rejeki. Perkutut ini dipercaya lebih cocok dipelihara oleh para pedagang dan pengusaha.


Pesan yang tersirat dari katuranggan Rondo Tunggu Dunyo adalah agar pemiliknya bisa menjaga dan menyimpan harta bendanya dengan baik agar di masa tua yang di ibaratkan dengan Rondo / Janda (masa-masa kesendirian) bisa hidup tenang dan berkecukupan yang disimbolkan dengan "Tunggu Dunyo" yang artinya menunggui harta atau banyak harta.

Perkutut Rondo Semoyo atau Rondo Tunggu Dunyo dipercaya memiliki tuah untuk kelancaran rejeki sehingga pemiliknya bisa mengumpulkan harta benda dan bisa hidup makmur / sejahtera di masa tua.

Semua Perkutut katuranggan sesungguhnya memiliki filosofi yang berkaitan dengan kepercayaan akan tuahnya. Karena tuah yang sebenarnya adalah petuah-petuah bijak dari para leluhur yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup.

Tuah Perkutut katuranggan bisa dirasakan secara maksimal jika pemiliknya dapat memahami makna dan maksud dari katuranggan atau ciri mathinya kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, filosofi, tuah dan mitos Perkutut Rondo Semoyo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Tuah Perkutut Katuranggan Rondo Semoyo"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: