Advertisement

Ciri-ciri Keris Madura Koso

keris madura koso
Ilustrasi Keris Madura Koso

Hartalangit.com - Sejak zaman dulu Madura dikenal sebagai daerah penghasil Keris terbesar di Nusantara, bahkan hingga saat ini. Maka tidak heran jika Keris-Keris Madura sepuh sejak jaman dulu berpengaruh besar terhadap gaya dan bentuk Keris-Keris di Nusantara.

Keris Madura sepuh memiliki ciri-ciri, antara lain: bentuknya gagah birowo dengan bilah lebar dan material besinya padat berwarna hitam kebiruan. Pamornya rata-rata putih memplak, tebal dan cenderung menonjol.

Itulah sedikit gambaran umum dari Keris Madura sepuh yang kini sudah agak jarang ditemui dipasaran karena banyak yang sudah disimpan oleh para kolektor Keris.

Baca juga: Tips memilih Keris untuk koleksi dan untuk ageman

Memang tidak mudah untuk mengenali Keris Madura sepuh, dan kebanyakan para penggemar Keris menyebut Keris Madura sepuh sebagai Keris karya Empu Koso.

Panafsiran tersebut timbul karena Empu Koso adalah seorang Empu Keris yang paling terkenal di Madura, dan kemungkinan besar beliau adalah orang yang pertama kali mengenalkan ilmu pembuatan Keris di Madura.

Keris karya Empu Koso memiliki karakter yang khas dan istimewa dengan ciri khas pamor nggajih (seperti lemak) dan garis pamornya tebal bertumpuk.

Yang istimewa dari Keris karya Empu Koso Madura adalah warna pamornya tampak putih terang (byor) sangat kontras dengan besi dan bajanya yang hitam sehingga terlihat sangat indah. Di sela-sela warna pamor yang putih memplak juga terdapat deretaan pamor akhodiyat (ndeling) yang sepintas lalu tampak seperti lelehan logam berwarna keperakan yang putih mengkilat semakin menambah nuansa keindahan dari bilah Keris karya Empo Koso.

Keistimewaan pamor Keris karya Empu Koso Madura menjadi ikon terkenal Keris Madura, sehingga banyak yang kemudian menyebut Keris Madura dengan sebutan Keris Koso. Padahal bisa jadi Keris-Keris tersebut adalah buatan para keturunan dan murid-murid Empu Koso yang mengiblat pada gaya dan ciri khas dari Keris buatan Empu Koso.

Di dunia perkerisan, tangguh Madura dibagi menjadi dua, yaitu tangguh Madura sepuh yang sejaman dengan Kerajaan Majapahit dan tangguh Madura muda yang sejaman dengan Kerajaan Mataram Amangkurat.

Baca juga: Ciri-ciri dan kelebihan Keris tangguh Mataram Amangkurat

Ciri-ciri Keris tangguh Madura sepuh:

• Pasikutannya terlihat demes, serasi, seimbang, menyenangkan dan enak dipandang.

• Besinya berkesan kering seperti kurang wasuhan, warnanya hitam kebiruan.

• Pamornya nggajih dan nyekrak.

• Rabaannya kasar.

• Panjang bilahnya ada yang panjang, ada yang sedang, dan ada juga yang agak pendek.

• Gonjonya sebit ron tal dan sirah cecaknya pendek.

Ciri-ciri Keris tangguh Madura muda:

• Pasikutannya galak birowo.

• Besinya berkesan kering seperti kurang wasuhan, warnanya hitam keabu-abuan, dan kadar bajanya sedikit.

• Pamornya mubyar dan nyekrak.

• Gandiknya miring.

• Gonjonya sebit ron tal dan sirah cecaknya pendek.

Tangguh adalah perkiraan zaman dibuatnya sebilah Keris yang dikenali dari pasikutan, jenis besi, pamor dan bajanya.

Pasikutan adalah kesan yang tampak atau gaya garap dari sebilah Keris, karena masing-masing daerah atau Kerajaan memiliki Keris dengan gaya dan karakter yang berbeda-beda.

Material besi, pamor dan baja yang digunakan untuk membuat sebilah Keris juga berbeda-beda, masing-masing memiliki ciri-ciri tersendiri yang bisa dikenali untuk membedakan era pembuatan dan daerah asal sebilah Keris dibuat.

Baca juga: Jenis-jenis besi bertuah untuk bahan pembuatan Keris

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Keris Madura Koso yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih


0 Response to "Ciri-ciri Keris Madura Koso"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: