Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri dan kelebihan Keris tangguh Mataram Amangkurat

keris jangkung mangkurat
Keris Jangkung Tangguh Mataram Amangkurat
Hartalangit.com - Keris tangguh Mataram Amangkurat relatif sedikit jumlahnya dan jarang dijumpai karena banyak yang sudah dimiliki atau disimpan oleh para kolektor. Keris-Keris tangguh Mataram Amangkurat banyak diminati para pecinta Tosan Aji terutama yang mementingkan esoteri untuk dijadikan sebagai ageman.


Keris-Keris tangguh Mataram Amangkurat memang dikenal memiliki energi yang kuat dan tajam yang dapat meningkatkan semangat, kepercayaan diri, keberanian dan ketegasan seseorang. Tapi karena energinya sangat tajam, jika tidak kuat akan membuat orang yang memegangnya menjadi mudah marah (panasan) akibat dari pengaruh energi Keris yang galak (panas) tersebut. Keris-Keris tangguh Mataram Amangkurat sangat cocok dimiliki oleh seorang pemimpin sebagai sarana untuk menambah wibawa dan ketegasan.

Jika dilihat dari pasikutannya, Keris tangguh Mataram Amangkurat memang memiliki karakter kepemimpinan yang sangat kuat, bentuk dan penampilannya tampak begitu gagah birowo, tegas dan terkesan angker. Karakter itulah yang akan melekat pada diri pemilik Keris sehingga dihadapan orang lain akan terlihat sangat berwibawa, tegas dan membuat semua orang segan.

Secara umum Keris tangguh Mataram Amangkurat memiliki ciri-ciri, antara lain:
- Tantingannya berat (nggedibel).
- Pasikutannya galak birowo.
- Besinya mentah (kurang wasuhan) dan pori-porinya kasar (nggrasak).
- Pamornya kemambang dan warnanya agak keruh kecuali yang menggunakan bahan meteorit.
- Bajanya agak tebal dan sepuhannya tua.
- Bilahnya kebanyakan besar dan panjang (corok) serta adhegnya kaku.
- Gonjo besar, mbedog dengan sirah cecak lancip dan bentuk  huruf “dha” pada greneng agal-agal.
- Gandiknya besar dan agak rendah.
- Pejetannya lebar dan dalam.
- Sogokannya sempit, dangkal dan agak ngeri (tajam).
- Odo-odo seperti Keris pada umumnya.
- Kruwingan kaku dan tidak dalam.
- Luknya terkesan kaku.
- Wadidangnya kebanyakan menggunakan ron dha nunut.

Jika dilihat dari kualitas garap dan material besinya, Keris tangguh Mataram Amangkurat memang tidak sebagus tangguh Mataram Sultan Agung atau Mataram Senopaten, tapi dari sisi aura keghaiban Keris tangguh Mataram Amangkurat memiliki energi dan karakter yang sangat kuat sehingga bisa dirasakan hanya dengan memegangnya saja.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan kelebihan Keris tangguh Mataram Amangkurat yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri dan kelebihan Keris tangguh Mataram Amangkurat"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: