Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Jenis-jenis besi bertuah untuk bahan pembuatan Keris

keris brojol besi pulosani
Ilustrasi Keris berbahan besi pulosani

Hartalangit.com - Keris pusaka rata-rata dibuat dengan bahan-bahan pilihan yang diyakini memiliki tuah alami dan merupakan perpaduan dari beberapa jenis logam yang berbeda. Masing-masing tuah dari bahan-bahan tersebut kemudian dibabar dengan laku khusus sehingga menjadi sebilah Keris pusaka yang memiliki tuah dari perpaduan beberapa jenis logam berbeda yang berpadu menjadi satu.

Oleh karena itulah, seringkali sebilah Keris bisa memiliki beberapa tuah sekaligus karena terbuat dari perpaduan beberapa jenis logam berbeda yang masing-masing memiliki tuah alami yang berbeda.

Baca juga: Bahan-bahan pamor Keris

Empu Keris jaman dulu adalah orang-orang linuwih yang memiliki pengetahuan tentang ilmu metalurgi yang berkaitan dengan ilmu fisika-kimia, serta memiliki kepekaan rasa dan batin sehingga bisa mengetahui bahan-bahan logam yang berkualitas dan memiliki energi yang baik.

Masing-masih jenis logam tersebut kemudian akan dipilih dan disesuaikan tuahnya untuk bahan pembuatan Keris menurut tujuan dan karakter dari pemesannya, sehingga akan tercipta sebilah Keris yang memiliki tuah utama seperti yang di inginkan tetapi seringkali juga memiliki tuah lain, atau bahkan multifungsi. Selain itu, Keris juga mengandung nilai-nilai estetika dan perlambang tentang ajaran-ajaran kehidupan yang luhur.

Berikut ini beberapa jenis besi yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan Keris pusaka:

Besi Karangkijang

Adalah jenis besi yang urat-uratnya seperti air lautan. Inilah yang disebut pendetanya besi, warna hitam kebiruan dan jika dijentik dengan jari suaranya "Ambrenge-ngeng" seperti suara lebah terbang.
Tuah besi ini dingin, sabar dan ampuh.

Besi Pulosani

Adalah besi yang urat-uratnya seperti batu asih, warnanya mengkilat kehijauan (nyamberlilin) dan jika dijentik dengan jari akan berbunyi "Gum...".
Tuahnya tulus, membawa rejeki dan derajat dan sangat baik digunakan sebagai bahan pusaka.

Besi Mengangkang

Adalah besi yang urat-uratnya polos, warnanya hitam keunguan. Jenis besi ini ada dua macam yaitu:
- Mengangkang laki-laki jika dijentik dengan jari bunyinya "Drungngng…" panjang bergema.
Tuahnya sangat baik, yaitu menambah wibawa.
- Mengangkang perempuan jika dijentik bunyinya "ambrengengeng" seperti suara lebah terbang.
Tuahnya akan membuat pemiliknya disayang orang sekeliling dan membawa rejeki.

Besi Walulin

Adalah besi yang urat-uratnya seperti pasir malela (ada kristal mengkilat yang membayang dipermukaannya), warnanya kebiruan, jika dijentik dengan jari bunyinya "Gung..." bergetar, penampilannya akas (berkesan kering).
Tuahnya membuat pemiliknya dihormati banyak orang dan baik untuk usaha ternak.

Besi Katub

Adalah besi yang urat-uratnya seperti rambut, warnanya hitam kehijauan dan mengkilat. Kalau dijentik dengan jari bunyinya "Kung ambrengengeng" seperti Iebah terbang.
Tuahnya untuk kekebalan dan baik untuk pedagang.

Besi Kamboja

Adalah besi yang urat-uratnya seperti gadung gemerlapan berwarna keputihan dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Tong ngong..nging.." panjang. Inilah yang disebut putri-nya besi.
Tuahnya menjadikan peniliknya dihormati banyak orang.
Pantangannya pemiliknya tidak boleh berzina.

Besi Welangi

Adalah besi yang konon berasal dari lautan, warnanya kuning agak kehijauan dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Nging... ambrengengeng" seperti suara Iebah terbang.
Tuahnya untuk keselamatan dan mudah mencari rezeki.
Pantangannya tidak boleh berbisnis membungakan uang.

Besi Ambal

Adalah besi yang berwarna kebiruan agak kemerahan, konon berasal dari batu gunung dan jika dijentik dengan jari bunyinya "ambrengengeng" bergetar.
Tuahnya bisa menarik pusaka lainnya.

Besi Tumpang

Adalah besi yang digelari kuncinya besi. Warnanya biru agak keunguan dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Jrung..." gaungnya panjang.
Tuahnya baik untuk kesaktian dan kewibawaan.

Besi Windudadi

Adalah besi yang warnanya putih dan biru seperti kaca dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Dung...".
Tuahnya untuk kekuatan dan keteguhan, serta tidak tenggelam di air.

Besi Werani

Adalah besi yang konon berasal dari Gunung Srandil, warnanya hitam keunguan seperti bunga teleng dan jika dijentik dengan jari bunyinya "ambrengengeng" seperti suara lebah terbang.
Tuahnya sangat ampuh untuk meningkatkan pangkat dan derajat pemiliknya, tapi jika pemiliknya tidak kuat justru akan menyebabkan melarat.

Besi Terate

Adalah besi yang warnanya hitam seperti berlumut, konon berasal dari batu asih dan jika dijentik dengan jari bunyinya "ambrengengeng" seperti suara lebah terbang.
Tuahnya dapat menjauhkan pemiliknya dari fitnah dan akan disukai wanita.

Besi Malela Ruyun

Adalah konon berasal dari batu cendani, warnanya putih agak kebiruan berserat seperti rambut dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Preng..." bergetar.
Tuahnya untuk menambah keberanian dan keteguhan iman.

Besi Balitung

Ada dua jenis Besi Balitung dan yang di anggap baik besinya berasal dari batu, warnanya hitam agak ungu pekat dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Ting..." panjang.
Tuahnya baik untuk nelayan. Sedangkan yang di anggap buruk warnanya agak kotor, dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Ngeng" pendek.
Tuahnya buruk dapat menyebabkan melarat.

Besi Kenur

Adalah besi yang benwarna hitam pekat dan mengkilat seperti bulu burung gagak. Jika dijentik dengan jari bunyinya "Srung...ambrengengeng".
Tuahnya baik untuk pedagang dan dapat menyimpan uang.

Besi Malela Kendaga

Besi ini juga disebut besi Loya, jika dijentik dengan jari bunyinya "Tung...".
Tuahnya baik untuk menambah keberanian dan menjaga keteguhan iman.

Besi Tumbuk

Adalah besi yang konon berasal dari Sailan, warnanya putih kekuningan gemerlap seperti batu karang dan jika dijentik dengan jari bunyinya "Gong ambrengengeng".
Tuahnya baik untuk menyimpan harta, serta ditakuti jin dan setan.

Jenis-jenis besi di atas tergolong besi yang baik digunakan sebagai bahan pembuatan Keris pusaka. Tapi selain itu, ada juga jenis besi yang tergolong buruk untuk bahan pembuatan Keris dan Tosan Aji lainnya, yaitu besi Kanter, besi Malik, besi Kelengan dan besi Enuh.

Seperti halnya jamu yang dibuat oleh seorang ahli jamu, yang berasal dari berbagai macam jenis tanaman yang masing-masing memiliki khasiat sendiri-sendiri kemudian dicampur/diramu untuk mengobati suatu penyakit tertentu, demikian juga dengan Keris yang diramu oleh seorang Empu dari berbagai jenis besi yang memiliki tuah berbeda-beda kemudian disatukan untuk mendapatkan tuah yang di inginkan oleh pemesannya.

Jika jamu yang diramu dengan tepat oleh ahlinya dari bahan-bahan pilihan dapat memberikan efek positif (kesehatan) pada tubuh Manusia, demikian juga dengan Keris, jika memang cocok dengan pemiliknya, maka akan memberikan dampak positif pada kehidupan pemiliknya. Oleh karena itu, kita perlu hati-hati dan jangan keliru memilih Keris yang tidak diramu dari besi-besi pilihan atau yang karakter dan tuahnya tidak cocok dengan kita, karena bisa jadi bukannya bermanfaat tapi justru malah membawa dampak negatif pada diri kita atau kehidupan kita.

Baca juga:

Pengertian tentang Keris Tayuhan dan cara menayuh Keris

Mengungkap kekuatan fisik dan ghaib Keris

Demikian sedikit informasi tentang jenis-jenis besi bertuah untuk bahan pembuatan Keris yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Jenis-jenis besi bertuah untuk bahan pembuatan Keris"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: