Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mengungkap kekuatan fisik dan ghaib Keris

kekuatan fisik dan ghaib keris
Keris Kelengan

Hartalangit.com
- Keris adalah senjata tajam yang paling populer di Pulau Jawa pada jaman dahulu, karena bagi orang Jawa, Keris bukan hanya berfungsi sebagai senjata tajam saja tapi merupakan benda pusaka yang dipercaya memiliki kekuatan ghaib. Jadi, Keris adalah senjata yang memiliki kekuatan fisik dan kekuatan non fisik.

Kekuatan fisik dari sebilah Keris terdapat pada kekuatan bilahnya yang mampu menahan beban tekan, beban tekuk, beban kejut dan beban puntir.

Kekuatan fisik Keris tersebut berasal dari material bahannya yang merupakan perpaduan dari logam-logam pilihan yang diproses dengan pemanasan dan tehnik tempa lipat sehingga menghasilkan bilah Keris yang kuat dan ulet.


Material yang digunakan untuk membuat sebilah Keris pada jaman dahulu adalah perpaduan dari beberapa jenis logam yang ditempa menjadi satu, dan salah satunya adalah batu meteor.

Batu meteor adalah benda langit yang jatuh ke permukaan bumi. Dalam proses perjalanannya menuju permukaan bumi, meteor mengalami gesekan dengan atmosfir dan semakin lama waktu yang dibutuhkan meteor untuk menuju ke bumi maka semakin bertambah pula kecepatannya, karena kecepatan jatuhnya meteor berbanding lurus dengan gaya gravitasi bumi.

Akibat kecepatan yang sangat tinggi itu maka mengakibatkan gaya gesek antara permukaan meteor dengan udara disekitarnya mengalami peningkatan sehingga menimbulkan kenaikan temperatur yang sebanding dengan besar gaya gesek yang diterimanya yang mengakibatkan meteor terbakar dengan temperatur yang semakin meningkat.

Jadi, meteor yang sampai ke permukaan bumi adalah material yang telah mengalami pembakaran sempurna dengan temperatur sangat tinggi, maka sangat tepat jika benda langit ini digunakan sebagai material dasar untuk membuat Keris pusaka.


Kekuatan Keris tidak hanya berupa kekuatan fisik saja, tapi juga memiliki kekuatan non fisik yang semakin memperkuat kekuatan dari sebilah Keris.

Kekuatan fisik Keris berasal dari perpaduan material bahan dan juga tehnik pembuatannya. Sedangkan kekuatan non fisik Keris berasal dari manifestasi laku tirakat, ritual dan do'a-do'a atau mantra-mantra yang dilakukan oleh sang Empu selama proses pembuatanya sehingga menghasilkan energi supranatural yang tersimpan dalam setiap lipatan-lipatannya.

Kekuatan non fisik pada sebilah Keris tergantung dari tujuan awal dibuatnya Keris tersebut. Jadi fungsi ghaib Keris tergantung dari keinginan pemesan pertamanya dan Empu pembuatnya.

Energi yang terbentuk pada sebilah Keris lebih dipahami sebagai khodam yang bersemayam didalam sebilah Keris. Energi tersebut dapat dirasakan oleh orang-orang tertentu yang memiliki kemampuan supranatural, bahkan bagi orang-orang yang memiliki kepekaan dapat melihat wujud dari sosok khodam Keris.

Energi itulah yang di anggap sebagai kekuatan non fisik dari sebilah Keris dan kekuatan itulah yang dapat mempengaruhi sifat, karakter, dan emosi pemiliknya sehingga pemilik Keris bisa menjadi lebih berani, lebih tegas, lebih berwibawa dan lain sebagainya sesuai dengan sifat dan karakter Kerisnya.


Kekuatan non fisik Keris terkadang juga bisa tampak dan dapat dirasakan, seperti misalnya Keris dapat bergetar/bergerak sendiri ketika ada bahaya yang mengancam pemiliknya. Itulah kenapa Keris yang diyakini memiliki kekuatan ghaib akan diperlakukan secara khusus, seperti diberikan sesaji dan dijamasi terutama setiap bulan Suro.

sesaji keris
Ilustrasi ritual pemberian sesaji pada Keris

Perlakuan khusus terhadap Keris tersebut diyakini dapat menambah kekuatan ghaib Keris, sehingga Keris tetap menjadi benda pusaka bertuah yang dapat membantu/mendampingi pemiliknya untuk berbagai keperluan, walaupun sebetulnya ada maksud lain (pesan/ajaran) yang tersirat dari pemberian sesaji dan jamasan pusaka pada malam 1 suro yang memiliki nilai-nilai spiritual tinggi dan tidak ada sangkut pautnya dengan klenik.


Demikian sedikit informasi tentang rahasia kekuatan fisik dan ghaib Keris yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mengungkap kekuatan fisik dan ghaib Keris"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: