Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Karakter dan sifat Keris menurut sosok ghaib / khodamnya

khodam keris pusaka
Ilustrasi

Hartalangit.com - Keris pusaka atau Keris tayuhan pasti memiliki khodam yang siap membantu pemilik Keris sesuai tuah yang dimilikinya. Sosok ghaib tersebut memang sengaja ditempatkan pada sebilah Keris pusaka sebagai pendamping/penjaga dari Keris pusaka dan pemiliknya.

Masing-masing sosok khodam Keris pusaka melambangkan karakter dari sebilah Keris yang sedikit banyak juga akan mempengaruhi karakter atau watak pemiliknya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini watak/karakter dari beberapa sosok khodam Keris pusaka:

• Sosok Naga

Keris pusaka yang memiliki khodam Naga berarti karakternya juga seperti Naga, yaitu berwibawa dan berkuasa. Sosok Naga biasanya menjdi khodam untuk kewibawaan, kekuasaan dan penjagaan ghaib.

Aura kewibawaan Naga yang sangat kuat akan menjadikan pemilik Keris terlihat sangat berwibawa dan berkuasa serta dapat menjauhkan pemiliknya dari niat jahat orang lain atau mahluk halus yang berniat jahat.

Sosok ghaib Keris jenis Naga biasanya akan tetap berdiam didalam Kerisnya, atau tidak menjadi khodam pendamping. Keris pusaka yang khodamnya sosok Naga yang memiliki tuah utama untuk wibawa dan kekuasaan sebaiknya posisi penyimpanannya lebih diutamakan, yaitu di atas atau di tengah Keris-Keris yang lain.

Sosok Naga Jawa (badan dan kepalanya seperti Naga tapi tidak memiliki kaki), berarti watak dan perilakunya seperti perpaduan antara ular dan Naga, yaitu galak/ganas dan berkuasa.

Baca juga: Filosofi dan tuah ampuh Keris Nogo Sosro

Sosok ular Naga ini biasanya menjadi khodam kekuasaan dan penjagaan ghaib. Hawa aura yang ditimbulkannya akan membuat pemiliknya terlihat berwibawa dan berkuasa, tapi ada juga yang berhawa aura menakutkan/menyeramkan.

• Sosok Macan

Keris pusaka yang memiliki khodam sosok Macan juga akan memiliki karakter dan tuah seperti Macan, yaitu galak/ganas dan berwibawa. Sosok Macan biasanya menjadi khodam kewibawaan, kesaktian dan penjagaan ghaib.

Aura yang sangat kuat dari sosok Macan/Harimau akan membuat pemilik Keris sangat disegani dan ditakuti oleh lawan maupun kawan. Rata-rata Keris yang memiliki khodam sosok Macan/Harimau memiliki aura yang panas dan tidak cocok dimiliki oleh orang-orang yang memiliki sifat emosiaonal/temprament karena akan membuatnya semakin brangasan.

Baca juga: Filosofi dan tuah Keris Singo Barong

Sosok Macan ini biasanya sering keluar menjadi khodam pendamping atau penjaga rumah dan sering terlihat menampakkan wujudnya pada orang-orang yang berniat jahat pada pemilik Keris. Sosok Macan/Harimau ini selalu siap kapan saja untuk bertarung jika diperlukan.

• Sosok Manusia

Sosok khodam yang berwujud Manusia juga memiliki sifat/karakter seperti Manusia, berarti watak dan perilakunya juga seperti Manusia yang bisa diajak bertukar pikiran.

Khodam Keris pusaka yang berwujud Manusia kebanyakan sosoknya berwujud laki-laki tinggi besar, laki-laki kesatria, laki-laki tua berjubah, ibu-ibu Jawa yang memakai kebaya, serta sosok seperti seorang panembahan atau pertapa.

- Sosok berwujud laki-laki tinggi besar dan laki-laki kesatria biasanya watak dan perilakunya bersifat seperti seorang laki-laki yang berbadan tinggi besar yang menonjolkan kekuatan, kesaktian dan kewibawaan. Sosok tersebut selalu siap setiap saat untuk bertarung.

Biasanya hawa aura Keris-Keris berkhodam sosok laki-laki tinggi besar dan kesatria selalu menonjolkan kekuatan dan kewibawaan, tetapi tidak panas. Sosok ghaib Keris jenis ini biasanya tetap berdiam didalam Kerisnya, atau tidak tampil menjadi khodam pendamping.

Sosok seperti laki-laki berbadan tinggi besar biasanya bersifat idealis yang akan menonjolkan kekuatan, kekerasan dan kewibawaannya untuk memaksakan idealismenya. Sebagian Keris dengan khodam jenis ini sifatnya ada yang sama dengan perilaku Keris Tindih dan kebanyakan sosok ghaib Keris jenis ini merupakan khodam dari Keris-Keris lurus yang dulu dibuat di Jawa Tengah. 

- Sosok seperti bapak-bapak atau seperti ibu-ibu biasanya melambangkan pribadi seperti orang tua yang lebih bijaksana, bisa menyesuaikan dirinya dengan kehidupan Manusia yang di ikutinya, bisa memberikan keteduhan hati dan pengayoman, dan akan aktif memberikan ide dan ilham untuk kehidupan pemiliknya agar lebih baik dan akan selalu memberikan peringatan berupa rasa dan firasat jika pemilik Keris akan mengalami suatu masalah/musibah. Banyak ghaib Keris jenis ini yang menjadi khodam pendamping dari pemilik Keris.

- Sosok khodam Keris berwujud laki-laki tua berjubah seperti panembahan atau seperti pertapa berarti watak dan perilakunya seperti seseorang yang sudah sepuh. Apapun jenis tuah yang mereka berikan biasanya mengandung hawa kewibawaan dari seorang bapak-bapak yang bersifat mengayomi.

Sosok tersebut juga melambangkan bahwa mereka memiliki kearifan dalam hal kebatinan dan spiritual serta bisa mengajarkan/menuntun/mengilhami pemilik Keris dalam bidang ilmu kesaktian atau kebatinan (spiritual).

Sosok laki-laki berjubah juga menunjukkan karakter sebagai sosok yang akan siap sedia setiap saat untuk menggunakan kekuatan dan kesaktiannya untuk bertarung jika diperlukan. 

- Sosok khodam Keris berwujud ibu-ibu Jawa yang memakai kebaya berarti watak dan perilakunya seperti seorang ibu-ibu, terkadang galak tetapi berwibawa dan sebagian besar bersifat mengayomi.

Apapun jenis tuah yang mereka berikan biasanya mengandung hawa kewibawaan dari seorang ibu-ibu yang galak dan berwibawa yang dapat mempengaruhi orang-orang di sekitarnya untuk tidak bersikap merendahkan dan juga akan menjauhkan orang-orang yang berniat jahat kepada pemilik Keris.

Akan tetapi hawa aura ibu-ibu itu juga akan memberikan suasana yang menarik orang untuk datang berkumpul (membantu hubungan sosial/pergaulan dan kerejekian).

Tapi terkadang sosok ghaib Keris juga bisa berubah wujud, misalnya saja Keris yang semula khodamnya berwujud laki-laki tinggi besar atau kesatria bisa berubah menjadi sosok laki-laki tua berjubah.

Perubahan sosok laki-laki tinggi besar menjadi sosok laki-laki tua berjubah tersebut bisa saja karena khodam Keris tersebut mengikuti tingkatan spiritual pemilik Keris yang telah memperdalam ilmu kebatinan/spiritual yang bersifat kasepuhan, sehingga khodam Keris mengikuti karakter dari pemilik Keris.

Baca juga: Cara merawat khodam Keris pusaka agar tetap aktif

Demikian sedikit informasi tentang karakter dan sifat Keris menurut sosok ghaib/khodamnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

1 comment for "Karakter dan sifat Keris menurut sosok ghaib / khodamnya"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: