Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan tuah Keris Singo Barong

gambar keris singo barong sepuh luk 13
Keris Singo Barong luk 13

Hartalangit.com - Keris Singo Barong merupakan salah satu dhapur Keris yang sangat terkenal dan banyak diburu oleh para kolektor dan penggemar Tosan Aji, karena selain bentuknya yang artistik, Keris ini juga dipercaya memiliki angsar dan perbawa yang sangat kuat.

Keris Singo Barong memiliki ciri khas pada gandhiknya yang diukir dengan ornamen berbentuk singa jantan dengan kelamin yang tegang sebagai simbol kejantanan dan keberanian.

Motif singa pada gandhik Keris Singo Barong tampak mirip dengan kilin, yaitu arca binatang mitologi penunggu gerbang dalam budaya China yang banyak terdapat di klenteng. Hal itu menunjukkan adanya pengaruh budaya China di Nusantara. Keris Singo Barong biasanya memiliki ricikan tambahan berupa sraweyan, ri pandan dan greneng.

Keris dhapur Singo Barong juga biasa disebut sebagai dhapur Nogo Singo. Biasanya mulut singa pada gandhik Keris Singo Barong yang menganga sering disumpal menggunakan butiran emas atau batu permata. Tujuannya untuk meredam aura panas atau sifat galak dari Keris Singo Barong tersebut.

Filosofi sesungguhnya dari disumpalnya mulut singa yang menganga menggunakan butiran emas atau batu mulia adalah sebagai pesan agar apa yang keluar dari mulut seorang pemimpin, atau semua ucapannya adalah segala hal yang sifatnya mulia atau bermanfaat yang dilambangkan dengan batu mulia atau logam mulia.

Berbeda dengan Keris Nogososro yang melambangkan kebijaksanaan dan kekuasaan seorang Raja/Pemimpin, Keris Singo Barong merupakan simbol kekuasaan, ketegasan dan keberanian yang tidak hanya dimiliki oleh seorang Raja/Pemimpin tertinggi saja, tapi juga Patih dan Senopati pada jaman dahulu.

Baca juga: Filosofi dan tuah ampuh Keris Nogo Sosro

Filosofi Keris Singo Barong:

Keris Singo Barong mengajarkan sebuah konsep kepemimpinan yang ideal dan merupakan pesan untuk para pemimpin, meskipun mereka memiliki kekuasaan, kekuatan dan pengaruh yang besar bagaikan singa, tapi tetap harus bisa bersikap sebagai penghibur yang dapat memberikan kebahagiaan bagi orang-orang yang dipimpinnya, seperti Singo Barong (barongan) meskipun wujudnya menyeramkan tapi bisa menghibur.

Tuah Keris Singo Barong:

Salah satu benda pusaka di Nusantara ini yang banyak diburu oleh para pecinta Tosan Aji dan para kolektor benda pusaka adalah Keris pusaka Singo Barong. Sejak dulu, Keris dengan gandhik berbentuk Singa jantan ini memang diyakini memiliki tuah ampuh dan perbawa yang sangat besar.

Tuah Keris Singo Barong akan membuat pemiliknya memiliki karakter yang tegas, pemberani dan kuat bagaikan singa jantan yang penuh kekuatan dan keberanian.

Selain itu, tuah ampuh Keris Singo Barong juga akan membuat pemilik atau pemegang Keris ini memiliki kewibawaan dan kharisma yang sangat besar dihadapan orang lain.

Tuah atau khasiat Keris yang paling dasar adalah untuk perlindungan dari serangan ghaib dan kejahatan. Jadi, selain tuah kesaktian dan kewibawaan, Keris Singo Barong juga akan memberikan tuah perlindungan dan penjagaan pada pemiliknya.

Keris Singo Barong termasuk salah satu Keris yang di anggap istimewa dan sangat langka. Energi ghaib pada Keris ini tergolong sangat kuat, dan jika kekuatan Keris ini sudah menyatu dengan pemiliknya, maka orang yang memegang Keris ini akan memiliki kekuatan dan karakter yang sangat kuat seperti singa jantan sehingga akan disegani oleh semua orang, baik kawan maupun lawan.

Baca juga: Proses menyatunya ghaib Keris dengan pemiliknya

Tapi perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa cocok memiliki atau memegang Keris Singo Barong, sebab Keris ini dibabar dengan mantra-mantra dan ritual khusus sehingga menciptakan getaran energi yang sangat kuat, keras dan galak/panas karena dibuat untuk seorang pemimpin.

Keris Singo Barong tidak cocok dimiliki oleh orang yang memiliki sifat keras dan temprament karena akan menjadikannya semakin brangasan dan tidak terkrontrol emosinya.

Efek negatif dari sebilah Keris akan muncul ketika Keris tersebut tidak cocok dengan pemiliknya, karena setiap Keris pusaka memiliki karakter yang berbeda-beda.

Jadi, ketika karakter Keris tidak selaras dengan karakter pemiliknya, maka Keris tersebut tidak akan bisa dirasakan manfaatnya, bahkan kadang justru akan membawa efek negatif bagi pemiliknya.

Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah Keris pusaka untuk ageman yang benar-benar sesuai dengan karakter dan profesi kita agar Keris tersebut bisa dirasakan tuahnya, daripada memburu Keris-Keris dhapur terkenal tapi tidak sesuai dengan karakter dan profesi kita, karena Keris tersebut tidak akan bisa selaras dengan pemiliknya.

Keris Singo Barong sangat populer didunia perkerisan dan banyak sekali peminatnya sehingga Keris ini banyak dibuat tiruannya untuk memenuhi permintaan pasar.

Sayangnya kebanyakan Keris-Keris Singo Barong buatan baru tersebut sering dikatakan sebagai Keris Singo Barong sepuh untuk menarik minat pembeli dan melambungkan harganya.

Mahar atau harga untuk Keris Singo Barong sepuh yang asli tergolong cukup tinggi dibanding Keris-Keris dhapur lainnya, sehingga Keris ini lebih banyak dipalsukan karena keuntungan yang didapat jauh lebih besar.

Keris Singo Barong termasuk dhapur Keris yang cukup langka karena jaman dahulu hanya orang-orang tertentu saja yang boleh memilikinya, sehingga jumlah Keris ini tidak sebanyak Keris-Keris dhapur umum yang boleh dimiliki oleh semua kalangan.

Oleh karena itu, sebaiknya lebih berhati-hati jika ingin mencari Keris Singo Barong sepuh karena sangat rawan keblondrok.

Sebagian besar Keris Singo Barong yang ada saat ini adalah Keris Singo Barong buatan baru yang kadang sudah diproses sedemikian rupa agar menyerupai Keris sepuh sehingga sangat sulit untuk dibedakan.

Meskipun bentuk dan pamornya terkadang sangat bagus dan rapi, bahkan banyak yang dikinatah emas, tapi Keris Singo Barong baru (Kamardikan) tidak memiliki kesan wingit sama sekali karena dibuat oleh pengrajin Keris tanpa melalui ritual apapun dan hanya menggunakan material besi biasa.

Berbeda dengan Keris Singo Barong asli sepuh yang dibuat oleh seorang Empu melalui laku tirakat dan dibacakan mantra-mantra tertentu, meskipun terkadang bentuknya sederhana dan sudah gripis (korosi), tapi aura wingit dan getaran energinya masih sangat kuat.

Baca juga:

Cara mengenali ciri-ciri Keris baru dan Keris sepuh

Pusaka-pusaka ampuh peninggalan Kerajaan Majapahit

Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Singo Barong yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

2 comments for "Filosofi dan tuah Keris Singo Barong"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: