Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri Keris Majapahit dan keistimewaannya

gambar keris tangguh majapahit asli
Keris Kidang Mas Tangguh Majapahit

Hartalangit.com - Keris-Keris kuno yang di tangguh sebagai Keris Majapahit umumnya menggunakan besi dengan kualitas istimewa dan bisa dikatakan tidak tertandingi jika dibandingkan dengan Keris-Keris tangguh lain seperti Pajajaran, Mataram, dan lainya.

Tangguh secara harfiah berarti perkiraan, yaitu perkiraan jaman pembuatan dari sebilah Keris. Jadi jika sebilah Keris dikatakan tangguh Majapahit, berarti Keris tersebut diperkirakan dibuat pada jaman Kerajaan Majapahit.

Keris tangguh Majapahit di anggap sebagai salah satu Keris terbaik yang banyak dicari oleh para penggemar dan kolektor Tosan Aji.

Alasan kenapa Keris Majapahit banya dicari karena Keris-Keris dari era Majapahit memiliki kualitas garap yang istimewa dan menggunakan material logam dengan kualitas terbaik. Selain itu, Keris Majapahit juga dipercaya memiliki daya magis yang sangat kuat.

Baca juga: Pusaka-pusaka ampuh peninggalan Kerajaan Majapahit

Ciri khas yang menjadi kelebihan dari Keris tangguh Majapahit adalah kualitas besi dan juga tempaannya, sehingga Keris tangguh Mahapahit di anggap sebagai Keris terbaik dalam sejarah perkerisan Nusantara.

Berikut ini beberapa ciri khas Keris tangguh Majapahit:

1. Bilah Keris Majapahit sangat tahan terhadap karat karena proses tempaannya dilakukan sampai ribuan kali, sehingga sangat sedikit inklusi pengotor besinya.

2. Jika diminyaki, bilah Keris tangguh Majapahit tidak cepat kering karena besinya yang padat tidak banyak meyerap minyak.

3. Wasuhan besi Keris Majapahit sangat bersih dan tehnik tersebut masih belum bisa di tiru oleh Empu-Empu Keris setelah jaman Kerajaan Majapahit sampai era kamardikan.

4. Besi Keris tangguh Majapahit tampak lumer dan terkesan nglilin seperti berlapis lilin, rabaannya halus tapi masih berserat. Berbeda dengan Keris-Keris tangguh lain yang di sangling / di lus (diperhalus) permukaan bilahnya.

Bilah Keris yang lus-lusan biasanya rabaan bilahnya menjadi halus tapi garis urat bekas tempaannya akan hilang akibat proses lus tersebut. Sedangkan pada Keris Majapahit meskipun rabaannya halus tapi masih berserat.

5. Besi Keris tangguh Majapahit berwarna hitam keunguan (sulak biru).

6. Tampilan dan pasikutannya terkesan wingit dan prigel.

7. Tantingannya sangat ringan karena kandungan baja (wojo) tidak terlalu banyak.

8. Bilahnya ramping dan bentuknya nyujen.

9. Panjang bilahnya sedang, semakin ke ujung semakin ramping sehingga berkesan runcing.

10. Luknya tidak begitu rapat (Sarpo lumampah).

11. Gandhiknya miring dan agak pendek.

12. Pamornya pandes dan kebanyakan nyeprit (sedikit) walaupun ada juga beberapa Keris Majapahit yang pamornya penuh tapi itu sangat jarang dijumpai.

13. Pada Keris tangguh Majapahit awal biasanya terdapat unthuk cacing (lubang cacing).

Karena kualitas bahan dan garapnya yang istimewa itulah yang menjadikan Keris tangguh Majapahit menjadi primadona didunia perkerisan dan paling banyak diburu oleh para penggemar Tosan Aji.

Selain kualitas garap dan materiaknya yang istimewa, Keris tangguh Majapahit juga dipercaya memiliki daya magis atau kekuatan ghaib yang lebih besar dari Keris-Keris tangguh lainnya.

Keris Majapahit memang terkesan angker dan wingit karena memiliki daya magis yang sangat kuat, tapi juga terkesan luwes dan menyenangkan karena kualitas garap dan materialnya sangat istimewa.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Keris tangguh Majapahit asli dan keistimewaannya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Keris Majapahit dan keistimewaannya"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: