Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri dan keistimewaan Keris Tangguh Sendang Sedayu

gambar keris tangguh sedayu asli buatan empu supo
Ilustrasi Keris Tangguh Sedayu

Hartalangit.com - Keris buatan Empu Pangeran Sendang Sedayu merupakan Keris terbaik dilihat dari segala aspeknya, mulai dari material bahan, garap, karakter, maupun hasil akhirnya.

Kondisi jaman/masa itu yang menuntut untuk memiliki senjata dengan kualitas prima tentunya membuat para Empu Keris pada masa itu termasuk Empu Pangeran Sedayu melakukan berbagai eksperimen untuk bisa menciptakan Keris yang berkualitas.

Dengan ditunjang kedudukan beliau sebagai seorang Pangeran yang memungkinkannya memiliki akses untuk mendapatkan bahan-bahan pilihan yang berkualitas dan juga dengan keleluasaan dalam mengekspresikan keahliannya sebagai seorang Empu, maka kemudian Empu Pengeran Sedayu berhasil menciptakan Keris dengan kualitas bahan, ciri garap dan karakter yang tidak ada duanya sampai saat ini.

Jika kita menyimpulkan literasi hasil karya Empu Pangeran Sendang Sedayu, maka sepintas dapat dipahami bahwa Empu Pangeran Sendang Sedayu mencoba menumpahkan kemampuannya untuk melawan kodrat besi yang mudah berkarat dengan mencari cara untuk mengatasi atau menyiasati agar Keris dapat bertahan dari korosi atau karat tapi tetap memiliki keindahan.

Empu Pangeran Sendang Sedayu melakukan tehnik tempa-lipat sampai 4.096 lipatan terhadap material Keris sampai benar-benar tapis dan bersih.

Percikan bunga api ditempa dan dilibas sampai habis tak bersisa untuk mencapai "galih-ing wesi" atau intinya besi yang diyakini tidak akan dapat tersentuh oleh oksidasi atau karatnya besi.

Dan hal itu akhirnya terbukti, dengan keterbatasan teknologi metalurgi untuk menciptakan besi yang tahan karat pada masa itu, ternyata beliau dapat mengatasinya dengan tehnik tempa-lipat sampai titik mati besi yang terbukti sangat efektif untuk melawan karat/korosi. Hal itu bisa dilihat dari Keris-Keris hasil karya beliau yang memang tahan terhadap karat.

Keahlian lain dari Empu Pangeran Sendang Sedayu adalah menciptakan karakter baru pada Keris-Keris buatannya yang berbeda dari karakter Keris Majapahit.

Jika umumnya Keris era Majapahit hanya memiliki satu karakter, yaitu "wingit", tapi dengan kemampuan beliau dalam mengolah rasa, Empu Pangeran Sedayu berhasil memadukan dua karakter yang bahkan bertentangan pada Keris-Keris hasil karyanya.


Selain memiliki karakter wingit, Keris tangguh Sedayu juga memiliki karakter anggun dan menyenangkan, sehingga membuat betah siapapun yang memandangnya dari segala sisi, karena Keris-Kerisnya memang bisa dikatakan sempurna,"ngisore ayu, nduwure wingit".

Benar-benar sebuah pencapaian yang luar biasa pada masa itu dan bahkan belum ada yang bisa menyamainya sampai sekarang.

Dengan menggali lebih dalam tentang karakter keseharian dan masa atau jaman dari sosok dan spirit dibalik Keris tangguh Sedayu, tentunya kita dapat menyimpulkan bahwa kualitas dari sebilah Keris tergantung dari kemampuan Empu pembuatnya. Sedangkan karakter dari Empu itu sendiri juga tidak terlepas dari situasi dan kondisi masa atau jaman ketika mereka berkarya.

Daya imajinasi, eksperimen, fasilitas, dan konsistensi dalam berkarya adalah serangkaian faktor yang dapat menentukan hasil karya yang berkualitas.

Berikut ini beberapa ciri-ciri Keris tangguh Sedayu:

• Gonjonya datar atau gonjo wuwung dengan gulu meled-nya berukuran sedang tapi penampilannya memberi kesan kekar dan kokoh.

• Buntut cecak-nya ambuntut urang atau mekrok.

• Jika membuat Keris luk, maka luknya termasuk luk yang rengkol atau sarpo lumampah.

• Posisi bilah pada gonjo agak tunduk, tidak berkesan galak tapi anggun dan berwibawa.

• Kembang kacang-nya dibuat ramping nggelung wayang.

• Sogokan-nya agak melengkung di bagian ujung menyerupai paruh burung.

• Janur-nya serupa lidi.

• Tikel alis-nya tergurat jelas.

• Ron da-nya juga dibuat jelas.

• Keris buatan Empu Pangeran Sedayu selalu matang tempaan, besinya berwarna hitam kebiruan, nyabak, dan berkesan basah (seperti berminyak) meskipun tidak diminyaki.

• Tantingannya sangat ringan, serat besinya sangat halus sampai tidak terlihat lipatan-lipatannya.

• Pamornya lumer pandes dan hampir selalu merupakan pamor tiban dan bahkan terkadang tanpa pamor sama sekali atau yang biasa disebut Keris kelengan.

• Besinya sangat prima dan tahan karat, bahkan banyak di antaranya cukup diwarangi lima tahun sekali.

• Secara keseluruhan penampilan Keris buatan Empu Pangeran Sedayu menampilkan karakter yang anggun dan berwibawa tapi tidak galak serta terkesan wingit tapi menyenangkan.

• Segalanya benar-benar dibuat serasi. Seluruh bagian Keris termasuk ricikan-nya digarap dengan cermat, rapi, ayu, dan sempurna. Begitu rapinya sampai-sampai pada tepi bagian sogokan-nya berkesan tajam.

Bagi para penggemar Tosan Aji, Keris tangguh Sedayu dianggap sebagai Keris yang paling sempurna dari semua Keris yang ada.

Salah satu ciri khas dari Keris buatan Empu Pangeran Sedayu adalah besinya yang selalu merupakan jenis pilihan dan matang wasuhan.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan keistimewaan Keris Tangguh Sendang Sedayu yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a comment for "Ciri-ciri dan keistimewaan Keris Tangguh Sendang Sedayu"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: