Advertisement

Ciri-ciri dan karakter Keris tangguh Tuban

keris tilam upih tangguh tuban
Keris Tilam Upih Tangguh Tuban
Dhapur: Tilam Upih (Pejetan)
Pamor: Jung Isi Dunyo
Tangguh: Tuban
Panjang Bilah: 38 Cm
Keterangan: Termahar (Bpk J - Malang)

Hartalangit.com - Keris Tuban memiliki bentuk yang sederhana tapi terkesan gagah dan kebanyakan adalah Keris lurus seperti Keris berdhapur Tilam Upih, Tilam Sari dan Brojol. Sangat jarang ada Keris Tuban yang luk, dan jika ditemukan Keris Tuban yang ber-luk, biasanya berdhapur Sempono luk 9.

Tuban pada abad ke-XV adalah daerah yang maju, karena disana terletak pelabuhan besar yang menjadi kota kesyahbandaran Kerajaan Majapahit.


Sebagai kota pelabuhan, maka kemudian terbentuk karakter masyarakat Tuban yang terbuka, blak-blakan, dan toleran. Hal itu juga tercermin dalam hasil budayanya, termasuk di antaranya Keris.

Secara sosiologis, orang-orang pesisir lebih suka pada hal-hal yang praktis, lugas, dan fungsional. Dan Keris Tuban yang lurus mewakili karakter orang pesisir yang tidak suka bertele-tele.

Kendati Tuban silih berganti menjadi vasal (wilayah taklukkan) dari Kerajaan-Kerajaan besar di tanah Jawa, dari mulai Kerajaan Majapahit hingga Kerajaan Mataram, tapi Keris-Keris buatan para Empu Tuban selalu memiliki ciri khas yang sama dan mudah dikenali.

Dikalangan penggemar Tosan Aji, ada beberapa istilah untuk menyebut Keris tangguh Tuban berdasarkan masa pembuatannya, yaitu Keris tangguh Tuban Majapahit, Tuban Pajajaran, Tuban Jenggala, dan Tuban Mataram. Sebutan nama Kerajaan dibelakangnya untuk memudahkan penamaan bahwa Keris Tuban yang dimaksud dibuat pada era Kerajaan-Kerajaan tersebut.

Secara umum, ciri utama dari Keris-Keris Tuban, antara lain:

• Panjang bilahnya rata-rata 35 cm dan bisa lebih.

• Panjang gonjo 6 cm dengan bentuk gonjo-nya rata-rata lurus atau gonjo wuwung (agak melengkung).

• Kepala gonjo umumnya berbentuk buweng (bulat), dan bagian perut berupa mbathok mengkurep serta pada bagian ekornya nguceng mati.

ciri-ciri keris tangguh tuban

• Pejetanya sempit dengan gandiknya tegak (tidak amboto rubuh seperti Keris-Keris lain pada umumnya).

•  Bilahnya nglimpo agak lebar dan cenderung tipis.

Keris Tuban rata-rata adalah Keris lurus dan jarang menggunakan greneng, karena rata-rata berdhapur Tilam Sari, Tilam Upih, dan Brojol. Selain itu, rata-rata keris Tuban berpamor mlumah seperti Wos Wutah, atau Pedaringan Kebak. Tapi ada juga beberapa Keris Tuban yang berpamor miring.

Besi Keris Tuban terkesan padat dan liat, tempaannya nyaris sempurna sehingga mewujudkan bilah Keris yang nyaris tidak berpori-pori, dan rata-rata besi Keris Tuban banyak mengandung pasir malelo karena Tuban adalah daerah berpasir.

Baca juga:


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan karakter Keris tangguh Tuban yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Ciri-ciri dan karakter Keris tangguh Tuban"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: