Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri-ciri Keris Pasir Malela

tombak pasir malela
Ilustrasi Tombak Pusaka Pasir Malela

Hartalangit.com - Besi adalah unsur logam terpenting dalam pembuatan Keris, Tombak, Pedang, dan senjata tradisional lainnya. Ditemukannya pasir besi di banyak tempat di Pulau Jawa membuat sebagian penduduknya menjadi penempa yang handal.

Seni tempa di Nusantara tidak mungkin berkembang pesat dan memiliki kualitas tinggi seperti yang kita kenal sekarang ini jika tidak tersedia bahan baku yang melimpah.

Pengetahuan orang Jawa tentang besi tidak terbatas pada ilmu tempa saja, tetapi juga dalam membedakan jenis senyawa besi yang satu dan jenis besi lainnya.


Jika ditinjau dari ilmu pengetahuan modern, ilmu orang Jawa menyangkut mineral besi memang tidak tergolong ilmiah. Karena pengetahuan orang Jawa mengenai besi tidak menggunakan ukuran dan tolok ukur yang bersifat sains, tapi hanya mengandalkan kepekaan perasaan dan pancaindra saja.

Untuk membedakan berbagai jenis besi, orang Jawa jaman dulu melakukannya dengan cara mengamati, mendengar bunyinya jika dijentik, dengan merabanya, dan dengan kepekaan perasaannya. Oleh karena itulah ilmu besi tradisional ini sulit untuk dipelajari dan sulit dibuat catatannya.

Salah satu jenis besi yang banyak digunakan sebagai bahan material pembuatan Karis adalah Pasir Malela/Pasir Malelo. Biasanya Karis-Keris pesisir yang banyak menggunakan jenis material ini.

Keris yang menggunakan Pasir Malela/Pasir Malelo akan tampak seperti pecahan-pecahan/butiran-butiran berkilauan setelah diwarangi. Bagi yang tidak paham sering menganggapnya sebagai watu lintang atau meteorit, tapi sebetulnya bukan.

Keris-Keris yang menggunakan Pasir Malela banyak ditemukan berasal dari kulonan, seperti Pajajaran dan Cirebon. Tapi ada juga beberapa Keris Mataram yang menggunakan Pasir Malela. Sedangkan pada Keris Majapahit sangat jarang ditemukan yang menggunakan material Pasir Malela.

Besi Keris Majapahit terkenal nglempung karena menggunakan meterial besi yang bagus dan ditempa sampai ribuan lipatan sehingga sangat padat dan pulen. Sedangkan Keris yang menggunakan material Pasir Malela/Pasir Malelo memiliki kualitas yang kurang bagus karena jika di tempa terus menerus akan lebur atau hancur.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri Keris Pasir Malelo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri-ciri Keris Pasir Malela"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: