Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Filosofi dan Tuah Keris Megantoro

keris megantoro
Ilustrasi Keris Megantoro
Hartalangit.com - Keris Megantoro adalah salah satu nama dhapur Keris luk 7 yang cukup populer. Keris ini cukup unik karena bentuknya agak berbeda dengan Keris pada umumnya. Jika diperhatikan bentuk Keris Megantoro seperti gabungan antara Keris luk dan Keris lurus.

Keunikan Keris Megantoro adalah pada bagian bawah luk-nya normal seperti Keris-Keris pada umumnya, tapi pada luk yang ke 7 atau ujung bilahnya tampak lurus dan panjang sehingga Keris ini terkesan seperti gabungan dua jenis Keris, yaitu Keris luk dan Keris lurus.


Megantoro sendiri memiliki makna tentang kehidupan dan muatan spiritual yang dalam, dari kata "Mego" yang artinya "Mega" sebagai penggambaran dari angkasa raya dan "Antoro" yang bermakna luas tidak terbatas.

Filosofi dari angkasa yang luas tanpa batas yaitu agar dalam kehidupan ini kita harus memiliki hati dan pikiran yang luas seluas angkasa agar bisa menjalani kehidupan dengan baik.

Keris Megantoro juga merupakan pesan agar kita senantiasa mengingat TUHAN. Luk 7 (pitu) pada Keris Megantoro dengan luk terkhir lurus menunjuk ke atas adalah simbol agar kita senantiasa memohon "Pitulungan" atau pertolongan-NYA dalam segala hal. Karena keberadaan TUHAN selalu di anggap ada di atas langit.

Luk Keris dibagian bawah bilah dan luk terakhir yang lurus memanjang juga mengajarkan agar dalam kehidupan ini meskipun penuh liku-liku, tapi sebagai Manusia kita harus berusaha tetap lurus berjalan dan selalu bisa berdiri tegak pantang menyerah.

Sedangkan luk 7 dalam bahasa Jawa disebut "Pitu" yang memiliki makna pitulungan atau pertolongan. Keris luk 7 mewakili harapan dari pemiliknya agar selalu mendapatkan pertolongan dari TUHAN Yang Maha Kuasa.

Keris Megantoro dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, keselamatan, dan memudahkan pemiliknya untuk mencapai cita-citanya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang filosofi dan tuah Keris Megantoro yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Keris Megantoro"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: