Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Perkutut katuranggan Jogoboyo

gambar perkutut katuranggan jogo boyo
Perkutut Katuranggan Jogoboyo

Hartalangit.com - Perkutut katuranggan Jogoboyo adalah burung Perkutut yang memiliki kebiasaan tidur didasar sangkar tepat dibawah pintu kandang dan tidak pernah berpindah-pindah tempat meskipun sudah ganti kandang, ganti tangkringan atau ganti lokasi penempatan kandangnya.

Tidak semua burung Perkutut yang tidurnya dibawah termasuk katuranggan Jogoboyo karena seringkali burung Perkutut yang tidurnya didasar sangkar disebabkan karena merasa tidak nyaman dengan tangkringannya.

Bisa karena tangkringannya terlalu kecil, terlalu besar atau terlalu licin sehingga burung Perkutut tersebut merasa tidak nyaman untuk tidur di tangkringan dan lebih memilih untuk tidur dibawah.


Untuk mengetahui apakah burung Perkutut yang tidur didasar kandang itu benar-benar katuranggan Jogoboyo atau bukan, caranya dengan mengganti tangkringannya beberapa kali.

Cobalah untuk mengganti tangkringannya dengan ukuran yang pas dengan cengkraman kaki burung Perkutut tersebut dan gunakan kayu yang tekstur kulitnya kasar seperti ranting kayu asam agar terasa nyaman dicengkraman kaki burung Perkutut.

Jika setelah ganti tangkringan ternyata burung Perkurut tersebut masih saja tidur didasar sangkar, cobalah untuk mengganti tangkringannya lagi dengan ukuran yang berbeda.

Lakukan penggantian tangkringan sampai 3 kali dengan ukuran kayu yang berbeda-beda untuk lebih memastikannya.

Jika ternyata Perkutut tersebut masih tetap tidur didasar kandang dan tepat dibawah pintu, berarti Perkutut tersebut memang berkaturanggan Jogoboyo.

Tapi jika setelah tangkringannya diganti ternyata Perkutut tersebut tidur di atas tangkringan, berarti Perkutut tersebut bukan Perkutut Jogoboyo, tapi hanya Perkutut biasa yang merasa tidak nyaman dengan tangkringannya sehingga lebih memilih untuk tidur didasar sangkar.

Perkutut katuranggan Jogoboyo dipercaya memiliki tuah atau angsar untuk menjaga dan melindungi pemiliknya serta keluarganya dari segala bentuk marabahaya, baik yang datang secara nyata maupun secara ghaib.

"Jogoboyo" berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu "Jogo" yang berarti "menjaga" dan "Boyo" yang artinya "bahaya". Jadi, Jogoboyo bisa di artikan menjaga atau melindungi dari marabahaya.


Hal itu bisa dilihat dari kebiasan burung ini yang selalu tidur dibawah pintu kandang yang merupakan perlambang bahwa Perkutut tersebut akan selalu siap siaga menjaga pintu rumah pemiliknya dan siap menjadi palang pintu jika ada marabahaya yang datang menyerang pemilik rumah.

Perkutut katuranggan Jogoboyo memiliki makna sebagai pitutur atau nasehat dari para leluhur untuk mengingatkan pemiliknya agar selalu waspada karena kita tidak pernah tau niat jahat orang lain.

Dan salah satu cara yang di ajarkan oleh para leluhur terdahulu agar terhindar dari serangan ilmu hitam seperti santet, guna-guna, teluh dan sejenisnya, yaitu dengan tidur dibawah atau dilantai tanpa menggunakan ranjang.

Itulah filosofi sesungguhnya dari Perkutut katuranggan Jogoboyo. Sedangkan soal kepercayaan adanya tuah pada Perkutut katuranggan, semua kembali pada keyakinan masing-masing. Tapi sebaiknya pahami makna atau filosofinya agar mengerti dengan maksudnya.

Sebaiknya jangan terlalu terobsesi pada hal-hal yang bersifat ghaib, apalagi sampai memuja atau mengagungkan mahluk. Karena sejatinya mahluk apapun didunia ini tidak memiliki daya dan kekuatan apapun kecuali atas seizin Allah SWT yang menciptakannya.


Demikian sedikit informasi tentang makna dan tuah Perkutut katuranggan Jogoboyo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube: Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Perkutut katuranggan Jogoboyo"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: