Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Katuranggan dan ciri mathi Perkutut lengkap dengan gambar beserta penjelasan tentang tuahnya

gambar perkutut katuranggan
Perkutut Katuranggan Songgo Ratu
Hartalangit.com – Sejak jaman dahulu burung Perkutut sudah menjadi klangenan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa karena burung ini memiliki suara anggungan yang merdu.

Burung Perkutut merupakan sarana pencipta kepuasan bagi pemiliknya karena suara anggungannya yang merdu mampu memberikan suasana tenang, teduh dan damai seolah dapat menghubungkan para penikmatnya dengan alam semesta secara langsung.

Selain itu, burung Perkutut juga merupakan salah satu media yang digunakan oleh para leluhur orang Jawa untuk menyampaikan nasehat atau wejangan secara tersirat melalui nama-nama katuranggan dan ciri mathi.


Burung Perkutut, khususnya Perkutut lokal juga sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis dan bahkan sering di anggap sebagai burung keramat yang disakralkan.

Ada sebagian orang yang meyakini bahwa memelihara burung Perkutut dapat membawa keberuntungan atau nasib baik, tapi ada juga sebagian orang yang takut memelihara burung Perkutut karena di anggap dapat membawa kesialan atau nasib buruk.

Burung Perkutut yang di anggap bertuah adalah yang memiliki ciri tertentu yang berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya atau yang memiliki katuranggan dan ciri mathi.

Katuranggan pada burung Perkutut bisa berupa ciri fisik tertentu seperti kelainan pada warna bulu, bentuk sisik kaki, bentuk paruh, jumlah bulu ekor atau ciri-ciri lainnya.

Sedangkan ciri mathi bisa diketahui dari perilaku burung Perkutut yang berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya, misalnya saja dari cara tidurnya, waktu manggungnya atau perilaku-perilaku lainnya yang tidak lazim.

Masing-masing katuranggan dan ciri mathi Perkutut memiliki filosofi dan tuah yang berbeda-beda, ada yang dipercaya dapat membawa pengaruh positif dan ada juga yang dipercaya dapat membawa pengaruh negatif bagi pemiliknya.


Berikut ini nama-nama katuranggan Perkutut lokal beserta ciri-ciri, gambar dan penjelasan tentang tuahnya:

1. Perkutut Katuranggan Banyu Mili
gambar perkutut katuranggan banyu mili
Perkutut Banyu Mili
Perkutut Banyu Mili memiliki ciri khusus pada bulu dibagian leher, dada sampai bagian duburnya terdapat belahan yang jelas dan tidak terputus.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kelancaran rejeki, ketentraman dan kemakmuran.

2. Perkutut Katuranggan Banyak Angkrem

Ciri-ciri Perkutut Banyak Angrem yaitu antara kaki belakang seperti angsa betina. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan tolak bala.

3. Perkutut Katuranggan Batu Rante
gambar perkutut katuranggan batu rante
Perkutut Batu Rante
Perkutut katuranggan Batu Rante memiliki ciri khusus pada bagian sisik kakinya yang terlihat menonjol atau timbul. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan kadigdayan.

4. Perkutut Katuranggan Bodronoyo
gambar perkutut katuranggan badranaya / badranaya
Perkutut Bodronoyo
Perkutut Bodronoyo memiliki ciri khusus pada bagian kepalanya yang selalu mendongak ke atas. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan pengayoman.

5. Perkutut Katuranggan Blorok / Blurik / Blandong
gambar perkutut blorok
Perkutut Blorok
Perkutut Blorok memiliki ciri khusus terdapat bulu-bulu berwarna putih dibeberapa bagian tubuhnya, dan bulu-bulu putih tersebut tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memilki tuah untuk kerejekian.

6. Perkutut Katuranggan Blorok Sono
gambar perkutut blorok sono
Perkutut Blorok Sono
Perkutut Blorok Sono memiliki ciri khusus terdapat bulu-bulu berwarna krem / coklat muda di antara bulu-bulunya yang berwarna normal. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian.

7. Perkutut Karuranggan Blorok Ketek

Perkutut ini memiliki ciri khusus terdapat lurik dobel pada satu bulu yang terdapat di semua bagian tubuhnya.

8. Perkutut Katuranggan Brahma Kala

Perkutut Brahma Kala memiliki ciri khusus pada kuku-kukunya yang panjang dan tajam serta berwarna putih bening. Perkutut ini dinilai kurang baik untuk dipelihara karena dipercaya dapat membawa malapetaka.

9. Perkutut Katuranggan Brahma Suku

Perkutut Brahma Suku memiliki ciri khusus pada bulu-bulu tubuhnya yang berwarna kemerah-merahan. Perkutut ini dinilai kurang baik untuk dipelihara karena dipercaya dapat membawa sial dan penyakit.

10. Perkutut Katuranggan Brahma Sulur

Perkutut Bromo Sulur memiliki ciri khusus berupa usus yang menjulur keluar dari duburnya (ambeien). Perkutut ini dinilai kurang baik dipelihara karena dipercaya dapat membawa penyakit.

11. Perkutut Katuranggan Brahma Susur

Perkutut Bromo Susur memiliki ciri khusus terdapat bulu-bulu yang melintir berbentuk seperti ulir dan bulu ini tetap akan tumbuh lagi setelah proses mabung atau tercabut. Perkutut ini dinilai kurang baik untuk dipelihara karena dapat mendatangkan banyak rintangan bagi pemiliknya.

12. Perkutut Katuranggan Brahma Kukup

Perkutut Bromo Kukup memiliki ciri khusus terdapat bulu-bulunya berwarna keputih-putihan dari kepala sampai ekornya. Perkutut ini dinilai kurang baik untuk dipelihara karena dipercaya dapat membawa sial.

13. Perkutut Katuranggan Brahma Labuh Geni
gambar perkutut katuranggan bromo labuh geni
Perkutut Brahma Labuh Geni (Bromo Labuh Geni)
Perkutut Brahma Labuh Geni memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya yang berwarna kemerah-merahan tapi tidak merata, dan bulu-bulu merah tersebut tidak hilang setelah proses mabung. Perkutut ini dinilai tidak baik untuk dipelihara karena dipercaya dapat mendatangkan musibah dan kesialan.

14. Perkutut Katuranggan Brumbun Kendit

Perkutut Brumbun Kendit memiliki ciri khusus terdapat bulu putih berderet dari kanan ke kiri pada tekong atas, tapi bulu putih tersebut kadang tidak terlihat karena tertutup oleh bulu di atasnya. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk tolak bala.

15. Perkutut Katuranggan Buntel Mayit
gambar perkutut katuranggan buntel mayit
Perkutut Buntel Mayit
Perkutut Buntel Mayit memiliki ciri khusus pada salah satu sayapnya terdapat satu helai bulu besar berwarna putih, dan bulu putih tersebut tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

Banyak yang beranggapan jika Perkutut Buntel Mayit tidak baik untuk dipelihara, padahal sebetulnya Perkutut ini sangat baik dipelihara tapi sifatnya pemilih.

Jika cocok maka orang yang memelihara Perkutut Buntel Mayit akan cepat meningkat derajatnya atau kondisi ekonominya, tapi jika tidak cocok tuahnya tidak akan berfungsi.

16. Perkutut Katuranggan Cawan Mas

Ciri Perkutut ini jika dipegang bulunya akan membentuk huruf (V) atau ketika berjalan terlihat seperti huruf (J) melengkung. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian.

17. Perkutut Katuranggan Cemoro

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya yang tanpa lurik atau seperti rambut, tidak kempel tapi pecah-pecah.

18. Perkutut Katuranggan Cendolo Sabdo
gambar perkutut katuranggan cendolo sabdo / cendala sabda
Perkutut Cendolo Sabdo
Perkutut Cendolo Sabdo memiliki ciri khusus terdapat sehelai bulu kecil berwarna putih pada sayap bagian luar. Bulu putih ini tidak akan hilang setelah proses mabung atau tercabut. Perkutut ini dinilai kurang baik untuk dipelihara.

Tapi sebetulnya Perkutut Cendolo Sabdo memiliki makna sebagai nasehat bagi pemiliknya agar bisa menjaga ucapannya. Dan bagi yang kuat tuahnya sangat baik untuk meningkatkan derajat atau kedudukan.

19. Perkutut Katuranggan Gendowo Sabdo
gambar perkutut katuranggan gendowo sabdo / gendawa sabda
Perkutut Gendowo Sabdo
Perkutut Gendowo Sabdo memiliki ciri khusus terdapat bulu berwarna putih dibagian lehernya. Bulu putih tersebut tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman.

20. Perkutut Katuranggan Gotong Mayit

Perkutut Gotong Mayit memiliki ciri khusus pada kedua sayapnya terdapat 3 helai bulu besar berwarna putih. Bulu-bulu putih tersebut tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut. Perkutut ini dinilai kurang baik untuk dipelihara.

21. Perkutut Katuranggan Jambul Garuda
gambar perkutut katuranggan garuda krida / jambul garuda
Perkutut Garuda Krida / Jambul Garuda
Perkutut Jambul Garuda atau Garuda Krida memiliki ciri khusus pada bagian kepala belakang terdapat jambul seperti burung garuda. Jambul tersebut tidak hilang setelah proses mabung.

Perkutut ini dinilai sangat baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan pengayoman.

22. Perkutut Katuranggan Junjung Derajat
gambar perkutut katuranggan junjung drajat
Perkutut Junjung Drajat
Perkutut Junjung Drajat memiliki ciri khusus terdapat bulu putih dipangkal paha bagian bawah dan bulu putih tersebut tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan derajat atau status sosial pemiliknya.

23. Perkutut Katuranggan Kalung Usus
gambar perkutut katuranggan kalung usus / kalung kemben
Perkutut Kalung Usus / Kalung Kemben
Perkutut Kalung Ususu atau Kalung Kemben memiliki ciri khusus pada luriknya yang nyambung dibagian bawah leher atau temboloknya.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan kharisma dan untuk kerejekian.

24. Perkutut Katuranggan Kantong Semar
gambar perkutut katuranggan kantong semar
Perkutut Kantong Semar
Perkutut Kantong Semar memiliki  ciri khusus pada bagian lehernya yang pendek dan temboloknya melembung ke depan.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara  karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, kerejekian dan pengayoman.

25. Perkutut Katuranggan Kusumo Wicitro
gambar perkutut katuranggan kusumo wicitro / kusuma wicitra
Perkutut Kusumo Wicitro
Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bagian paruh dan sisik kakinya yang berwarna keputih-putihan. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan kharisma yang akan membuat pemiliknya disukai oleh banyak orang.

26. Perkutut Katuranggan Kol Buntet
gambar perkutut katuranggan cemani kol buntet
Perkutut Cemani Kol Buntet
Perkutut Kol Buntet memiliki ciri khusus pada ules bulunya yang berwarna hitam dan lurik pada bagian leher, dada sampai duburnya nyambung atau tepung. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan tolak bala.

27. Perkutut Katuranggan Kaki Bebek
gambar perkutut katuranggan kaki bebek
Perkutut Kaki Bebek
Perkutut Kaki Bebek memiliki ciri khusus pada jari-jari kakinya yang saling menempel atau terdapat selaput seperti kaki bebek. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk memperluas pergaulan.

28. Perkutut Katuranggan Kembang Kantil

Perkutut Kembang Kantil memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang berjumlah 10 lembar dan jumlah bulu ekor tersebut tidak berubah setelah proses mabung.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan kharisma dan untuk pengasihan.

29. Perkutut Katuranggan Kelabang Kapipit
gambar perkutut katuranggan kelabang kepipit
Perkutut Kelabang Kapipit
Perkutut Klabang Kepipit atau Sengkolo Kepipit memiliki ciri khusus pada bagian dalam sayapnya jika direntangkan terdapat bulu kecil berwarna putih, dan bulu putih tersebut tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut ini dinilai kurang baik untuk dipelihara karena dapat mengundang masalah dalam keluarga sehingga sering terjadi pertengkaran.

30. Perkutut Katuranggan Korowelang
gambar perkutut katuranggan korowelang
Perkutut Korowelang
Perkutut  ini memiliki ciri khusus pada bulu-bulu dibagian sayap dan ekornya terdapat garis-garis hitam melintang, dan ules ini tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, perlindungan dan tolak bala.


31. Perkutut Katuranggan Keruk Bumi
gambar perkutut katuranggan keruk bumi
Perkutut Keruk Bumi
Perkutut Keruk Bumi atau Ciker memiliki ciri khusus pada jari-jari kakinya yang melengkung / menekuk ke dalam. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kemakmuran dan tolak bala.

32. Perkutut Katuranggan Ketitiran

Perkutut Ketitiran memilikki ciri khusus pada suaranya yang kecil, kuat dan keras bunyinya kikikikikik. Ciri lainnya terdapat pada bagian ekornya yang miji-miji atau tidak mengumpul.

33. Perkutut Katuranggan Kidang Kencono
gambar perkutut katuranggan kidang kencono / kidang kencana
Perkutut Kidang Kencono
Parkutut Kidang Kencono atau Kidang Mas memiliki ciri khusus pada ulesnya yang berwarna keemasan bercampur kehijauan dan kemerahan, sehingga saat terkena sinar matahari bulu-bulunya tampak berkilauan.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk membantu pemiliknya agar bisa mencapai kemakmuran dan kejayaan.

34. Perkutut Katuranggan Kuther

Ciri Perkutut ini, yaitu tidak memiliki jari atau kakinya patah. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk tolak bala.

35. Perkutut Katuranggan Larasati
gambar perkutut katuranggan larasati
Perkutut Larasati
Perkutut ini memiliki ciri khsus pada bagian alis matanya yang berwarna kekuningan dan bulu-bulu halus yang terdapat pada pangkal ekor / duburnya juga berwarna kuning merata seperti burung trucukan. Ules ini tidak hilang setelah proses mabung.

Perkutut katuranggan Larasati dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman dan kebahagiaan rumah tangga.

36. Perkutut Katuranggan Lembu Rawan

Perkutut Lembu Rawan memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya yang dlemok-dlemok atau tumbuhnya tidak merata (brumbun). Perkutut ini dinilai tidak baik untuk dipelihara.

37. Perkutut Katuranggan Lurik Ketek

Perkutut Lurik Kethek memiliki ciri khusus pada luriknya yang tembus dari leher sampai sayap, dan lurik ini tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

38. Perkutut Katuranggan Mustikaning Manuk
gambar perkutut katuranggan mustikaning manuk
Perkutut Putih (Mustikaning Manuk)
Perkutut Putih (Mustikaning Manuk) memiliki ciri khsusus pada bagian paruh, kuku dan seluruh bulu-bulunya berwarna putih bersih tanpa lurik dengan mata merah tembus. Perkutut ini dinilai sangat baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah multi fungsi.

39. Perkutut Katuranggan Mercu Jiwo
gambar perkutut katuranggan mercujiwo / mercujiwa
Perkutut Mercu Jiwo
Perkutut Mercujiwo memiliki ciri khusus pada kornea matanya yang berwarna kuning dan bulu-bulu duburnya juga berwarna kekuningan. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, kepemimpinan dan pengayoman.

40. Perkutut Katuranggan Mego Mendung

Perkutut Mego Mendung memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya yang berwarna krem silver, ekornya berwarna hitam, luriknya kalung pethuk / tepung, mata tidak berwarna merah tapi tembus cahaya.

41. Perkutut Katuranggan Muncis
gambar perkutut katuranggan muncis
Perkutut Muncis
Ciri-ciri Perkutut Muncis, yaitu ukuran tubuhnya jauh lebih kecil dari burung Perkutut pada umumnya. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kepemimpinan dan kewibawaan.

42. Perkutut Katuranggan Noroyono
gambar perkutut katuranggan noroyono / narayana
Perkutut Noroyono
Perkutut Noroyono (Narayana) memiliki ciri khusus pada kepalanya yang selalu menunduk kebawah. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, kepemimpinan dan pengayoman.

43. Perkutut Katuranggan Ombak Segoro

Perkutut Ombak Segoro memiliki ciri khsusus pada bulu-bulu dibagian punggungnya yang bergelombang / cekung. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk memperluas pergaulan.

44. Perkutut Katuranggan Pancuran Mas
gambar perkutut katuranggan pancuran mas / pancuran emas
Perkutut Pancuran Mas
Perkutut Pancuran Mas / Pancuran Emas memiliki ciri khusus terdapat belahan pada bulu dibagian leher sampai tembolok saja atau dari tembolok sampai dubur saja. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian.

45. Perkutut Katuranggan Patok Bangkrong
gambar perkutut katuranggan patok bangkrong
Perkutut Pathok Bangkrong
Perkutut Pathok Bangkrong hanya memiliki satu kaki sejak menetas. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk tolak bala dan keteguhan hati.

46. Perkutut Katuranggan Patak Warak 
gambar perkutut katuranggan patak warak
Perkutut Pathak Warak
Perkutut Pathak Warak memiliki ciri khusus pada bagian kepalanya yang botak tanpa bulu sampai terlihat tulang kepalanya tanpa kulit dan terlihat seperti luka yang menganga. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk tolak bala, kadigdayan  dan keberanian.

47. Perkutut Katuranggan Peksi

Perkutut Peksi memiliki ciri khusus pada paruhnya yang lebih pendek dibanding burung Perkutut pada umumnya. Panjang paruhnya hanya sekitar 1 cm.

48. Perkutut Katuranggan Pendowo Mijil

Perkutut Pendowo Mijil memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang berjumlah 15 lembar dan jumlah bulu ekornya tidak berubah setelah proses mabung atau tercabut. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan meningkatkan derajat pemiliknya.

49. Perkutut Katuranggan Pedaringan Kebak
gambar perkutut katuranggan pedaringan kebak / kalung tempuk
Perkutut Pedaringan Kebak
Perkutut Pedaringan Kebak atau Kalung Tepung memiliki ciri khusus pada bulu lurik dibagian leher dan dadanya yang nyambung sempurna dari kiri ke kanan tapi tidak sampai kebagian dubur, dan lurik ini tidak hilang setelah proses mabung.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan dalam mencari rejeki dan mendatangkan kemakmuran.

50. Perkutut Katuranggan Purnomo Sidhi
gambar perkutut katuranggan purnomo sidi
Perkutut Purnomo Sidhi
Perkutut Purnomo Sidi memiliki ciri khusus pada bagian matanya yang berwarna merah jika terkena cahaya. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman dan kebahagiaan.

51. Perkutut Katuranggan Puser Bumi
gambar perkutut katuranggan puser bumi
Perkutut Puser Bumi
Perkutut Puser Bumi memiliki ciri khusus pada bagian temboloknya terdapat cekungan atau berlubang seperti puser. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan tolak bala serta bisa dijadikan sebagai Perkutut tindih.

52. Perkutut Katuranggan Rupo Cahyo
gambar perkutut katuranggan rupo cahyo / rupa cahya
Perkutut Rupo Cahyo
Perkutut Rupo Cahyo memiliki ciri khusus pada warna bulunya yang cerah keputihan seperti bercahaya, terutama pada bagian muka.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk menambah wibawa dan kharisma pemiliknya. Selain itu, Perkutut katuranggan Rupo Cahyo juga dipercaya dapat membawa ketentraman dan kebahagiaan bagi pemiliknya dan juga keluarganya.


53. Perkutut Katuranggan Rajek Wesi
gambar perkutut katuranggan rajek wesi
Perkutut Rajek Wesi
Perkutut Rajek Wesi memiliki ciri khusus pada bentuk atau susunan sisik kakinya yang menyilang tapi hanya sebagian saja atau silangnya tidak penuh dan kakinya berwarna hitam mengkilap seperti besi. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk pagar ghaib dan tolak bala.

54. Perkutut Katuranggan Rojowono
gambar perkutut katuranggan rojowono / rajawana
Perkutut Rojowono
Perkutut Rojowono (Rajawana) memiliki ciri khusus pada bentuk sisik dikedua kakinya yang menyilang penuh dengan susunan yang rapi.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan kepemimpinan, sehingga orang yang memelihara Perkutut Rojowono akan disegani dan dihormati oleh banyak orang.

55. Perkutut Katuranggan Rondo Semoyo / Rondo Tunggu Dunyo
gambar perkutut katuranggan rondo semoyo / rondo tunggu dunyo
Perkutut Rondo Semoyo
Perkutut Rondo Semoyo memiliki ciri khusus pada selaput kulit dikelopak matanya yang berwarna kuning. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan dalam mencari rejeki dan mendatangkan kemakmuran.

56. Perkutut Katuranggan Rojo Dino

Perkutut Rojo Dino memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang berjumlah 12 lembar, dan jumlah bulu ekor tersebut tidak berubah setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut katuranggan Rojo Dino dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, kepempinan, meningkatkan derajat dan untuk keselamatan.

57. Perkutut Katuranggan Songgo Ratu
gambar perkutut katuranggan songgo ratu
Perkutut Songgo Ratu
Perkutut Songgo Ratu memiliki ciri khusus erdapat terdapat bulu putih yang berdiri di atas kepalanya (jambul) seperti mahkota. Dan jambul tersebut akan tetap akan tumbuh lagi setelah proses mabung atau dicabut. Selain itu, kaki dan paruhnya berwarna kehitam-hitaman.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk menambah kewibawaan dan dapat membantu pemiliknya untuk meraih derajat yang tinggi dalam kehidupannya.

58. Perkutut Katuranggan Sumping Ratu
gambar perkutut katuranggan sumping ratu
Perkutut Sumping Ratu
Perkutut Sumping Ratu memiliki ciri khusus terdapat dua bulu berwarna putih dibagian kanan dan kiri kepalanya yang letaknya seimbang / sejajar. Bulu putih tersebut tidak hilang atau akan tumbuh lagi setelah proses mabung atau tercabut. Tuahnya untuk kharisma dan kewibawaan.

59. Perkutut Katuranggan Segoro Ngembeng

Perkutut Segoro Ngembeng  memiliki ciri khusus pada bulu-bulu dibagian lehernya yang terbelah keliling dari depan sampai belakang. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian dan memperluas pergaulan.

60. Perkutut Katuranggan Songgo Buwono
gambar perkutut katuranggan songgo buwono / sangga buwana
Perkutut Songgo Buwono
Perkutut Songgo Buwono memiliki ciri khusus terdapat bulu putih dipunggungnya, dan bulu putih tersebut tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut ini dinilai baik untuk diipelihara karena dipercaya memilik tuah untuk perlindungan, untuk pengayoman, untuk ketentraman hidup.

61. Perkutut Katuranggan Sapu Jagad

Perkutut Sapu Jagad memiliki ciri khusus terdapat bulu yang tumbuh lebih setelah ujung bulu. Dan bulu ini tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

62. Perkutut Katuranggan Satrio Pinayungan
gambar perkutut katuranggan satriyo pinayungan
Perkutut Satriyo Pinayungan
Perkutut Satrio Pinayungan memiliki ciri khusus terdapat satu helai bulu berwarna putih di atas kepalanya tepat di tengah-tengah, dan bulu putih tersebut tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, untuk perlindungan dan keselamatan bagi pemiliknya.

63. Perkutut Katuranggan Satrio Pitulungan

Perkutut Satrio Pitulungan memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang berumlah 7 lembar dan jumlah bulu ekornya tidak berubah setelah proses mabung. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk keselamatan dan memudahkan tercapainya cita-cita.

64. Perkutut Katuranggan Songgo Rewang

Perkutut Songgo Rewang memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang berjumlah 11 lembar dan jumlah bulu ekornya tidak berubah setelah proses mabung.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk membantu memudahkan pemiliknnya dalam segala urusan, sehinggan apa yang menjadi harapan atau cita-citanya akan lebih mudah tercapai.

65. Perkutut Katuranggan Satrio Pemanah

Perkutut Satrio Pemanah memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang berjumlah 13 lembar dan jumlah bulu ekornya tidak berubah setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan kharisma sehingga akan membuat pemiliknya disukai dan dihormati oleh banyak orang.

Bahkan konon, Perkutut ekor 13 memiliki daya pengasihan yang cukup kuat sehingga akan membuat pemiliknya disukai oleh banyak wanita.

66. Perkutut Katuranggan Satrio Wirang

Perkutut Satrio Wirang memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang berjumlah 16 lembar dan jumlah bulu ekornya tidak berubah setelah proses mabung atau tercabut.

Tuah Perkutut katuranggan Satrio Wirang ekor 16 adalah untuk kejayaan, keberanian, ketegasan dan jiwa kesatria sesuai dengan namanya yang menggambarkan sifat Karno.

67. Perkutut Katuranggan Satrio Wicaksono

Perkutut Satrio Wicaksono memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang berjumlah 17 lembar dan jumlah bulu ekor tersebut tidak berubah setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan, kharisma dan pengayoman. Perkutut Satrio Wicaksono lebih cocok dipelihara oleh seorang pemimpin karena sifatnya pemilih.


68. Perkutut Katuranggan Sengkang Negoro
gambar perkutut katuranggan sengkang negoro / sengkang negara
Perkutut Sengkang Negoro
Perkutut Sengkang Negoro memiliki ciri khusus pada luriknya yang nyambung dari bagian leher sampai ke bagian kepala, dan ules ini tidak hilang setelah proses mabung. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah dapat memudahkan pemiliknya untuk meraih jabatan, pangkat atau kedudukan tinggi.

69. Perkutut Katuranggan Singkir Sengkolo
gambar perkutut katuranggan singkir sengkolo / singkir sengkala
Perkutut Singkir Sengkolo
Perkutut Singkir Sengkolo memiliki ciri khusus pada kedua sayapnya yang terangkat ke atas. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan tolak bala.

70. Perkutut Katuranggan Simbar

Perkutut Simbar memiliki ciri khusus terdapat bulu putih dikakinya, dan bulu ini tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

71. Perkutut Katuranggan Sodo Lanang
gambar perkutut katuranggan sodo lanang
Perkutut Sodo Lanang
Perkutut Sodo Lanang memiliki ciri khusus pada bulu-bulunya terdapat selaput dari ujung sampai ke pangkal. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk tolak bala, untuk keteguhan hati dan memudahkan pemiliknya dalam meraih cita-cita.

72. Perkutut Katuranggan Sogok Sujen

Ciri-ciri Perkutut ini yaitu ada salah satu bulu ekornya atau bisa juga lebih (bulu primer / utama) yang warna putih, dan bulu putih ini tidak hilang setelah proses mabung.

73. Perkutut Katuranggan Songgo Langit 

Ciri-ciri Perkutut Songgo Langit yaitu berjalan menggunakan siku / lutut dan telapak kakinya menghadap ke arah atas. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan tercapainya harapan atau cita-cita.

74. Perkutut Katuranggan Suruh

Perkutut Kembang Suruh memiliki ciri khusus pada bagian dadanya yang lebar dan terlihat ada garis ditengahnya atau terdapat 3 garis sehingga membentuk seperti daun sirih.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk untuk menangkal serangan ilmu hitam, gangguan mahluk halus dan serangan hama atau wabah penyakit. Pada jaman dulu Perkutut Kembang Suruh sering digunakan sebagai sarana tolak bala.

75. Perkutut Katuranggan Surung Drajat
gambar perkutut katuranggan surung drajat
Perkutut Srung Drajat
Perkutut Surung Drajat memiliki ciri khusus terdapat sehelai bulu berwarna putih dibagian ekornya dan bulu putih tersebut tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan tercapainya cita-cita dan meningkatkan derajat pemiliknya.

76. Perkutut Katuranggan Sriwiti
gambar perkutut katuranggan sriwiti
Perkutut Sriwiti
Perkutut Sriwiti memiliki ciri khusus pada bagian lehernya yang panjang dan melengkung seperti ular kobra yang berdiri. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kesuburan, kemakmuran dan keharmonisan rumah tangga.

77. Perkutut Katuranggan Sri Kempel

Perkutut Sri Kempel memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang menumpuk dari pangkal sampai ujungnya dan kotorannya juga menumpuk di satu tempat. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian dan kemakmuran.

78. Perkutut Katuranggan Sri Mangumpel
gambar perkutut katuranggan sri mangumpel
Perkutut Sri Mangumpel
Perkutut Sri Mangumpel / Sri Mangepel memiliki ciri khusus pada semua kuku-kunya yang berwarna putih. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara dan lebih cocok untuk petani karena dipercaya memiliki tuah untuk kesuburan dan kemakmuran.

79. Katuranggan Sri Gunting
gambar perkutut katuranggan sri gunting
Perkutut Sri Gunting
Perkutut Sri Gunting memiliki ciri khusus pada bulu ekornya yang membelah menjadi dua bagian sehingga bentuknya mirip seperti gunting.

80. Perkutut Katuranggan Sri Sedono Lutut
gambar perkutut sri sedono lulut
Perkutut Sri Sedono Lulut
Perkutut Sri Sedono Lulut memiliki ciri khusus pada kuku dikedua jempolnya yang berwarna putih. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk kesuburan, kemakmuran dan kebahagiaan rumah tangga.

81. Perkutut Katuranggan Sumping

Perkutut Sumping memiliki ciri khusus terdapat bulu putih tepat di atas mata sebelah kiri atau sebelah kanan saja, dan bulu putih ini tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

82. Perkutut Katuranggan Talang Mas
gambar perkutut katuranggan talang mas / talang emas
Perkutut Talang Mas
Perkutut Talang Mas / Talang Emas memiliki ciri khusus terdapat bulu yang tumbuh terbalik, dan bulu ini tidak berubah setelah proses mabung atau tersebut. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan datangnya rejeki dan kekayaan.

83. Perkutut Katuranggan Traju Mas
gambar perkutut katuranggan traju mas / traju emas
Perkutut Traju Mas
Perkutut Traju Mas / Traju Emas memiliki ciri khusus terdapat bulu berwarna putih pada kedua sayapnya dengan letak seimbang dan berjumlah sama pada masing-masing sayapnya, berbeda dengan katuranggan Buntel Mayit yang hanya terdapat bulu putih pada satu sayapnya saja.

Tapi ada juga yang mengatakan bahwa ciri-ciri Perkutut Traju mas yaitu kakinya berwarna kekuningan. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan kemuliaan serta dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya.

84. Perkutut Katuranggan Tretes Mas
gambar perkutut katuranggan tretes mas / tretes emas
Perkutut Tretes Mas
Perkutut Tretes Mas / Tretes Emas memiliki ciri khusus pada bagian kepala dan bagian dalam sayapnya terdapat bercak-bercak kuning keemasan, dan warna keemasan (semburat karat) ini tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan dalam mencari rejeki dan kekayaan.

85. Perkutut Katuranggan Tumbak Cucukan
gambar perkutut katuranggan tumbak cucukan
Perkutut Tumbak Cucukan
Perkutut Tumbak Cucukan memiliki ciri khusus pada bagian paruhnhya yang panjang dan melengkung seperti paruh burung kolibri.

Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk menambah kewibawaan dan menjadikan pemiliknya mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

86. Perkutut Katuranggan Trukung
gambar perkutut katuranggan trukung
Perkutut Trukung
Perkutut ini tergolong unik dan sangat karena tidak memiliki brutu sejak menetas sehingga tidak ada bulu ekornya. Tuahnya untuk tolak bala.

87. Perkutut Katuranggan Udan Mas
gambar perkutut katuranggan udan mas / udan emas
Perkutut Udan Mas
Perkutut Udan Mas / Udan Emas memiliki ciri-ciri pada bulu-bulu disekujur tubuhnya yang berwarna coklat kekuningan merata dan lurik dibagian lehernya berwarna kekuningan (keemasan). Perkutut ini sangat baik dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk mendatangkan rejeki dan kekayaan.


88. Perkutut Katuranggan Wilis
gambar perkutut wilis / satrio wilis
Perkutut Satrio Wilis
Perkutut Wilis atau Satrio Wilis memiliki ciri khusus terdapat sehelai bulu berwarna putih di atas kepala bagian samping atau belakang, dan bulu putih ini tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk kerejekian dan kemakmuran.

89. Perkutut Katuranggan Wisnu Murti
gambar perkutut katuranggan wisnu murti
Perkutut Wisnu Murti
Perkutut Wisnu Murti memiliki ciri khusus pada bagian matanya yang berwarna hitam, bagian kaki dan paruhnya juga berwarna kehitaman. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan pengayoman.

90. Perkutut Katuranggan Wisnu Wicitro / Wisnu Mangenu
gambar perkutut katuranggan wisnu wicitro / wisnu wicitra
Perkutut Wisnu Wicitro
Perkutut Wisnu Wicitro memiliki cici-ciri pada bulunya yang berwarna kehitam-hitaman dan kusam meskipun setelah proses mabung.

Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk pengayoman dan kewibawaan, sehingga orang yang memelihara Perkutut ini akan memiliki kehidupan yang tentram, damai dan dihormati oleh banyak orang.


Nama-nama ciri mathi Perkutut berdasarkan sifat dan perilakunya:

1. Perkutut Banyu Panguripan

Ciri-ciri Perkutut Banyu Panguripan atau Kahuripan yaitu tidurnya selalu di atas cepuk air minumnya. Ada juga yang berpendapat bahwa yang dimaksud Perkutut Kahuripan adalah burung Perkutut yang minumnya banyak, dalam sehari bisa menghabiskan satu cepuk besar air minum.

Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman dan kemakmuran serta akan membuat pemiliknya awet muda dan jauh dari penyakit.

2. Perkutut Banjar Petung

Burung Perkutut dengan suara kuk 7. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman dan kebahagiaan keluarga.

3. Perkutut Biksu Welahan

Burung Perkutut yang bisu atau tidak pernah bersuara sama sekali. Perkutut ini dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman, kewibawaan dan memudahkan untuk meraih cita-cita.

4. Perkutut Durgo Nguwuh

Burung Perkutut yang selalu manggung pada tengah malam. Mitosnya jika memelihara Perkutut ini maka pemiliknya dan juga keluarganya akan sering mengalami sakit, sering mendapatkan halangan, sering kekurangan dalam hal rejeki dan rumah tangganya menjadi tidak harmonis.

5. Perkutut Durgo Ngerik

Burung Perkutut yang manggungnya terus menerus siang dan malam tidak kenal waktu. Mitosnya, Perkutut ini dapat menyebabkan rejeki pemiliknya seret dan rumah tangganya menjadi tidak harmonis.

6. Perkutut Gedong Mengo

Burung Perkutut yang hanya manggung antara jam 3 - 6 pagi menjelang terbitnya matahari. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan datangnya rejeki bagi pemiliknya.

Mitosnya jika memelihara burung Perkutut ini maka usaha apapun yang dilakukan pemiliknya akan membuahkan hasil sehingga rejeki akan terus mengalir.

7. Perkutut Gedong Minep

Burung Perkutut yang hanya manggung setiap jam 4 - 6 sore menjelang terbenamnya matahari. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan datangnya rejeki dan kekayaan, serta akan membawa kedamaian dan kebahagiaan bagi orang yang memeliharanya.

8. Perkutut Jogoboyo

Burung Perkutut yang tidurnya selalu didasar kandang meskipun sudah berkali-kali ganti kandang dan tangkringan. Jika di alam bebas suka tidur ditanah atau tidak bisa terbang.

Perkutut Jogoboyo dinilai baik untuk di pelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk perlindungan dan tolak bala, terutama yang sifatnya ghaib.

9. Perkutut Jujur

Burung Perkutut yang ketika berjalan ekornya naik ke atas.

10. Perkutut Lurah

Burung Perkutut yang selama hidupnya tidak pernah turun ke tanah, makan dan minumnya selalu diloloh oleh burung Perkutut lain.

Perkutut Lurah memiliki tuah untuk kewibawaan dan dipercaya bisa mendatangkan rejeki yang berlimpah bagi pemiliknya.

11. Perkutut Mujur

Burung Perkutut yang tidurnya sejajar dengan tangkringan. Perkutut Mujur dinilai baik untuk dipelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk keberuntungan dan memudahkan pemiliknya untuk meraih cita-cita.

12. Perkutut Suguh Dayoh

Burung Perkutut yang manggungnya setiap akan ada tamu datang dan menyambut tamu datang.

13. Perkutut Sihwanteyan

Burung Perkutut yang suara manggungnya ngelik bersusun.

14. Perkutut Sri Rejeki / Sri Tumpuk

Burung Perkutut yang selalu buang kotoran di satu tempat saja sehingga jika tidak dibersihkan maka kotorannya akan menumpuk seperti gunung, tidak berceceran dimana-mana seperti burung Perkutut pada umumnya.

Perkutut Sri Tumpuk dipercaya memiliki tuah untuk memudahkan dalam mencari rejeki dan mengumpulkan kekayaan serta meningkatkan derajat pemiliknya.

15. Perkutut Sri Lumbung

Burung Perkutut yang tidurnya selalu di atas tempat pakan. Perkutut Sri Lumbung dipercaya memiliki tuah dapat mendatangkan kemakmuran.

16. Perkutut Tindih

Burung Perkutut yang ketika bunyi sekali doubel atau hanya dua kali ada jeda, sekali bunyi dua kali tersebut pertama kuk tujuh dan kedua kalinya kuk lima atau kuk tiga.

17. Perkutut Widonosreku

Burung Perkutut yang manggungnya terdengar bersusun-susun.

18. Perkutut Widahsana Gasti Gasti (WGG)

Burung Perkutut yang suara manggungnya keras tembus menggema ke berbagai penjuru sampai jarak yang sangat jauh atau mantul seperti ada dimana-mana.

Perkutut Widahsono Gosta Gasti di nilai baik untuk di pelihara karena di percaya memiliki tuah untuk ketentraman, untuk kebahagiaan, untuk pengayoman dan keseimbangan hidup.


Tangguh Perkutut dan ciri-cirinya:

1. Perkutut Tangguh Bali

Ciri-cirinya: Warna bulu (ulesnya) kebiruan sampai bagian genta dan kelopak matanya berwarna orange.

2. Perkutut Tangguh Demak

Ciri-cirinya: Warna kaki kemerah- merahan sampai bagian genta dan kelopak matanya.

3. Perkutut Tangguh Majapahit

Ciri-cirinya: Warna bulunya (ulesnya) kehijauan (nyamber lilin) sampai pada kaki, genta dan kelopak matanya.

4. Perkutut Tangguh Mataram

Ciri-cirinya: Warna kakinya keputih-putihan sampai ke bagian genta dan kelopak matanya. Ciri lain dari Perkutut tangguh Mataram yaitu paruhnya relatif pendek.

5. Perkutut Tangguh Pajajaran

Ciri-cirinya: Warna bulunya (ulesnya) semu ungu, dari bulu badan, kaki, sampai genta dan kelopak matanya.

6. Perkutut Tangguh Pajang

Ciri-cirinya: Warna kaki dan bulunya blawuk sampai genta dan kelopak matanya.

7. Perkutut Tangguh Sedayu

Ciri-cirinya: Warna kakinya putih semu kelabu sampai bagian genta dan kelopak matanya. (Genta adalah bulu pada bagian bawah paruh yang melingkar sampai pangkal leher burung Perkutut).

8. Perkutut Tangguh Tuban

Ciri-cirinya: Bulu berwarna semu merah hati, dan bulu ini tidak akan berubah setelah proses mabung.


Demikian sedikit informasi tentang nama-nama katuranggan dan ciri mathi Perkutut lengkap dengan gambar dan penjelasan tentang tuahnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Katuranggan dan ciri mathi Perkutut lengkap dengan gambar beserta penjelasan tentang tuahnya"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: