Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

5 Perkutut Katuranggan Pembawa Ketentraman dan Kebahagiaan

gambar 5 perkutut katuranggan pembawa kebahagiaan
Ilustrasi

Hartalangit.com – Dalam dunia Tosan Aji dikenal beberapa dhapur Keris yang dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman dan kebahagian rumah tangga, seperti Keris Tilam Upih, Keris Tilam Sari dan Keris Sepang.

Dalam tradisi kekututan juga dikenal beberapa jenis Perkutut katuranggan yang dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman dan kebahagiaan keluarga.

Tapi tentunya ada petuah-petuah bijak dibalik kepercayaan tentang adanya tuah pada Keris pusaka dan Perkutut katuranggan yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup.

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang beberapa jenis Perkutut katuranggan yang dipercaya dapat membawa ketentraman dan kebahagiaan bagi orang yang memeliharanya.


Berikut ini 5 Perkutut katuranggan pembawa ketentraman dan kebahagiaan:

1. Perkutut Widahsana Gasta Gasti

Perkutut Widahsono Gosta Gasti memiliki ciri khusus pada suara manggungnya yang keras dan menggema ke berbagai penjuru sampai jarak yang sangat jauh, sehingga suaranya terdengar seperti ada dimana-mana.

Karakter suaranya begitu lembut dan senggang dengan irama yang mengalun indah khas perkutut lokal.
Perkutut Widahsono Gosta Gasti di nilai baik untuk di pelihara karena di percaya memiliki tuah untuk ketentraman, untuk kebahagiaan, untuk pengayoman dan keseimbangan hidup.

2. Perkutut Larasati

Perkutut katuranggan Larasati termasuk salah satu jenis katuranggan Perkutut lokal yang sangat langka dan sulit ditemukan.

Perkutut ini memiliki ciri khusus pada bulu-bulu dibagian duburnya yang berwarna kuning seperti burung kutilang atau burung trucukan. Dan pada bagian alis matanya juga berwarna kekuningan.

Bulu-bulu berwarna kuning tersebut akan tetap tumbuh dengan warna yang sama jika di cabut atau setelah proses mabung, dan tidak akan luntur meskipun sudah berkali-kali di mandikan.

Perkutut katuranggan Larasati dinilai baik untuk dipelihara dan cocok dipelihara oleh siapa saja karena sifatnya tidak pemilih. Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk ketentraman dan kebahagiaan sesuai dengan arti namanya.

Larasati berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa, yaitu Laras yang artinya seimbang atau harmonis dan Ati yang artinya hati atau perasaan. Jadi, Larasati bisa di artikan keseimbangan hati, atau selaras dengan hati.


3. Perkutut Purnomo Sidhi

Perkutut katuranggan Purnomo Sidhi memiliki ciri khusus pada bagian matanya yang berwarna merah jika terkena sinar.

Perkutut ini dipercaya memiliki tuah untuk menambah kewibawaan dan kharisma pemiliknya, sehingga orang yang memelihara Perkutut Purnomo Sidhi akan disukai dan dihormati oleh banyak orang.

Perkutut katuranggan Purnomo Sidi juga dipercaya dapat membawa ketentraman dan kebahagiaan bagi pemiliknya beserta keluarganya.

"Purnomo" artinya "Bulan purnama", sedangkan "Sidi" dalam bahasa sansekerta artinya "Bulat atau sempurna". Jadi, Purnomo Sidi artinya adalah Bulan Purnama Penuh.


4. Perkutu Rupo Cahyo

Perkutut katuranggan Rupo Cahyo memiliki ciri khusus pada warna bulunya yang tampak cerah seperti memancarkan cahaya, terutama dibagian muka atau kepalanya. Jika dipandang, Perkutut ini tampak begitu menyenangkan karena terlihat sangat berkharisma.

Rupo Cahyo artinya serupa atau seperti cahaya, dari kata "Rupo" yang artinya serupa dan "Cahyo" yang artinya "cahaya".

Perkutut katuranggan Rupo Cahyo dipercaya memiliki tuah untuk kewibawaan dan kharisma. Selain itu, Perkutut katuranggan Rupo Cahyo juga dipercaya dapat mendatangkan kebahagiaan dan ketentraman bagi pemiliknya beserta keluarganya.

Perkutut katuranggan Rupo Cahyo di anjurkan dipelihara oleh orang yang rumah tangganya sering mengalami pertengkaran dan kesusahan, karena energi positif dari Perkutut ini akan mempengaruhi pikiran dan suasana hati penghuni rumah, sehingga akan menjadikan suasana rumah tangga menjadi tentram dan bahagia.


5. Perkutut Kusumo Wicitro

Perkutut katuranggan Kusumo Wicitro memiliki ciri khusus pada bagian paruh dan sisik kakinya yang berwarna keputih-putihan.

Perkutut ini dinilai baik untuk di pelihara karena dipercaya memiliki tuah untuk menambah kewibawaan dan kharisma serta dapat membawa kebahagiaan dan ketentraman bagi pemiliknya.

Kususmo artinya kembang / bunga, sedangkan Wicitro artinya citra / rupa. Jadi, Kusumo Wicitro bisa di artikan serupa dengan bunga.

Perkutut katuranggan Kusumo Wicitro adalah simbol harapan agar pemilik Perktut ini bisa menjadi orang yang terpandang dan disukai oleh banyak orang serta memiliki kehidupan yang tentram dan bahagia.


Demikian sedikit informasi tentang 5 Perkutut katuranggan pembawa ketentraman dan kebahagian yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "5 Perkutut Katuranggan Pembawa Ketentraman dan Kebahagiaan"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka: