Advertisement

Ciri-ciri dan tuah Perkutut katuranggan Purnomo Sidi

perkutut purnomo sidi - harta langit
Ilustrasi Perkutut Katuranggan Purnomo Sidi

Hartalangit.com - Perkutut adalah jenis burung yang memiliki banyak keistimewaan dibanding burung-burung jenis lainnya, terutama Perkutut lokal. Selain banyak dipelihara untuk dinikmati suara anggungannya yang merdu, Perkutut lokal juga sering dipelihara untuk dijadikan semacam pusaka atau ageman karena burung dipercaya memiliki tuah tertentu berdasarkan ciri mathi atau katuranggannya.

Ada banyak sekali jenis katuranggan burung Perkutut lokal yang dipercaya dapat membawa perubahan positif pada kehidupan pemiliknya. Salah satu jenis Perkutut katuranggan yang dinilai baik untuk dipelihara adalah Perkutut katuranggan Purnomo Sidi.


Bagi para penggemar burung Perkutut lokal, terutama yang percaya pada ciri mathi/katuranggan pasti sudah tidak asing dengan Perkutut katuranggan Purnomo Sidi yang memiliki ciri khusus pada bagian matanya yang berwarna merah.

Perkutut Purnono Sidi dipercaya memiliki tuah untuk menambah kewibawaan dan kharisma pemiliknya, sehingga orang yang memiliki burung Perkutut ini akan disukai dan dihormati oleh banyak orang.

Tuah Perkutut katuranggan Purnomo Sidi juga dipercaya dapat membawa kebahagiaan bagi pemilik dan keluarganya, seperti halnya sinar bulan purnama yang dapat membuat suasana malam menjadi terang dan indah.

"Purnomo" artinya "Bulan purnama", sedangkan "Sidi" dalam bahasa sansekerta artinya "Bulat atau sempurna". Jadi, Purnomo Sidi artinya adalah Bulan Purnama Penuh.

Seperti halnya bulan purnama penuh yang terlihat sangat indah menghiasi langit malam dan membuat semua orang suka untuk memandangnya, begitu juga dengan tuah Perkutut katuranggan Purnomo Sidi yang dipercaya dapat menjadikan pemiliknya disukai dan dihormati oleh banyak orang karena kharismanya.


Selain itu, seperti filosofi bulan purnama yang dapat menerangi suasana malam, tuah Perkutut katuranggan Purnomo Sidi juga dipercaya dapat membuat kehidupan pemiliknya terang benderang penuh kebahagiaan.

Pada jaman dahulu, malam bulan purnama merupakan malam spesial yang ditunggu-tunggu oleh warga desa untuk keluar rumah bercengkrama dengan tetangga sampai larut malam. Sedangkan anak-anak kecil akan bermain dengan berbagai macam permainan tradisional karena pada saat itu belum ada listrik dan belum ada sarana hiburan elektronik seperti sekarang ini, sehingga kehadiran malam bulan purnama selalu ditunggu-tunggu sebagai sarana hiburan.

Malam bulan purnama memang di anggap sebagai malam yang istimewa dan sakral bagi masyarakat Jawa jaman dahulu. Maka tidak heran jika kemudian bulan purnama dijadikan sebagai nama salah satu katuranggan burung Perkutut, yaitu katuranggan Purnomo Sidi untuk menggambarkan kebahagiaan dan keceriaan.

Perkutut katuranggan Purnomo Sidi memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh Perkutut lokal pada umumnya, yaitu matanya berwarna merah jika terkena sinar. Tapi, Perkutut Purnomo Sidi yang memiliki tuah adalah Perkutut lokal alam yang matanya berwarna merah, bukan Perkutut ternak yang sudah dikawin silangkan.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri dan tuah Perkutut katuranggan Purnomo Sidi yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Ciri-ciri dan tuah Perkutut katuranggan Purnomo Sidi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: