Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Khasiat Kayu Nagasari Asli

gambar pohon nagasari / nogosari
Pohon Nagasari

Hartalangit.com – Kayu Nagasari (Nogosari) oleh sebagian masyarakat Jawa di anggap sebagai kayu bertuah yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Pohon Nagasari bisa dijumpai dibeberapa daerah di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dan Bali.

Di Jawa pohon Nagasari bisa dijumpai di area pemakaman para Raja, tokoh-tokoh dan sesepuh Negeri ini seperti di makam Imogiri, Kudus, Muria dan Kotagede.

Pohon Nagasari bisa mencapai ketinggian sekitar 30 meter dengan diameter sekitar 120 cm. Warna kayunya coklat kemerahan dan memiliki pola serat yang indah.

Daun pohon Nagasari berwarna hijau tua dengan permukaan yang halus. Bagian tepi daunnya rata dan ujung daunnya runcing. Tipe bunganya tunggal dengan mahkota berbentuk menyerupai simbol hati berwarna putih. Sedangkan buah dan bijinya berbentuk bulat memanjang.


gambar bunga dan buah nagasari
Bunga & Buah Nagasari

Karakteristik dan ciri-ciri kayu Nagasari asli:

1. Karakteristik kayu Nagasari mirip dengan kayu Jati muda karena warnanya agak mirip dengan kayu Jati. Hanya saja warna kayu Nagasari lebih cerah.

2. Teras / galih kayu Nagasari berwarna merah muda hingga merah kecoklatan. Sedangkan bagian gubal warnanya lebih muda dari bagian teras kayunya.

3. Tekstur kayu Nagasari cukup halus dan terasa licin jika diraba, tetapi dibeberapa bagian juga ada yang kasar.

4. Ada sifat yang unik dari kayu Nagasari yang sekaligus menjadi ciri khasnya, yaitu ketika ujung kayu ini dibakar tidak akan menimbulkan nyala api seperti kayu-kayu lain pada umumnya, dan ketika direndam didalam air selama sekitar 10 menit kayu ini akan mengeluarkan bulu-bulu halus.

5. Ciri khas lainnya dari kayu Nagasari yaitu tenggelam didalam air meskipun hanya serpihan kecil saja, seperti halnya kayu Stigi, kayu Dewandaru dan Galih Asem.


Semua bagian pohon Nagasari bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan, dari mulai kayu, daun, bunga dan juga buahnya.

Buah Nagasari bisa dikonsumsi dan bijinya mengandung lemak sehingga dapat dimanfaatkan untuk memasak dan untuk minyak lampu tradisonal. Minyak biji Nagasari juga dapat mengobati penyakit encok, penyakit kulit, luka memar, luka bakar dan penyakit-penyakit lainnya.

Caranya biji buah Nagasari ditumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Campuran kedua bahan tersebut kemudian di oleskan pada bagian tubuh yang sakit atau luka.

Selain bisa digunakan untuk mengobati luka luar, biji Nagasari juga bisa digunakan untuk pengobatan luka dalam. Caranya siapkan 3 - 5 biji Nagasari kemudian ditumbuk sampai halus dan masukkan ke dalam gelas.

Selanjutnya biji Nagasari yang sudah ditumbuk tersebut diseduh dengan air panas dan biarkan selama sekitar 5 menit.

Setelah 5 menit kemudian ramuan tersebut diminumkan pada penderita penyakit seperti pendarahan pada lambung, haid tidak lancar dan juga keputihan.

Bunganya bisa digunakan untuk obat tradisional karena dipercaya dapat mengobati diare, untuk aroma terapi, dapat mengobati gangguan jiwa dan penyakit-penyakit lainnya. Sedangkan bagian benang sarinya dapat digunakan untuk obat penurun panas / demam.

Tapi yang paling terkenal dari pohon Nagasari adalah bagian kayunya yang diyakini memiliki tuah ghaib dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat kayu Nagasari (Nogosari):

gambar tasbih kayu nagasari asli
Tasbeh Kayu Nagasari

1. Bisa dijadikan jimat / pusaka

Kayu Nagasari banyak dibuat menjadi tasbih, cincin, kalung, tongkat, gagang dan sarung pusaka, ornamen ruangan atau benda-benda lainnya.

Selain memiliki serat yang indah kayu Nagasari juga dipercaya memiliki khasiat supranatural yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Di antara sekian banyak jenis kayu bertuah yang ada, kayu Nagasari di anggap sebagai kayu bertuah yang memiliki tingkat kekuatan paling tinggi sehingga kayu ini banyak dicari untuk dijadikan jimat atau pusaka.

2. Untuk sarana keselamatan berkendara

Kayu Nagasari bisa digunakan sebagai sarana keselamatan berkendara, tapi tentunya harus tetap berhati-hati ketika berkendara dijalan dan selalu berdoa memohon keselamatan kepada TUHAN.

3. Untuk sarana keharmonisan rumah tangga

Selain memiliki khasiat untuk keselamatan, kayu Nagasari juga dipercaya memiliki khasiat untuk keharmonisan rumah tangga.

4. Untuk menangkal petir

Meskipun tidak ada penjelasan secara ilmiah, tapi banyak yang percaya jika kayu Nagasari memiliki khasiat untuk menangkal petir.


5. Untuk menangkal serangan ilmu hitam

Serangan ilmu hitam seperti santet sering digunakan untuk menyerang, menyakiti bahkan membunuh seseorang dengan cara ghaib atau dengan bantuan jin jahat.

Serangan ilmu hitam bisa datang kapan saja karena kita tidak pernah tahu niat jahat orang lain. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika menggunakan jimat penangkal untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.

Salah satu cara untuk menangkal serangan ilmu hitam adalah dengan menggunakan kayu Nagasari. Kekuatan ghaib ilmu santet yang bertujuan untuk menyakiti orang lain bisa ditangkal dengan kayu Nagasari karena energi positif yang ada pada kayu ini mampu membuat orang yang memilikinya terhindar dari serangan santet.

6. Untuk mengatasi kesurupan

Ada dua pendapat mengenai fenomena kesurupan. Sebagian orang menganggap bahwa kesurupan adalah perbuatan mahluk halus yang merasuki raga seseorang, namun ada juga yang berpendapat jika kesurupan tidak ubahnya seperti halusinasi saja.

Energi kayu Nagasari dipercaya dapat menetralisir energi negatif dan menyembuhkan orang yang mengalami kesurupan karena perbuatan mahluk halus yang merasuki raganya.

7. Untuk obat penurun panas

Kayu Nagasari juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang sifatnya panas. Pengobatan dilakukan dengan cara mebuat ramuan dari kayu ini untuk diminum oleh penderita.

Ramuan bisa di buat dari serbuk kayu, daun, kulit kayu, atau batang dari pohon Nagasari yang diseduh dengan air panas atau direbus.

Memang belum ada penelitian mengenai kandungan nutrisi atau senyawa pada kayu Nagasari yang membuat kayu ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tapi dari pengalaman orang-orang terdahulu, kayu Nagasari sudah banyak terbukti khasiatnya.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri kayu Nagasari asli serta khasiat dan manfaatnya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Khasiat Kayu Nagasari Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: