Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan kegunaan Galih Asem

gambar tasbih galih asem asli
Tasbih Galih Asem Asli

Hartalangit.com - Galih Asem adalah kayu bagian tengah/hati dari pohon Asem/Asam yang sudah berusia ratusan tahun sehingga teksturnya sangat keras dan berwarna hitam legam.

Pohon Asem banyak ditemukan dibeberapa wilayah di Indonesia. Tinggi pohonnya bisa mencapai 30 meter dengan diameter pohon bisa mencapai 60 - 70 cm.

Daun dan buahnya banyak dimanfaatkan sebagi campuran masakan dan sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Baca juga: Ciri-ciri kayu Kaoka/Kokka asli serta bebagai manfaatnya

Biji dari buah Asem disebut Klungsu, dan oleh sebagian masyarakat diyakini dapat digunakan untuk menolak gangguan mahluk halus, misalnya saja dengan meletakkan biji asam/klungsu sebanyak 3 - 9 butir didalam lampu mobil/motor dipercaya dapat menghindarkan kecelakaan lalu lintas yang di akibatkan oleh perbuatan mahluk halus.

Bagian hitam dari teras kayu Asam/Asem yang dinamakan Galih Asem dipercaya memiliki tuah atau khasiat untuk sarana keselamatan, menangkal gangguan jin jahat, anti tenung, guna-guna, santet dan serangan ilmu hitam lainnya.

Galih Asem juga memiliki tuah atau khasiat untuk melumpuhkan kekuatan atau kesaktian lawan, karena jika Galih Asem dipukulkan pada seseorang yang memiliki ilmu kesaktian aliran hitam maka kekuatannya akan sirna seketika itu juga.

Selain bisa digunakan sebagai jimat/pegangan, Galih Asem juga sangat bagus digunakan sebagai warangka Keris pusaka, sebab selain dapat memperindah penampilan warangka Keris karena warnanya yang poleng/belang, Galih Asem juga berfungsi untuk memperkuat energi dari Keris pusaka yang menempatinya.

Tapi perlu diketahui, hanya Keris-Keris yang memiliki energi dingin saja yang cocok menggunakan warangka dari kayu Galih Asem.

Karena jika yang diberi warangka kayu Galih Asem adalah Keris-Keris yang memiliki aura panas/keras maka aura dari Keris tersebut akan menjadi semakin keras/brangasan.

Berikut ini beberapa khasiat ampuh Galih Asem asli:

1. Untuk menambah kewibawaan dan kharisma.

2. Untuk sarana keteguhan hati.

3. Untuk sarana keselamatan.

4. Bisa digunakan sebagai alat pijat yang ampuh untuk menyerap energi negatif didalam tubuh.

5. Untuk melumpuhkan/melunturkan kesaktian lawan.

6. Untuk menambah kekuatan dari ilmu kesaktian yang telah dikuasai.

7. Sebagai media asma'/do'a-do'a tertentu seperti misalnya untuk kekuatan atau kesaktian.

Baca juga: Beberapa khasiat kayu Stigi

Galih Asem banyak dibuat menjadi tongkat, tasbih, gelang, kalung, mata cincin serta warangka dan gagang Keris karena dipercaya memiliki tuah alami yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Galih Asem yang memiliki energi supranatural tinggi yaitu yang berasal dari pohon Asem tua yang telah berumur ratusan tahun dan sebagian kayunya terlihat sudah kropos tetapi pohonnya masih tetap hidup.

Pada pohon Asam tersebut terdapat kayu yang sudah berwarna hitam legam dengan tekstur yang sangat keras yang disebut Galih Asem. Bagian inilah yang memiliki energi alami paling kuat.

Selain sangat keras dan mengkilap serta warna hitamnya tembus sampai ke dalam, Galih Asem juga tenggelam jika dimasukkan ke dalam air seperti halnya kayu Kaoka, kayu Stigi, dan kayu Dewandaru.

Ciri-ciri inilah yang membedakan Galih Asem asli dengan Galih Asem palsu sebab dipasaran banyak sekali beredar Galih Asem palsu, baik dalam bentuk tasbih, gelang, kalung, mata cincin atau benda-benda lainnya.

Galih Asem yang asli semakin lama dipakai warnanya akan semakin hitam dan mengkilap, apalagi jika dalam bentuk tasbih dan sering digunakan untuk wirid.

Jadi sebaiknya teliti dulu sebelum membeli Galih Asem agar tidak salah beli, karena Galih Asem palsu tidak memiliki khasiat atau manfaat apapun selain hanya sebagai aksesoris saja.

Galih Asem termasuk salah satu jenis kayu bertuah yang istimewa dan memiliki banyak khasiat, sehingga banyak orang yang ingin memilikinya untuk dijadikan jimat atau pegangan.

Karena peminatnya banyak dan termasuk kayu langka, maka kemudian banyak yang memalsukannya untuk mendapatkan keuntungan karena harga Galih Asem termasuk cukup mahal.

Untuk mengetagui ciri-ciri Galih Asem asli dan palsu sebetulnya cukup mudah karena perbedaannya cukup mencolok.

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara Galih Asem asli dan Galih Asem palsu:

gambar cincin galih asem asli
Cincin Galih Asem Asli

1. Galih Asem asli sangat keras dan berwarna hitam mengkilap, baik pada permukaannya maupun bagian dalamnya. Sedangkan Galih Asem palsu warna hitamnya tidak mengkilap dan bagian dalamnya tidak berwarna hitam karena warna hitamnya merupakan hasil pewarnaan sehingga tidak tembus sampai kedalam.

2. Galih Asem yang asli lebih berbobot dibanding kayu jenis lainnya dengan ukuran yang sama, dan jika dimasukkan kedalam air akan langsung tenggelam seperti logam. Sedangkan Galih Asem palsu terasa ringan dan jika dimasukkan ke dalam air akan mengambang.

3. Galim Asem asli warnanya tidak akan luntur, tapi justru akan semakin pekat dan mengkilap terutama jika dibuat tasbih dan sering digunakan untuk wirid. Sedangkan Galih Asem palsu jika sering dipegang warnanya akan menjadi pudar/luntur.

Itulah beberapa ciri-ciri yang cukup akurat untuk membedakan antara Galih Asem asli dan palsu. Jadi jika ingin membeli atau memahari Galih Asem, baik itu dalam bentuk tasbih, gelang, kalung, cincin atau yang lainnya sebaiknya teliti dulu ciri-cirinya agar tidak salah beli.

Galih Asem palsu tidak memiliki khasiat apapun karena tidak memiliki energi alami dan tidak dapat menampung atau menyimpan energi supranatural. Bahkan bisa membahayakan kesehatan karena biasanya warna hitamnya menggunakan pewarna kimia.


Demikian sedikit informasi tentang khasiat dan manfaat Galih Asem yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan kegunaan Galih Asem"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: