Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Kayu Kokka

gambar gelang kayu kokka asli
Gelang Kayu Kokka

Hartalangit.com – Kayu Kokka atau Kayu Kaukah sejak zaman dahulu sangat terkenal karena kualitasnya yang istimewa. Konon kayu ini pernah digunakan untuk membuat kapal Nabi Nuh AS, tongkat Nabi Musa AS dan tasbih Nabi Syuaib AS. Bahkan Nabi Muhammad SAW konon juga menggunakan kayu Kokka sebagai gagang pedangnya.

Kayu Kokka / Kaukah memiliki ciri khas akan tenggelam didalam air (tidak mengambang), selalu tampak berminyak dan memiliki aroma khas Kokka. Selain memiliki kualitas yang bagus, kayu Kokka juga dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat.

Kayu Kokka sangat familiar dan disukai oleh umat Muslim karena kayu ini dianggap sebagai kayu yang memiliki "derajad" paling tinggi dan memiliki manfaat yang lebih baik dibanding jenis kayu lainnya.

Oleh karena itulah kayu Kokka telah digunakan oleh para ulama sejak zaman dahulu sebagai tasbih, tongkat atau aksesoris lainnya.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat kayu Kaukah / Kokka:

1. Kayu Kokka memancarkan energi alami yang dapat menetralisir energi negatif disekitarnya. Kayu ini dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kewibawaan, untuk keselamatan dan untuk penyembuhan.

2. Menurut penelitian kayu Kokka juga mengandung zat anti kanker dan baik juga dipakai oleh orang yang menderita penyakit jantung karena dapat melancarkan peredaran darah, dapat memaksimalkan metabolisme tubuh dan dapat meningkatkan konsentrasi.

3. Kayu Kokka yang asli akan mengalami perubahan warna menjadi lebih pekat dan mengkilap dengan cepat jika dijadikan tasbih untuk berdzikir, tapi jika lama tidak digunakan untuk berdzikir maka warnanya akan menjadi pucat kembali.

4. Kayu Kokka merupakan salah satu jenis kayu yang dapat menyerap dan menyimpan energi supranatural. Oleh karena itulah kayu ini sering digunakan sebagai media untuk di isi energi supranatural dengan tujuan-tujuan tertentu.

Tapi sebetulnya kayu ini sudah memiliki energi alami meskipun tidak di asma’, apalagi jika dijadikan tasbih dan sering digunakan untuk wirid maka energinya akan semakin kuat.

Kayu Kokka / Kaukah merupakan salah satu anugrah dari ALLAH SWT yang diberikan sebagai mukjizat bagi para Nabi untuk memperoleh manfaat dan keberkahan atas izin-NYA.

Menurut cerita konon Nabi Nuh pernah membuat perahu dengan bahan dari kayu Kokka, Nabi Musa pernah menunjukkan mukjizat-nya dengan tongkat yang terbuat dari kayu Kokka ketika melawan para penyihir Raja Fir’aun, dan Nabi Muhammad SAW juga menggunakan kayu Kokka sebagai gagang pedang.

Dari kisah-kisah itulah yang membuat kayu Kokka banyak diminati untuk dijadikan aksesoris seperti gelang, cincin, kalung, tongkat, tasbih atau barang-barang lainnya.

Selain dimanfaatkan sebagai aksesoris karena keindahan serat dan warnanya, sebagian orang justru lebih tertarik dengan khasiat dan manfaat kayu Kokka, ada yang menggunakannya untuk sarana pengasihan, untuk kewibawaan, untuk keselamatan, untuk kesehatan dan untuk tujuan-tujuan lainnya.

Tapi karena peminatnya cukup banyak dan harganya juga cukup mahal sehingga menyebabkan kayu Kokka banyak dipalsukan. Jadi jika ingin membeli kayu Kokka sebaiknya kenali dulu ciri-cirinya agar tidak salah beli.

gambar tasbih kayu kokka asli
Tasbih Kayu Kokka


Berikut ini beberapa ciri-ciri kayu Kokka asli:

1. Salah satu ciri khas kayu Kokka / Kaukah yang asli, baik kayu maupun buahnya pasti akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.

2. Kayu Kaukah / Kokka yang asli rata-rata selalu memiliki retakkan, baik retak secara langsung maupun retak didalamnya. Tapi meskipun terdapat retakan, kayu Kokka asli tetap kuat dan solid sehingga tidak mudah hancur.

3. Kayu Kokka asli tidak selalu berwarna coklat, ada juga yang berwarna putih, putih kecoklatan, coklat muda, coklat tua, dan bahkan hitam legam tergantung usia dan kualitas kayunya.

4. Buah Kokka akan jatuh setelah berusia rata-rata sekitar 50 tahun lebih, tapi ada juga yang berumur beberapa puluh tahun sudah jatuh, namun kualitasnya tidak sebagus yang sudah tua.

5. Kayu Kokka asli juga ada yang tidak memiliki retakan atau tidak terlihat retakannya, tetapi tetap memiliki serat yang khas serta aroma khas kayu Kokka.

6. Kayu Kokka yang asli selalu berbau minyak khas Kokka yang tidak bisa di akali atau ditiru.

7. Kayu Kokka / Kaukah yang asli jika direndam dalam minyak goreng, minyak kemiri atau minyak non alkohol lainnya akan berubah warna menjadi coklat tua hingga kehitaman.

8. Setelah selesai direndam minyak non alkohol maka warna kayu Kokka yang asli akan kembali seperti semula secara perlahan tapi akan terlihat lebih tua dan retakannya akan semakin kelihatan. Retakkan tersebut adalah ciri khas kayu Kokka asli yang tidak terdapat pada kayu jenis lain. Tapi meskipun terlihat retakan-retakan tapi kayu ini tidak akan pecah.

9. Warna kayu Kokka yang asli tidak akan pernah luntur selamanya karena semakin lama warnanya justru akan menjadi semakin coklat tua bahkan menjadi hitam legam dan mengkilap.

gambar buah / biji kokka asli
Buah Kokka


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, khasiat, manfaat dan kegunaan kayu Kokka / Kaukah asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar kayu bertuah, bisa dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Kayu Kokka"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: