Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos Khasiat Ghaib Kayu Dewandaru

gambar pohon dewandaru
Pohon Dewandaru

Hartalangit.com - Pohon Dewandaru di anggap sebagai pohon keramat yang di sakralkan. Bagian-bagian dari pohon Dewandaru termasuk kayunya juga di anggap memiliki khasiat supranatural sehingga banyak yang menggunakannya sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu.

Kalimat Dewandaru banyak dijumpai dalam cerita pewayangan dan dalam khasanah bahasa Jawa kuno maupun bahasa Sansekerta. Dalam terminologi Jawa, pohon Dewandaru dapat di artikan sebagai pohon Pembawa Wahyu Dewa.

Maka tidak heran jika kemudian pohon Dewandaru di anggap sebagai pohon bertuah yang di anggap keramat dan penuh mitos.

Dibeberapa daerah pohon Dewandaru juga dikenal sebagai pohon belimbing londo. Pohon ini merupakan tumbuhan perdu dengan batang berbentuk bulat dan kulit kayu berwarna coklat.

Kayu Dewandaru memiliki ciri khas akan tenggelam jika di masukkan ke dalam air seperti halnya kayu Stigi dan kayu bertuah lainnya. Selain itu, kayu Dewandaru juga memiliki aroma yang khas. Ciri-ciri itulah yang membedakan kayu Dewandaru asli dengan kayu Dewandaru palsu.

Walaupun sudah tertimbun tanah selama puluhan tahun, kayu Dewandaru akan tetap memiliki "gondo lengo". Minyaknya beraroma kecut atau sedikit berminyak saat dibelah dan kayunya berwarna coklat kekuningan.

Di Indonesia, pohon Dewandaru dapat ditemukan di beberapa tempat di pulau Jawa, Sumatera dan pulau-pulau kecil lainnya. Salah satu daerah yang dikenal sebagai penghasil pohon Dewandaru terbesar adalah kepulauan Karimun Jawa dan Gunung Kawi.


Tapi menurut kepercayaan masyarakat Jawa, kayu Dewandaru dari Karimun Jawa merupakan kayu yang paling dituakan (sepuh) dan yang paling dikeramatkan.

Banyak yang percaya bahwa pohon Dewandaru merupakan pohon bertuah yang syarat dengan mitos. Mulai dari mitos tentang asal-usulnya hingga khasiat ghaibnya.

Karena kepercayaan itulah yang membuat banyak orang ingin memiliki kayu Dewandaru untuk dijadikan jimat, baik dalam bentuk tasbih, gelang, mata cincin, kalung, tongkat atau benda-benda lainnya.

Secara alami kayu Dewandaru sudah memiliki energi supranatural. Jadi meskipun tidak di asma sebetulnya kayu ini sudah memiliki khasiat. Energinya bisa diperkuat dengan amalan-amalan tertentu agar khasiatnya semakin ampuh dan multifungsi.

Kayu Dewandaru sangat cocok dijadikan tasbih karena selain memiliki energi alami, kayu ini juga dapat menyerap dan menyimpan energi supranatural dengan baik.

Jika dijadikan tasbih dan sering digunakan untuk wirid maka lama kelamaan akan terisi energi dari amalan-amalan yang dikerjakan, sehingga khasiatnya akan semakin ampuh dan selaras dengan pemiliknya.

gambar tasbih kayu dewandaru asli
Tasbih Kayu Dewandaru


Berikut ini khasiat dan manfaat kayu Dewandaru asli:

1. Aroma kayu Dewandaru dipercaya dapat menjadi sarana untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu kanuragan.

2. Kayu Dewandaru asli bisa digunakan sebagai sarana pengasihan, untuk meningkatkan kewibawaan dan kharisma serta dapat digunakan sebagai sarana tolak bala dari serangan ilmu hitam dan gangguan mahluk halus.

3. Tasbih kayu Dewandaru sangat cocok digunakan untuk wirid ketika menjalani laku tirakat atau ketika mengamalkan keilmuan tertentu.

4. Kayu Dewandaru juga cocok digunakan oleh orang yang berprofesi sebagai pedagang sebagai piranti mahabbah / penglaris.

5. Kayu Dewandaru asli bisa dibakar seperti dupa untuk menarik benda-benda pusaka dari alam ghaib.

6. Air rendaman kayu Dewandaru juga bisa diminum sebagai obat untuk menetralisir racun / bisa ular dan bisa juga digunakan untuk menyembuhkan orang kesurupan.

7. Air rendaman kayu Dewandaru juga dapat digunakan untuk tinta rajah.

9. Kayu Dewandaru bisa digunakan sebagai piandel untuk meningkatkan keberanian dan rasa percaya diri.

10. Kayu Dewandaru juga dapat digunakan untuk menghalau binatang buas dan dapat menyembuhkan luka bekas gigitan binatang berbisa seperti ular, kalajengking, kelabang dan lainnya.


Mitos dan asal-usul pohon Dewandaru:

Asal-usul pohon Dewandaru konon berawal dari Sunan Nyamplungan yang membawa kayu Dewandaru dari ayahnya (Sunan Muria) yang berbentuk tongkat alam ke Pulau Karimun Jawa.

Konon tongkat yang dibawa oleh Sunan Nyamplungan ke Karimun Jawa tersebut kemudian di tancapkan ke tanah dengan sabdanya sehingga tongkat tersebut tumbuh layaknya pohon pada umumnya dan lama-kelamaan berkembang semakin banyak di Pulau Karimun Jawa.

Petilasan bekas pohon induk Dewandaru masih bisa dijumpai di area makam Sang Wali dan saat ini sudah dipagari dengan tembok.

Menurut juru kunci makam, jika ada yang mengambil serpihan / cuilan kayu Dewandaru walaupun hanya sedikit dari pohon induk paling sepuh ini konon "iso ndadekke orak karuan" (bisa menjadikan malapetaka). Karena alasan itulah akhirnya pohon induk tersebut dikurung dengan tembok.

Kabarnya, jika kayu Dewandaru dibawa keluar dari kepulauan Karimun Jawa maka akan mendatangkan angin dan ombak besar dan bisa menenggelamkan kapal yang membawanya karena sifat kayu ini dapat mendatangkan angin dan ombak besar jika dibawa ke tengah laut seakan-akan kayu ini tidak mau dibawa keluar dari pulau tempat asalnya.

Jadi jika berniat membawa kayu Dewandaru keluar dari Pulau Karimun Jawa maka kapal yang akan membawa kayu ini harus memiliki pasak paku dari tiga kayu keramat, yaitu pasak kayu Kalimosodo dibagian depan kapal, kayu Dewandaru dibagian tengah kapal dan kayu Stigi dibagian belakang kapal.

Dengan menggunakan kapal yang memiliki tiga pasak dari kayu-kayu keramat tersebut maka sekarang para nelayan maupun warga dapat membawa kayu Dewandaru keluar dari Pulau Karimun Jawa.
Wallahua'lam bissawab.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, khasiat, manfaat dan kegunaan kayu Dewandaru asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos Khasiat Ghaib Kayu Dewandaru"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: