Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Khasiat dan Manfaat Kayu Kalimosodo Asli

gambar pohon kalimosodo / kalimasada
Kayu Kalimosodo
Hartalangit.com – Kayu Kalimosodo adalah salah satu jenis kayu bertuah yang dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat. Pohon Kalimosodo memiliki daun lebar dan kayunya cenderung ringan dengan motif / serat belang-belang hitam.

Kayu Kalimosodo termasuk jenis tumbuhan yang langka dan hanya tumbuh didaerah-daerah tertentu saja. Pohon ini bisa tumbuh didaerah rawa-rawa maupun didaratan dan banyak ditemukan di Pulau Karimun Jawa.

Biasanya kayu langka ini banyak dijadikan aksesoris seperti tasbih, gelang, kalung, cincin, tongkat atau yang lainnya, karena benda-benda yang terbuat dari kayu Kalimosodo dipercaya memiliki banyak manfaat bagi orang yang memilikinya.

Tapi kayu ini lebih cocok dijadikan tasbih untuk berzikir karena dipercaya dapat meningkatkan energi spiritual. Kayu ini juga dipercaya memiliki kemampuan untuk meyerap dan menyimpan energi supranatural sehingga banyak yang menggunakannya sebagai jimat untuk tujuan-tujuan tertentu, terutama yang berkaitan dengan hal-hal supranatural.


Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat kayu Kalimosodo (Kalimasada) asli:
gambar tasbih kalimosodo asli
Tasbih Kayu Kalimosodo
1. Meningkatkan energi spiritual

Kayu Kalimosodo sangat cocok dijadikan tasbih karena kayu ini memiliki energi alami yang bersifat teduh dan dapat membawa ketenangan batin bagi pemiliknya, sehingga orang yang memakai tasbih Kalimosodo bisa lebih khusyuk saat berdzikir.

Selain itu, kayu Kalimosodo juga dapat menyerap dan menyimpan energi supranatural dengan cukup baik dan jika sering digunakan untuk wirid maka lama-kelamaan akan terisi energi dari amalan-amalan yang dikerjakan sehingga khasiatnya akan semakin ampuh dan multifungsi.

2. Meredakan amarah

Energi kayu Kalimosodo yang bersifat teduh dapat mempengaruhi karakter pemiliknya menjadi lebih tenang, sabar, tidak mudah marah dan lebih bijaksana.

3. Untuk kewibawaan dan kharisma

Orang yang memiliki kayu Kalimosodo akan terlihat lebih berwibawa dan berkharisma sehingga akan disegani dan dihormati oleh orang-orang disekitarnya, baik kawan maupun lawan.

4. Untuk tolak bala

Kayu Kalimosodo memiliki energi alami yang mampu menangkal dan menetralisir energi negatif yang ada disekitarnya seperti serangan ilmu hitam dan gangguan mahluk halus. Apalagi jika dijadikan tasbih dan sering digunakan untuk wirid maka energinya akan semakin kuat.


Kepercayaan tentang tuah ghaib kayu Kalimosodo tentunya berkaitan dengan sejarah atau asal-usulnya yang konon berasal dari tongkat milik Kanjeng Sunan Kalijogo.

Menurut cerita, konon Sunan Kalijogo pernah meminta muridnya untuk membangun sebuah Masjid. Beliau menandai lokasi yang akan dibangun Masjid dengan menancapkan tongkatnya ditanah.

Tetenger berupa tongkat milik Sunan Kalijaga tersebut akhirnya tumbuh menjadi pohon besar yang masih ada hingga saat ini. Pohon itulah yang disebut pahon Kalimosodo.

Kalimosodo (Kalimasada) adalah kependekan dari "Kalimat Syahadat" yang merupakan rukun Islam pertama sebagai pengakuan seorang muslim bahwa "Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah".

Kanjeng Sunan Kalijogo memang memiliki kecerdasan luar bisa sehingga mampu memasukkan nilai-nilai ajaran agama Islam kedalam tradisi dan kebudayaan yang sudah melekat dalam masyarakat Jawa.

Hal itu merupakan strategi Walisongo untuk meng-Islamkan masyarakat Jawa yang pada saat itu mayoritas masih beragama Hindu.


Di kalangan masyarakat Jawa sendiri ada yang menginterpretasikan Kalimasada (Kalimosodo) sebagai singkatan dari dua kalimah syahadat dan ada juga yang menginterpretasikannya sebagai lahirnya Pancasila.

Dalam cerita pewayangan Baratayuda, Jamus Kalimosodo (Jamus Kalimasada) adalah pusaka milik Puntadewa Raja Amarta yang merupakan ksatria pertama Pandawa.

Ada yang menginterpretasikan bahwa tokoh pewayangan Pandawa Lima itu salah, tentunya anggapan tersebut tidak bisa dibenarkan dan tidak juga bisa disalahkan karena cara pandang setiap orang tidak sama.

Yang terpenting adalah jangan sampai kita kehilangan isi / makna dari Jamus Kalimosodo tersebut. Sebagai orang Jawa yang mendapatkan warisan dari leluhur berupa karya-karya adiluhung, maka seyogyanya kita bisa memaknainya dengan baik.

Pengertian Jamus Kalimosodo secara singkat adalah (Kalimo usodo atau jajampi wari gangsal), yaitu bisa dimaknai lima macam obat atau lima macam tindakan (lelampahan gangsal) yang harus dilakukan setiap orang agar mendapatkan keselamatan didunia dan di akhirat (kawilujengan).

Dari cerita itulah kemudian timbul kepercayaan tentang khasiat ghaib kayu Kalimosodo, padahal yang lebih penting adalah makna dari Kalimosodo itu sendiri yang harus dipahami dan di amalkan dalam kehidupan ini.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, khasiat, manfaat dan kegunaan kayu Kalimosodo asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar kayu bertuah dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Khasiat dan Manfaat Kayu Kalimosodo Asli"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: