Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Misteri dan Khasiat Batu Gigi Petir (Untu Bledeg)

gambar batu petir / untuk bledeg asli
Ilustrasi Batu Petir / Untu Bledeg
Hartalangit.com – Petir merupakan fenomena alam yang tidak bisa dihilangkan atau dicegah. Terjadinya Petir dapat melibatkan arus listrik yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat dan sangat berbahaya jika menyambar sesuatu.

Petir biasanya akan menyambar pada objek yang tinggi seperti pohon, tiang antena atau objek-objek lain yang paling menonjol dari permukaan tanah.

Pada jaman dulu khususnya di Jawa, banyak terdapat cerita dan mitos-mitos tentang Petir atau Bledeg. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa jaman dulu, ada bebrapa jenis Petir / Bledeg, yaitu: Bledeg Paju, Bledeg Wedang dan Bledeg Geni.

Ciri-ciri Bledeg Paju jika menyambar pohon akan menyebabkan pohon yang disambar mengalami kerusakan seperti di cacah-cacah, bahkan ada yang sampai terbelah dan pohon tersebut akan mati dalam beberapa waktu kemudian.

Ciri-ciri Bledeg Wedang jika menyambar pohon akan menyebabkan pohon yang disambar menjadi layu seperti pohon yang disiram air mendidih.

Ciri-ciri Bledeg Geni jika menyambar pohon akan menyebabkan pohon yang disambar langsung terbakar dan api berkobar diatas pohon. Pohon yang disambar Bledeg Geni akan langsung mati.

Menurut cerita orang-orang tua dulu, konon Petir atau Bledek berwujud seekor Naga dan ketika menyambar pohon seringkali giginya ada yang tertinggal menancap dibatang pohon atau tergeletak ditanah dibawah pohon yang disambar.

Banyak orang yang pernah menemukan Untu Bledek (Gigi Petir) dibawah pohon yang tersambar Petir. Bentuknya rata-rata mirip dengan gigi bagian depan dengan ukuran yang besar dan pada bagian ujungnya terkesan tajam.

Tapi jika di amati, bentuk Batu Petir atau yang sering disebut Gigi Petir / Untu Bledeg tersebut mirip dengan kapak genggam jaman purba yang terbuat dari batu.

Baca juga: Kelebihan Keris dengan pamor meteor

Batu Petir (Untu Bledeg) yang asli dipercaya memiliki banyak khasiat dan manfaat, di antaranya: untuk sarana pengobatan berbagai jenis penyakit, untuk sarana penglaris, untuk sarana keselamatan, untuk tolak bala atau pagar ghaib dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Ada juga Batu Petir yang berbentuk gulungan seperti rumput kering dan biasanya tergeletak disekitar tubuh orang yang baru tersambar Petir.

Konon benda tersebut berguna untuk mengobati orang yang tersambar Petir dengan cara di usap-usapkan ke seluruh bagian tubuh orang yang baru tersambar Petir. Biasanya orang yang tersambar Petir tersebut akan selamat dan berangsur-angsur akan sehat kembali.

Secara ilmiah, Batu Petir terbentuk karena ketika Petir mengahantam permukaan bumi maka sebagian energi yang sangat panas tersebut masuk dan bercampur dengan kandungan unsur-unsur tertentu yang ada didalam tanah.

Energi tersebut masuk melalui celah-celah terkecil atau celah cacing dan terus mengalir menguapkan partikel serta kandungan mineral yang dilaluinya (sepanjang aliran Petir) yang membentuk busa dan akhirnya membeku (mengeras) menyerupai sebuah kristal dengan bentuk yang tidak beraturan. Terkadang partikel-partikel tersebut juga sering terjebak didalam batuan padas.

Baca juga: Kisah Ki Ageng Selo Sang Penangkap Petir

Batu Petir (Fulgurite) tersebut bisa memiliki ukuran sampai beberapa meter dengan struktrur yang tergolong lunak seperti batu apung.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Batu Petir (Fulgurite) bukan merupakan batuan yang jatuh dari langit akibat adanya Petir yang menyambar, tapi terjadi dari proses penguapan dan pembekuan partikel tanah yang bercampur dengan element Petir. Batu petir tidak akan ditemukan ketika Petir menghantam objek lain selain tanah.

Meskipun ada yang mengatakan bahwa ciri-ciri Batu Petir yang asli menyerupai kristal yang bentuknya tidak beraturan, tapi anehnya rata-rata Batu Petir yang pernah ditemukan bentuknya mirip seperti gigi bagian depan yang berukuran besar atau seperti batu yang sengaja dibentuk menjadi kapak genggam dan sering ditemukan dibawah atau disekitar pohon yang tersambar Petir.

Mitosnya Batu Petir atau Untu Bledeg merupakan Gigi Petir yang patah ketika Petir menyambar pohon, sehingga batu yang bentuknya menyerupai kapak batu purba ini di anggap memiliki banyak khasiat dan manfaat serta kekuatan ghaib yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Baca juga: Khasiat dan manfaat batu Badar Besi

Banyak yang mempercayai bahwa Batu Petir merupakan benda yang turun dari langit dan memiliki kekuatan ghaib, karena turunnya batu ini selalu disertai Petir yang menyambar.

Orang-orang jaman dulu bahkan meyakini bahwa Batu Petir merupakan benda langit pemberian para Dewa yang dipercaya dapat mewujudkan keinginan seseorang dengan dibantu kekuatan doa.

Energi Petir diyakini adalah sentuhan dari Sang Penguasa alam semesta sehingga dapat membantu seseorang untuk mewujudkan keinginan atau cita-citanya, karena batu ini di anggap dapat menciptakan gelombang / resonansi antara mahluk dan kekuasaan yang lebih tinggi.

Disamping itu, Batu Petir juga memiliki pertalian yang kuat dengan elemen listrik dan api sebagai salah satu elemen pembentuk Manusia, sehingga aura atau cakra didalam tubuh Manusia dapat merasakan dan terkoneksi dengan getaran energi dari Batu Petir.

Kepercayaan tentang adanya tuah ghaib Batu Petir tidak hanya ada di Indonesia saja, bahkan di Tiongkok Batu Petir (fulgurite) sering digunakan sebagai salah satu elemen dalam penataan fengshui.

Biasanya Batu Petir sering ditanam didekat pintu, jendela, didalam kamar atau diruangan lain didalam rumah dengan maksud agar rumah dan semua penghuninya dapat terhindar dari mara bahaya.

Baca juga: Cara mudah melakukan ruwatan diri, rumah dan tempat usaha untuk buang sial

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, khasiat, manfaat dan kegunaan Batu Gigi Petir (Untu Bledeg) asli yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar batu bertuah, batu akik dan mustika dapat dibaca pada aertikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Misteri dan Khasiat Batu Gigi Petir (Untu Bledeg)"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: