Advertisement

Misteri dan khasiat Batu Petir atau Untu Bledeg

gambar batu petir atau untuk bledeg
Ilustrasi Batu Petir/Untu Bledeg

Hartalangit.com – Petir merupakan gejala alam yang tidak bisa dihilangkan atau dicegah. Terjadinya Petir dapat melibatkan arus listrik yang sangat besar dalam waktu yang sangat singkat dan sangat berbahaya jika menyambar sesuatu. Petir akan menyambar pada objek yang tinggi seperti pohon, tiang antena atau objek-objek lain yang paling menonjol dari permukaan tanah.

Baca juga: Ciri-ciri batu Mustika asli alam dan batu Mustika isian

Pada jaman dahulu khususnya di Jawa, banyak terdapat cerita dan mitos-mitos tentang Petir atau Bledeg. Menurut kepercayaan masyarakat jaman dulu, ada bebrapa jenis Petir/Bledeg, yaitu: Bledeg Paju, Bledeg Wedang, dan Bledeg Geni.

- Bledeg Paju, jika menyambar pohon maka akibatnya pohon yang disambar akan mengalami kerusakan seperti di cacah-cacah bahkan ada yang sampai terbelah dan pohon tersebut akan mati dalam beberapa waktu kemudian.

- Bledeg Wedang, jika menyambar pohon maka akibatnya pohon yang disambar akan menjadi layu seperti pohon yang disiram air mendidih.

- Bledeg Geni, jika menyambar pohon maka akibatnya pohon yang disambar akan langsung terbakar dan api berkobar diatas pohon. Pohon yang disambar Bledeheg Geni akan langsung mati.

Petir atau Bledek konon berwujud seekor Naga dan seringkali ketika menyambar pohon giginya ada yang tertinggal menancap dibatang pohon atau ditanah dibawah pohon yang disambar Petir. Banyak orang yang pernah menemukan Untu Bledek atau Gigi Petir dibawah pohon yang tersambar Petir. Bentuknya rata-rata mirip dengan gigi bagian depan dengan ukuran yang besar dan pada bagian ujungnya terkesan tajam. Tapi jika di amati, bentuk Untu Bledheg/Gigi Petir mirip dengan kapak genggam jaman purba yang terbuat dari batu.

Baca juga: Kelebihan Keris dengan pamor meteor

Batu Petir atau Untu Bledeg dipercaya memiliki beberapa khasiat, di antaranya: untuk sarana pengobatan berbagai macam penyakit, untuk sarana penglaris, untuk sarana keselamatan, untuk sarana penjagaan/pagar ghaib dan lain-lain.

Ada juga yang berbentuk gulungan rumput kering yang biasanya tergeletak disekitar tubuh orang yang tersambar petir. Benda tersebut berguna untuk mengobati orang yang tersambar petir dengan cara di usap-usapkan ke seluruh tubuh orang yang tersambar petir dan biasanya orang yang tersambar petir tersebut akan selamat dan berangsur-angsur akan sehat kembali.

Secara ilmiah, Batu Petir terbentuk karena ketika Petir mengahantam permukaan Bumi maka sebagian energi yang sangat panas tersebut masuk dan bercampur dengan kandungan didalam tanah. Energi tersebut masuk melalui celah-celah terkecil atau celah cacing dan terus mengalir dan menguapkan partikel serta kandungan mineral yang dilaluinya (sepanjang aliran Petir) yang membentuk busa dan akhirnya membeku/mengeras menyerupai sebuah kristal dengan bentuk yang tidak beraturan. Kadang juga sering terjebak didalam batuan padas.

Batu Petir bisa memiliki ukuran sampai beberapa meter dengan struktrur yang tergolong lunak seperti batu apung. Jadi bisa disimpulkan jika Batu Petir (fulgurite) bukan merupakan batuan yang  jatuh dari langit akibat adanya Petir yang menyambar, tapi terjadi dari proses penguapan dan pembekuan partikel tanah yang bercampur dengan element Petir. Batu petir tidak akan ditemukan ketika Petir menghantam objek lain selain tanah.

Tapi anehnya rata-rata Untu Bledeg bentuknya seperti gigi bagian depan yang berukuran besar atau seperti batu yang sengaja dibentuk menjadi kapak genggam dan sering ditemukan dibawah atau disekitar pohon yang tersambar petir.

Dalam kepercayaan masyarakat Indonesia, terutama masyarkat Jawa, Batu Petir atau Untu Bledheg dipercaya sebagai Gigi Petir yang patah ketika Petir menyambar pohon, sehingga batu yang bentuknya menyerupai kapak batu purba ini di anggap memiliki banyak khasiat serta kekuatan ghaib yang bisa dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan tertentu.

Banyak yang mempercayai bahwa Batu Petir merupakan benda yang turun dari langit yang memiliki kekuatan ghaib karena turunnya selalu disertai petir yang menyambar. Orang-orang jaman dulu percaya bahwa Batu Petir merupakan benda langit pemberian para Dewa sehingga dipercaya bisa mewujudkan keinginan seseorang dengan dibantu kekuatan doa.

Energi Petir diyakini adalah sentuhan dari Sang Penguasa alam semesta sehingga dapat membantu seseorang untuk mewujudkan keinginan atau cita-citanya dan dapat menciptakan gelombang /resonansi antara mahluk dan kekuasaan yang lebih tinggi. Disamping itu, Batu Petir juga memiliki pertalian yang kuat dengan elemen listrik dan api sebagai salah satu elemen pembentuk Manusia, sehingga aura atau cakra dalam tubuh Manusia dapat merasakan dan terkoneksi dengan getaran energi dari Batu Petir.

Kepercayaan akan kekuatan dan khasiat Batu Petir tidak hanya ada di masyarakat Indonesia saja, bahkan di Tiongkok, Batu Petir (fulgurite) seringkali dijadikan sebagai salah satu elemen dalam penataan fengshui dan biasanya sering ditanam didekat pintu, jendela, didalam kamar atau ruangan lain didalam rumah dengan maksud agar rumah dan semua penghuninya dapat terhindar dari mara bahaya.

Baca juga: Beberapa khasiat batu Mustika Kelapa

Demikian sedikit informasi tentang misteri dan khasiat Batu Petir atau Untu Bledeg yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar jimat dan benda-benda pusaka, dapat dibaca pada aertikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

0 Response to "Misteri dan khasiat Batu Petir atau Untu Bledeg"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: