Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Ciri dan Tuah Perkutut Katuranggan Kantong Semar

gambar perkutut katuranggan kantong semar
Ilustrasi Perkutut Katuranggan Kantong Semar
Hartalangit.com - Bagi para penggemar Perkutut lokal tentunya menjadi suatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri jika dapat memiliki Perkutut katuranggan yang langka dan unik karena tidak semua orang bisa memilikinya.

Salah satu Perkutut yang cukup langka dan unik adalah Perkutut katuranggan Kantong Semar atau Ngantong Semar. Selain langka dan unik, Perkutut Kantong Semar juga dinilai baik untuk dipelihara. Maka tidak heran jika Perkutut ini banyak dicari oleh para penggemar Perkutut katuranggan.


Perkutut katuranggan Kantong Semar adalah salah satu jenis katuranggan Perkutut lokal yang cukup langka dan banyak dicari oleh para penggemar Perkutut katuranggan.

Selain karena kelangkaan dan keunikannya, Perkutut katuranggan Kantong Semar juga dinilai baik untuk dipelihara karena tuahnya dapat membawa pengaruh positif pada kehidupan pemiliknya.

Perkutut katuranggan Kantong Semar memiliki ciri fisik yang sangat unik dan berbeda dari Perkutut pada umumnya, yaitu pada bagian tembolok / perutnya melembung atau menonjol ke depan sehingga kemudian dikaitkan dengan tokoh pewayangan Semar.

Dalam cerita pewayangan, Semar adalah tokoh penuh kharisma yang arif, bijaksana, sabar, berwibawa dan bertubuh gempal dengan perut yang besar. Dari situlah asal mula nama katuranggan Kantong Semar karena tembolok / perut Perkutut tersebut melembung kedepan seperti perut Semar.

Sedangkan "Kantong" adalah wadah/tempat untuk menyimpan sesuatu. Jadi, Kantong Semar dapat di artikan sebagai wadah / tempat yang baik untuk menyimpan atau menampung hal-hal yang sifatnya baik seperti sifat Semar.

Perkutut katuranggan Kantong Semar dipercaya memiliki tuah yang baik untuk membantu pemiliknya dalam mencari rejeki dan megumpulkan kekayaan serta menambah kewibawaan, sehingga pemilik Perkutut ini akan disegani dan dihormati oleh banyak orang.


Tapi agar bisa menjadi orang yang disegani dan dihormati tentunya bukan hanya dengan memelihara Perkutut katuranggan Kantong Semar saja tanpa memahami dan menerapkan filosofinya dalam kehidupan sehari-hari, karena makna sesungguhnya dari katuranggan Kantong Semar adalah untuk mengingatkan kita agar bisa mencontoh sifat-sifat Semar dalam cerita pewayangan.

Semar merupakan sosok yang sederhana tapi sangat dihormati, dan bahkan menjadi penasehat Pandawa karena sifatnya yang arif, bijaksana, sabar dan mengayomi.

Jika ingin disegani dan dihormati oleh orang lain maka hormatilah juga orang lain dan harus bisa menjaga sikap serta perilaku di masyarakat.

Jadilah orang yang arif dan bijaksana serta bisa mengayomi orang-orang disekitarnya seperti sifat tokoh Semar dalam cerita pewayangan. Dengan mengikuti sifat-sifat Semar maka pasti akan dihormati dan disegani oleh orang lain.

Katuranggan atau ciri mathi pada burung Perkutut selalu memiliki makna sebagai pitutur atau nasehat dari para leluhur sesuai dengan arti Perkutut itu sendiri yang merupakan singkatan dari "perkoro kang kudu ditut", atau sesutu yang harus di ikuti.

Jadi ketika memelihara Perkutut katuranggan, apapun jenis katuranggannya, alangkah baiknya untuk memahami makna atau filosofinya kemudian terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar dapat merasakan manfaatnya secara maksimal dan dapat memiliki kehidupan yang lebih baik.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, filosofi, tuah dan mitos Perkutut Kantong Semar yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Ciri dan Tuah Perkutut Katuranggan Kantong Semar"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: