Advertisement

Filosofi dan Tuah Perkutut Katuranggan Noroyono (Narayana)

gambar perkutut noroyono / narayana
Perkutut Katuranggan Narayana
Hartalangit.com – Perkutut katuranggan Noroyono (Narayana) memiliki ciri khusus pada kepalanya yang selalu menunduk kebawah serta memiliki pembawaan yang tenang.

Perkutut Noroyono termasuk jenis katuranggan yang langka dan dipercaya memiliki tuah untuk meningkatkan kewibawaan dan kharisma pemiliknya. Perkutut ini lebih cocok dipelihara oleh seorang pemimpin.

Noroyono (Narayana) adalah nama lain dari Kresna (Kresno) dalam cerita pewayangan yang memiliki makna “pelindung dan pengayom bagi semua orang”.

Perkutut katuranggan Noroyono merupakan pesan untuk para pemimpin agar dapat meniru kepemimpinan Kresna yang bisa melindungi dan mengayomi serta selalu bersikap tawadhu’ yang digambarkan dengan kepalanya selalu menunduk.

Kresna adalah contoh pemimpin yang ideal, dari sifat-sifat Kresna dapat di ambil pelajaran agar dalam menjalani kehidupan ini hendaknya kita selalu bersikap tawadhu’ atau rendah hati dalam menyikapi segala hal.

Selalu menunduk kebawah juga merupakan perlambang agar kita senantiasa belajar dari sifat bumi / tanah yang merupakan salah satu sifat dari Kresna (Bathara Wisnu).

Baca juga: 9 Perkutut katuranggan yang berkaitan dengan cerita pewayangan

gambar tokoh pewayangan kresna ( narayana )
Ilustrasi Tokoh Pewayangan Kresna
Watak Bathara Wisnu digambarkan sebagai karakter bumi yang memiliki sifat kaya akan segalanya dan suka berderma. Pemimpin yang memiliki sifat bumi adalah seseorang yang memiliki sifat kaya hati.

Dalam terminologi Jawa, kaya hati disebut “Sabardrono, Ati Jembar, Legowo dan Lembah Manah”. Itulah sifat bumi yang rela menghidupi dan menjadi sumber penghidupan bagi seluruh makhluk hidup.

Baca juga: Ciri dan Tuah Perkutut Katuranggan Puser Bumi

Bumi secara alamiah juga berwatak melayani segala yang hidup. Bumi dengan unsur tanahnya memiliki sifat dingin, tidak kagetan dan gumunan, tapi sebaliknya bersifat luwes (fleksibel), mudah beradaptasi dengan segala macam situasi dan kondisi tanpa harus merubah unsur-unsur tanahnya.

Maknanya, sekalipun seseorang bersifat mudah beradaptasi atau fleksibel, tapi tidak mudah dihasut dan tidak mudah diprovokasi karena selalu berbekal ketenangan pikiran, kebersihan hati, dan kejernihan batin dalam menghadapi berbagai macam persoalan dan perubahan.

Bumi juga selalu menempatkan dirinya dibawah menjadi alas atau pijakan bagi seluruh makhluk. Artinya, seseorang yang memiliki sifat bumi akan bersifat rendah hati namun mampu menjadi tumpuan dan harapan untuk banyak orang.

Sifat tanah juga berlawanan dengan sifat negatif api, maka hanya tanahlah yang memiliki kemampuan efektif untuk memadamkan api. Api atau nar mewakili sifat ke-aku-an yang sejatinya adalah sifat “iblis”, yaitu sifat negatif dan hawa nafsu dalam diri Manusia. Seseorang yang memiliki sifat bumi atau tanah, dia tidak akan lepas kendali dan mengikuti sifat-sifat api.

Baca juga: Mitos Perkutut Ghaib, Perkutut Jadi Ular dan Perkutut Pesugihan

Bumi dalam hukum adi kodrati memiliki prinsip keseimbangan dan pola-pola hubungan yang harmonis serta sinergis dengan kekuatan manapun. Namun demikian, pada saat tertentu bumi juga dapat berubah karakter menjadi tegas, lugas dan berwibawa. Bumi dapat melibas kekuatan apapun yang bertentangan dengan hukum-hukum keseimbangan alam.

Seseorang yang memiliki watak bumi dapat juga bersikap sangat tegas dan mampu menunjukkan kewibawaannya dihadapan para musuh dan lawan-lawan yang akan mencelakai dirinya. Akan tetapi, bumi tidak pernah melakukan tindakan indisipliner yang bersifat aksioner dan sepihak.

Ketegasan bumi merupakan bentuk akibat (reaksi) atas segala perilaku disharmoni terhadap dirinya. Tindakan tegas bumi tersebut juga disimbolkan dengan katuranggan Wisnu Murti.

Sifat-sifat bumi tersebut hendaknya dimiliki oleh seorang pemimpin, karena sifat-sifat itulah yang bisa mengantarkannya menjadi sosok pemimpin yang diharapkan. Konteksnya adalah, bagi siapapun yang ingin menjadi pemimpin, hendaknya dia bisa meniru kepemimpinan Kresno (Noroyono).

Itulah filosofi dari Perkutut katuranggan Noroyono yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup, terutama bagi para pemimpin.

Sedangkan tuah dari Perkutut katuranggan Noroyono dipercaya dapat menambah kewibawaan, untuk pengayoman dan kekuasaan, sehingga orang yang memelihara Perkutut ini akan dihormati oleh banyak orang, dapat memiliki kehidupan yang tentram dan bisa mencapai kedudukan tinggi.

Baca juga: Makna dan Tuah Perkutut Katuranggan Bodronoyo

Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, mitos, filosofi dan tuah Perkutut katuranggan Noroyono yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Video YouTube - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat

Terima kasih

Post a Comment for "Filosofi dan Tuah Perkutut Katuranggan Noroyono (Narayana)"

UNTUK PEMESANAN BENDA PUSAKA: