Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tuah Perkutut katuranggan Mercujiwo

gambar perkutut katuranggan mercu jiwo mata kuning
Perkutut Katuranggan Mercu Jiwo

Hartalangit.com - Sejak jaman dahulu hingga sekarang, Perkutut lokal selalu dikaitkan dengan mitos-mitos dan hal-hal berbau mistis yang terkadang tidak masuk akal.

Banyak yang menganggap burung Perkutut memiliki tuah yang dapat mempengaruhi kehidupan pemiliknya, ada yang dipercaya dapat membawa keberuntungan dan ada juga yang dipercaya dapat membawa kesialan atau nasib buruk tergantung dari katuranggan/ciri mathinya, dan juga kecocokannya dengan si pemilik.

Ada banyak sekali jenis katuranggan burung Perkutut lokal yang masing-masing dipercaya memiliki tuah berbeda-beda sesuai jenis katuranggannya. Ada yang tuahnya untuk kewibawaan, kerejekian, ketenteraman, perlindungan, tolak bala atau yang lainnya.


Masing-masing katuranggan Perkutut memiliki ciri tertentu yang berbeda dengan burung Perkutut pada umumnya, baik dari perilakunya maupun ciri fisiknya.

Salah satunya yang dinilai baik untuk dipelihara adalah Perkutut katuranggan Mercu Jiwo (Mercu Jiwa) yang memiliki ciri khusus pada bagian iris matanya yang berwarna kuning dan bulu pada bagian duburnya juga berwarna kekuningan.

gambar bulu dubur perkutut mercu jiwa
Ciri-ciri Perkutut Katuranggan Mercu Jiwo

Perkutut katuranggan Mercu Jiwo (Mercu Jiwa) termasuk jenis katuranggan yang cukup langka dan pemilih, artinya tidak semua orang cocok memelihara Perkutut ini.

Mercu Jiwo artinya jiwa yang luhur, dan warna matanya yang kuning menyala melambangkan kharisma, kebijaksanaan dan kebahagiaan. Jadi, Mercu Jiwo bisa di artikan "memiliki jiwa yang luhur dan bijaksana".


Makna tersirat dari katuranggan Mercu Jiwo adalah agar kita dapat memandang segala sesuatu secara bijak dengan jiwa yang luhur penuh welas asih.

Jika dilihat dari penampilannya, Perkutut katuranggan Mercu Jiwo memang memiliki kharisma tersendiri dengan mata berwarna kuning dan sorot mata yang tajam tampak sangat berwibawa.

Perkutut katuranggan Mercu Jiwo dipercaya memiliki tuah untuk manambah kharisma dan kewibawaan serta dapat membawa kebahagiaan bagi pemiliknya.

Pada jaman dulu, Perkutut Mercu Jiwo merupakan burung peliharaan Raja atau para pemimpin sebagai sarana untuk menambah kewibawaan agar lebih dihormati oleh rakyat dan bawahannya.

Selain dipercaya memiliki tuah kewibawaan dan kharisma, sebetulnya Perkutut Mercujiwo merupakan pitutur atau wejangan tersirat untuk para pemimpin.

Seorang pemimpin, harus memiliki jiwa yang luhur dan bijaksana serta harus bisa mengayomi dan bersikap adil tanpa membeda-bedakan suku, ras, golongan maupun agama.

Dengan memiliki jiwa yang luhur penuh cinta kasih, seorang pemimpin akan dihormati dan dicintai oleh rakyat dan para bawahannya dan akan mendapatkan kebahagian serta kemuliaan yang sejati.


Demikian sedikit informasi tentang mitos, filosofi dan tuah Perkutut katuranggan Mercu Jiwo yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Makna & Tuah Perkutut Katuranggan Mercu Jiwo - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tuah Perkutut katuranggan Mercujiwo"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: