Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qodar

ibadah puasa ramadhan

Hartalangit.com - Malam Lailatul Qodar adalah satu malam di bulan Ramadhan yang paling dinantikan oleh semua umat muslim. Banyak yang berharap bisa berjumpa dengan malam yang hanya datang pada saat-saat tertentu saja pada bulan Ramadan.

Tidak ada seorangpun yang tahu secara pasti kapan datangnya malam Lailatul Qodar. Tapi Rasululloh SAW telah memberikan beberapa petunjuk tentang tanda-tanda datangnya malam yang penuh kemuliaan itu.

Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa malam Lailatul Qodar lebih baik dari seribu bulan. Do'a-do'a yang dipanjatkan pada malam itu akan dikabulkan dan semua dosa yang lalu dan yang akan datang akan di ampuni oleh Allah SWT.


Tanda-tanda malam Lailatul Qodar telah dijelaskan oleh Rasululloh dalam beberapa riwayat berikut ini:

• Hadist riwayat Ubay bin Ka'b:

"Dengan tanda yang pernah Rasulullah kabarkan kepada kami, yaitu (matahari) terbit (pada pagi harinya) tanpa sinar (yang terik)"

• Hadist riwayat Ibnu Abbas:

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda tentang (tanda-tanda) Lailatul Qadr: "Malam yang mudah, indah, tidak (berudara) panas maupun dingin, matahari terbit (di pagi harinya) dengan cahaya kemerah-merahan (tidak terik)"

• Hadist riwayat Jabir bin Abdillah:

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya aku pernah diperlihatkan (bermimpi) Lailatul Qadr. Kemudian aku dibuat lupa, dan malam itu pada sepuluh malam terakhir. Malam itu malam yang mudah, indah, tidak (berudara) panas maupun dingin"

• Hadits Ubadah bin Ash Shamit:

Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Lailatul Qadr (terjadi) pada sepuluh malam terakhir. Barangsiapa yang menghidupkan malam-malam itu karena berharap keutamaannya, maka sesungguhnya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang lalu dan yang akan datang. Dan malam itu adalah pada malam ganjil, ke dua puluh sembilan, dua puluh tujuh, dua puluh lima, dua puluh tiga atau malam terakhir di bulan Ramadhan".
Dan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya tanda Lailatul Qadr adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin dan tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadr adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu"

Keutamaan malam Lailatul Qadar dan amalan-amalan yang di anjurkan untuk dikerjakan:

Adapun keutamaan Lailatul Qadr telah diterangkan dalam Al-Qur'an Surat Al-Qadr ayat 3 - 4, yang bunyinya:

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril" (QS Al-Qadr ayat 3 - 4)

Pada malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir, umat muslim di anjurkan untuk melakukan amalan-amalan sebagai betikut:

• Melakulan i'tikaf

- Sebagaimana hadits Aisyah:

"Sesungguhnya Nabi melakukan i'tikaf pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan sampai Allah mewafatkan beliau, kemudian istri-istri beliau melakukan i'tikaf setelahnya"

(Hadits yang semisal dengannya adalah hadits Abdullah bin Umar)

- Hadits lain dari Aisyah:

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersungguh-sungguh pada sepuluh malam terakhir, yang kesungguhannya tidak seperti pada waktu-waktu lainnya"

- Ada juga hadits lainnya dari Aisyah:

"Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, apabila memasuki sepuluh malam terakhir, (beliau) mengikat sarungnya, menghidupkan malamnya dan membangunkan istri-istrinya (untuk shalat malam)"

- Ibnu Katsir berkata:

"Makna perkataan Aisyah “ شَدَّ مِئْزَرَهُ “, ialah menjauhi istri (tidak menggaulinya), dan ada kemungkinan bermakna kedua-duanya (mengikat sarungnya dan tidak menggauli istri)"

• Memperbanyak do'a:

Ibnu Katsir berkata:

"Dan sangat dianjurkan (disunnahkan) memperbanyak do'a pada setiap waktu, terlebih lagi di bulan Ramadhan, dan terutama pada sepuluh malam terakhir di malam-malam ganjilnya"

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qodar yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qodar"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: