Advertisement

Ibadah tambahan di bulan Ramadhan untuk memperbanyak pahala


Harta Langit - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan karena di bulan ini semua amal ibadah kita akan di lipat gandakan pahalanya dan semua dosa akan di ampuni. Dengan puasa di bulan Ramadhan diharapkan umat muslim akan kembali suci dan menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain berpuasa, semua amal baik dan ibadah kita juga akan dilipat gandakan pahalanya, bahkan tidur siang dibulan ramadhan juga mendapat pahala. Oleh karena itu untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya dan mendapatkan ampunan atas dosa-dosa yang pernah kita perbuat sebaiknya kita perbanyak ibadah dan amalan-amalan sunnah sebagai ibadah tambahan di bulan Ramadhan yang penuh berkah.


Berikut ini ibadah dan amalan sunnah yang perlu dilakukan di bulan Ramadhan untuk menambah pahala:

- Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja. Sholat tarawih merupakan salah satu ibadah sunnah yang penting dibulan Ramadhan karena tidak hanya pahala berlipat ganda saja yang akan kita dapatkan, tapi dosa-dosa kita juga akan di ampuni.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa sholat tarawih dengan dilandasi keimanan dan mengharap pahala dari Allah maka akan di ampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhori dan Muslim).

- Tadarus Al-Qur’an

Saat bulan Ramadhan, kita di anjurkan untuk memperbanyak membaca kitab suci Al-Qur’an untuk menambah pahala karena di bulan yang penuh rahmat inilah pertama kalinya kitab suci Al-Qur’an dirturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu, kegiatan tadarus Al-Qur’an sekaligus mengkaji maknanya merupakan salah satu ibadah yang penting untuk dilakukan dibulan Ramadhan karena pahalanya akan dilipat gandakan.

Allah SWT berfirman:

"Bulan Ramadhan, bulan yang diturunkan di dalamnya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)". (QS. Al Baqarah: 185)

- Sedekah

Berbuat kebaikan adalah salah satu ibadah yang perlu di tingkatkan di bulan Ramadhan karena pahalanya jauh lebih besar dibandingkan dengan bulan-bulan biasa. Salah satunya yaitu dengan banyak bersedekah menyisihkan sebagian rejeki kita untuk orang-orang yang membutuhkan. Contohnya dengan memberikan makanan untuk berbuka puasa pada orang-orang yang kurang mampu yang berpuasa karena pahala yang kita dapatkan sama seperti pahala orang yang berpuasa.

Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa itu". (HR. Shohih Nasa’i dan Tirmidzi)

- I’tikaf

Pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, Rasulullah SAW selalu melakukan i’tikaf didalam masjid karena pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang sangat istimewa bagi umat muslim, yaitu malam lailatul qadar atau malam seribu bulan. Pada malam lailatul qadar nilai keberkahannya sama dengan seribu bulan. Menurut beberapa hadist, malam lailatul qadar akan datang pada malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Keutamaan lain dari malam lailatul qadar yaitu barang siapa yang melakukan ibadah sholat saat malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtisab, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Bahkan untuk mendapatkan keberkahan malam lailatul qadar, Rasulullah SAW mengajarkan sebuah do’a:

"Allahumma innaka ‘afuwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii"

Artinya: Ya Allah, Engkaulah pemilik ampunan dan Engkaulah Maha Pemberi Ampun. Ampunilah aku.


- Zakat Fitrah

Dari Ibnu Abbas RA, beliau berkata:

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang-orang yang berpuasa dari kesia-siaan dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan fakir miskin. Barang siapa yang menunaikannya sebelum shalat (hari raya) maka zakatnya diterima dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya sedekah di antara sedekah biasa". (HR. Abu Daud)

- Umrah

Ibadah umrah di bulan Ramdhan lebih utama dibanding ibadah umrah di bulan-bulan biasa karena pahalanya seperti ibadah haji. Oleh karena itu bagi orang-orang yang mampu sangat di anjurkan untuk menunaikan ibadah umrah saat bulan Ramadhan.

Rasulallah SAW bersabda:

"Umrah pada bulan Ramadan sama pahalanya seperti melakukan haji"


Demikian sedikit informasi tentang ibadah tambahan di bulan Ramadan untuk memperbanyak pahala. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Ibadah tambahan di bulan Ramadhan untuk memperbanyak pahala"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: