Advertisement

Kesaktian Keris Nogo Siluman yang melegenda

keris nogo siluman
Keris Nogo Siluman

Hartalangit.com - Keris Nogo Siluman adalah salah satu Keris berdhapur Naga yang cukup populer. Ciri khas pada Keris ini yaitu gandhiknya berbentuk kepala Naga bermahkota sumping dan mamakai kalung sampai sebatas leher, tapi bagian badan dan ekornya menghilang menyatu dengan bilah Keris. Selain itu ricikan lainnya adalah sraweyan, ri pandan dan greneng. Biasanya pada bagian mulut Naga juga disumpal dengan butiran emas atau batu mulia.


Filosofi Keris Nogo Siluman:

Naga Jawa biasanya digambarkan dalam wujud Naga yang mengenakan mahkota dan tanpa kaki serta ujung ekornya berbentuk kudhup bunga melati.

Naga dipercaya sebagai sosok pelindung atau pengayom, sehingga ukiran bentuk Naga sering ditemukan terdapat pada pintu gerbang atau undak-undakan tangga sebagai perlambang perlindungan dan pengayoman.

Sedangkan "Siluman" atau "Seluman" memiliki arti makhluk halus atau mahluk jadi-jadian yang dapat menghilang dan dapat berubah wujud menyerupai apapun, bisa berwujud Manusia, binatang, atau wujud lainnya. Penggunaan nama Siluman juga bisa berarti sesuatu yang tersamar, tersembunyi atau tidak terlihat.

Makna simbolis dari bentuk Keris Nogo Siluman dapat diartikan bahwa sebagai seorang pemimpin hendaknya jangan bertindak sewenang-wenang dengan menonjolkan kekuasaan atau wewenangnya karena apa yang dimilikinya adalah "Sampiraning Urip" (titipan sementara dalam hidup).

Sedangkan mulut Naga yang terbuka dan kadang disumpal dengan butiran emas atau batu mulia diyakini dapat meredam aura negatif atau energi panas dari Keris Nogo Siluman tersebut. Tapi makna sesungguhnya dari disumpalnya mulut Naga menggunakan butiran emas atau batu mulia adalah sebuah pesan bahwa sebagai Manusia pada umumnya dan khususnya seorang pemimpin harus mampu mengendalikan ucapannya sehingga semua yang keluar atau terucap dari mulutnya merupakan sesuatu yang mulia dan bermanfaat.

Masyarakat Jawa mengenal ungkapan yang berbunyi "Ajining diri soko kedaling lati", artinya kehormatan diri seseorang berasal dari ucapan atau kata-katanya.

Jika dihubungkan dengan sifat-sifat kepemimpinan, pesan yang tersirat yaitu bahwa sabda seorang pemimpin tidak boleh berubah-ubah (Sabdo pandito ratu tan keno wola-wali). Dengan demikian kemulian seorang pemimpin tercermin dari kemampuannya untuk menyelaraskan antara perkataan dengan perbuatannya.

Kesaktian Keris Nogo Siluman:

Cerita tentang kesaktian Keris Nogo Siluman memang sudah melegenda sejak jaman dahulu. Keris ini dikenal memiliki kekuatan ghaib atau kesaktian untuk menghilang, atau lebih tepatnya menyamarkan/mengelabuhi/mengalihkan pandangan musuh sehingga tidak bisa melihat keberadaan pemilik Keris Nogo Siluman (panglimunan). Oleh karena itulah Keris ini banyak menjadi piandel para pejuang kemerdekaan seperti Pangeran Diponegoro dan Jendral Soedirman.

Tuah ghaib Keris Nogo Siluman juga dipercaya dapat menghindarkan pemiliknya dari segala masalah atau selalu dapat lolos dari berbagai masalah seperti filosofi tubuh Naga yang menghilang pada bilahnya. Selain itu, tuah Keris Nogo Siluman juga dapat menambah aura kewibawaan dan kesaktian pemiliknya.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang kesaktian Keris Nogo Siluman yang melegenda. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Kesaktian Keris Nogo Siluman yang melegenda"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: