Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Rahasia dibalik Keris yang bisa berdiri sendiri

Hartalangit.com – Sejak jaman dahulu hingga sekarang Keris memang selalu identik dengan hal-hal yang berbau mistis, seperti mitos-mitos klenik seputar Keris yang kadang tidak masuk akal dan bahkan cerita-cerita sejarah masa lalu yang berkaitan dengan Keris, misalnya saja Keris Empu Gandring (Ken Arok), Keris Setan Kober (Arya Penangsang) dan masih banyak lagi kisah-kisah sejarah lainnya yang berkaitan dengan Keris selalu menceritakan tuah atau kesaktian dari sebilah Keris.

Tapi justru hal itulah yang membuat Keris menjadi istimewa dan lebih menarik dibanding senjata-senjata tradisional lainnya. Salah satu mitos tentang kesaktian Keris yang paling sering dibicarakan dan sering menjadi perdebatan adalah tentang Keris yang bisa berdiri sendiri.

keris bisa berdiri
Keris berdiri dengan landasan warangka

Bagi sebagian orang, biasanya tujuan ingin memiliki Keris adalah untuk mendapatkan tuahnya saja, bukan karena nilai seni ataupun filosofinya sehingga hal pertama yang akan di tanyakan pada penjualnya adalah hal-hal yang berbau klenik tentang Keris. Dan yang paling sering dicari atau ditanyakan adalah Keris yang bisa berdiri, karena banyak yang beranggapan jika sebilah Keris bisa berdiri berarti Keris itu memiliki kekuatan ghaib atau kesaktian.

Fenomena tentang Keris yang bisa berdiri memang seringkali menjadi perdebatan karena meskipun sering dibicarakan tapi pada kenyataannya sangat sulit dibuktikan, kecuali Keris yang berdiri menggunakan trik tertentu atau yang bisa berdiri dengan sandaran warangka misalnya, itu memang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Tapi untuk Keris yang bisa berdiri sendiri tanpa sandaran dan tanpa trik tertentu memang sangat jarang karena hanya Keris-Keris istimewa saja yang bisa seperti itu. Ada tiga versi mengenai Keris berdiri, yang pertama dengan trik, yang kedua karena keseimbangan, dan yang ketiga karena kekuatan ghaibnya.


- Keris berdiri dengan trik

Versi inilah yang banyak digunakan untuk meyakinkan orang karena sebagian besar orang yang ingin memiliki Keris tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan tuahnya. Biasanya setelah melihat keanehan dari sebilah Keris, contohnya Keris yang bisa berdiri mereka akan langsung tertarik dan lebih yakin jika Keris tersebut memiliki kekuatan ghaib tanpa memperhatikan lagi kualitas dari Keris tersebut. Trik yang sering digunakan adalah membuat papak/rata bagian ujung Keris atau ujung pesinya sehingga bisa berdiri di atas kaca atau lantai tanpa menggunakan sandaran.

keris bisa berdiri
Keris berdiri dengan trik

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan sandaran atau landasan warangkanya. Untuk cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus memiliki ilmu/kemampuan khusus karena hanya memerlukan konsentrasi untuk menyeimbangkan posisi Keris agar bisa berdiri. Untuk melakukan cara ini lebih mudah jika menggunakan Keris-Keris sepuh yang memiliki bobot ringan dan keseimbangan yang baik.

keris bisa berdiri
Keris berdiri dengan sandaran warangka

Cara lainnya yang sering membuat banyak orang takjub dan terkecoh yaitu menggunakan prewangan/jin. Jadi sebetulnya Kerisnya tidak bisa berdiri sendiri atau bahkan malah Keris baru. Tapi dengan bantuan prewangan/jin, sebilah Keris bisa dibuat berdiri. Tentu saja hal itu dilakukan oleh prewangan/jin yang tidak terlihat wujudnya sehingga yang terlihat hanya Keris yang bisa berdiri sendiri, bahkan ada yang bisa melayang-layang. Biasanya cara ini yang sering digunakan oleh paranormal untuk meyakinkan kliennya.

- Keris berdiri dengan keseimbangan

Untuk Keris-Keris tertentu yang kualitasnya di atas rata-rata memang bisa berdiri sendiri tanpa trik khusus dan tanpa sandaran. Hal itu bisa terjadi karena titik keseimbangan yang sempurna sebab Keris tersebut dibuat dengan tehnik tertentu dan perhitungan yang sangat matang sehingga dapat menghasilkan sebilah Keris dengan titik keseimbangan yang sempurna. Tapi untuk membuat Keris berdiri sendiri dengan keseimbangan dan tanpa sandaran diperlukan konsentrasi tinggi dan dilakukan didalam ruangan tertutup yang tidak ada hembusan angin, karena jika tertiup angin atau tersenggol maka Keris akan langsung jatuh/roboh.

keris bisa berdiri
Keris berdiri dengan keseimbangan

- Keris berdiri karena kekuatan ghaibnya

Keris berdiri karena kekuatan ghaibnya memang sulit untuk dibuktikan karena sangat jarang ada Keris yang bisa diberdirikan oleh siapapun tanpa trik tertentu. Keris yang bisa berdiri sendiri karena kekuatan ghaibnya adalah Keris yang memiliki khodam aktif yang kuat sehingga Keris tersebut bisa menunjukkan eksistensinya secara nyata dan bisa dibuktikan oleh semua orang.

Keris yang bisa berdiri karena kekuatan ghaibnya ada dua macam, yaitu hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu saja yang memiliki kemampuan untuk mengaktifkan kekuatan Keris atau hanya bisa disuruh berdiri oleh pemiliknya saja dan ada juga yang bisa diberdirikan oleh siapa saja tanpa harus memiliki kemampuan untuk mengaktifkan kekuatan Keris, tapi hal ini hanya berlaku untuk Keris-Keris tertentu saja (Keris istimewa). Keris yang bisa berdiri dengan kekuatan ghaibnya biasanya tidak akan jatuh meskipun tertiup angin, bahkan jika di senggol sekalipun tetap akan berdiri.

Sisi ghaib Keris memang terkadang tidak masuk akal dan hanya orang-orang yang memiliki kepekaan batin saja yang dapat merasakannya. Sekarang ini banyak orang yang memiliki Keris tapi hanya memiliki fisiknya saja karena rata-rata pemilik Keris tidak bisa selaras dengan Kerisnya.

Mendalami Keris pusaka memang cukup rumit karena ada banyak sisi dari Keris yang tidak bisa dipahami oleh sembarang orang. Mungkin setiap orang bisa memiliki Keris dengan cara pemaharan atau dengan cara lainnya, tapi tidak semua orang bisa memahami Keris. Bisa saja orang yang paham tentang eksoteri Keris ternyata tidak paham sama sekali tentang esoterinya. Atau bisa juga sebaliknya, orang yang paham tentang esoteri Keris ternyata kurang memahami eksoterinya.


Orang yang mencintai Keris dan bisa mendalami filosofinya pasti akan memiliki keseimbangan hidup, lebih bijaksana dalam segala hal, lebih religius, rendah hati, lebih menghargai orang lain, tidak menganggap dirinya yang paling hebat dan tidak akan merendahkan orang lain. Seseorang yang mampu memahami Keris pasti memiliki sifat rendah hati (andhap asor), semakin berisi semakin menunduk karena ketika melihat Keris dari luarnya saja kita sudah melihat sebuah pesan yang sangat luar biasa dari bentuk warangka dan dedernya, belum lagi filosofi dari bilah dan ricikan-ricikannya serta filosofi dari dhapur dan pamornya.

Oleh karena itu, jika ingin memiliki Keris sebaiknya jangan hanya mencari tuah atau kleniknya, jangan terobsesi untuk mencari Keris yang bisa berdiri sendiri, Keris yang bisa terbang, Keris yang bisa memadamkan api atau lampu (cungpet), Keris yang bisa menambah beras, Keris yang bisa membuat kebal atau Keris-Keris yang memiliki kesaktian lainnya karena jika hal itu yang selalu dicari maka kekecewaan yang seringkali didapat.

Pilihlah Keris dengan rasa agar nantinya kita merasa senang dengan Keris yang kita miliki apa adanya dan tidak selalu membandingkannya dengan Keris milik orang lain yang katanyan lebih bagus. Jadikan Keris milik kita sebagai klangenan dan kebanggaan karena jika kita merasa bahagia dengan memiliki Keris tersebut, itu artinya ada kecocokan dan sebetulnya hal itulah yang terpenting karena Keris tersebut dapat memberikan energi positif dalam kehidupan kita. Percuma saja memiliki Keris bagus dan mahal tapi tidak cocok dengan kita, tentunya tidak akan membawa pengaruh positif dalam kehidupan kita.

Jika kita senang/bahagia memiliki Keris tersebut, maka tanpa disadari kita akan selalu bersyukur kepada TUHAN setiap kali kita memandang atau menanting Keris itu. Dengan terus bahagia dan bersyukur maka TUHAN akan menambahkan nikmat dan karunia-NYA kepada kita.


Demikian sedikit informasi tentang rahasia dibalik Keris yang bisa berdiri sendiri yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Rahasia dibalik Keris yang bisa berdiri sendiri"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: