Advertisement

Misteri dan keampuhan Keris Setan Kober yang melegenda

keris setan kober
Ilustrasi Keris Setan Kober

Hartalangit.com - Menurut sejarah, Keris Setan Kober dibuat oleh Mpu Supo Mandrangi (Pangeran Sedayu) yang merupakan seorang Mpu Keris yang sangat terkenal pada jaman Kerajaan Majapahit. Dalam riwayatnya diceritakan bahwa Mpu Supo Mandrangi memeluk Agama Islam lalu berguru kepada Sunan Ampel dan tetap berprofesi sebagai pembuat Keris.

Baca juga: Ciri-ciri dan keistimewaan Keris tangguh Sendang Sedayu

Mpu Supo Mandrangi adalah seorang Mpu handal yang berhasil menciptakan Keris-Keris terkenal seperti Keris Kyai Sengkelat, Keris Kyai Nogososro dan Keris Kyai Brongot Setan Kober yang dibuat pada awal-awal berdirinya Kerajaan Islam Demak Bintoro.

Pada perjalanannya Keris Kyai Brongot Setan Kober kemudian diserahkan kepada Syekh Jafar Soddiq (Sunan Kudus) dan pada akhirnya diberikan kepada Adipati Jipang Panolan yaitu Arya Penangsang.

Keris Kyai Brongot Setan Kober terkenal sangat ampuh tetapi memiliki aura panas sehingga membuat pemilik Keris ini menjadi brangasan, seperti halnya Arya Penangsang yang memiliki sifat brangasan dan mudah tersulut emosinya karena terpengaruh dari perbawa Keris Kyai Brongot Setan Kober yang menjadi piandelnya.

Keris inilah yang digunakan oleh Arya Penangsang ketika bertarung dengan Sutawijaya (Senopati) yang menggunakan tombak pusaka Kyai Pleret.

Sampai saat ini keberadaan Keris Kyai Brongot Setan Kober yang asli milik Arya Penangsang tidak diketahui, sama seperti halnya Keris pusaka Mpu Gandring yang seolah lenyap tanpa jejak.

Bentuk dan ricikan Keris Kyai Brongot Setan Kober yang asli juga tidak diketahui seperti apa. Mungkin karena Keris ini telah memakan banyak korban orang-orang penting pada masa itu sehingga para Mpu tidak membuat Keris dhapur Setan Kober dengan bentuk dan ricikan yang sama dengan Keris Kyai Brongot Setan Kober asli karena dikuatirkan akan membawa sial atau malapetaka, sebab Keris Kyai Brongot Setan Kober di anggap sebagai Keris yang haus darah.

Jadi, Keris dhapur Setan Kober yang ada saat ini bukan merupakan turunan Keris Kyai Brongot Setan Kober dengan bentuk dan ricikan yang sama, tetapi Keris dengan bentuk dan ricikan berbeda dan hanya namanya saja yang sama.

Baca juga:

Karakter/sifat Keris menurut sosok ghaib/khodamnya

Kisah pertarungan Keris Sengkelat dan Keris Sabuk Inten

Demikian sedikit informasi tentang misteri dan keampuhan Keris Setan Kober yang melegenda. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Misteri dan keampuhan Keris Setan Kober yang melegenda"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: