Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Legenda Keris Condong Campur

keris condong campur
Keris Condong Campur

Hartalangit.com - Keris Condong Campur adalah salah satu Keris Pusaka milik Kerajaan Majapahit yang sangat terkenal dan banyak disebut dalam cerita legenda. Keris ini dikenal dengan nama Kanjeng Kyai Condong Campur yang merupakan salah satu dhapur Keris lurus dengan panjang bilah sedang, memakai kembang kacang, jalen, lambe gajah, dua sogokan yang menyatu sampai ujung bilah, tikel alis, greneng dan gusen.

Baca juga: Pusaka-pusaka ampuh peninggalan Kerajaan Majapahit

Filosofi Keris Condong Campur:

Keris Condong Campur merupakan perlambang dari suatu keinginan untuk menyatukan perbedaan. "Condong" artinya miring yang mengarah ke suatu titik, yang berarti keberpihakan atau keinginan. Sedangkan "Campur" artinya bersatu atau berpadu. Dengan demikian, Condong Campur adalah keinginan/cita-cita untuk menyatukan suatu keadaan tertentu.

Konon Keris Pusaka Condong Campur dibuat bersama-sama oleh seratus orang Empu dengan material bahan yang di ambil dari beberapa tempat sehingga Keris ini menjadi sebilah Keris Pusaka yang sangat ampuh tetapi memiliki watak yang jahat.

Ada sebuah cerita legenda yang menceritakan adanya pertengkaran antara beberapa Keris, dimana Keris Sabuk Inten merasa terancam dengan adanya Keris Condong Campur dan akhirnya memerangi Keris Condong Campur.

Dalam pertikaian tersebut, akhirnya Keris Sabuk Inten mengalami kekalahan. Adanya pertikaian tersebut membuat Keris Sengkelat merasa sangat tertekan dan akhirnya ikut memerangi Keris Condong Campur hingga akhirnya Keris Condong Campur kalah dan melesat ke angkasa menjadi Lintang Kemukus (komet/bintang berekor) dan mengancam akan kembali ke Bumi setiap 500 tahun sekali untuk membuat huru-hara yang dalam bahasa Jawa disebut ontran-ontran.

Cerita tersebut bukan merupakan cerita pertarungan Keris yang sesungguhnya, akan tetapi menceritakan pertikaian antara dua kaum atau kelompok masyarakat kalangan atas dan kalangan bawah pada waktu itu yang masing-masing diwakili oleh nama-nama dhapur Keris tersebut.

Baca juga:

Filosofi dan tuah Keris Sengkelat

Filosofi dan tuah Keris Sabuk Inten

Demikian sedikit informasi tentang legenda Keris Condong Campur yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar benda-benda pusaka, dapat dibaca pada artikel Harta Langit yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a comment for "Legenda Keris Condong Campur"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: