Advertisement

Do'a agar terhindar dari wabah penyakit menular dan berbahaya

doa penangkal wabah penyakit

Hartalangit.com - Belakangan ini dunia sedang digemparkan oleh virus corona (covid-19) yang sudah banyak sekali menelan korban. Penyebaran virus ini begitu cepat dan sampai saat ini belum ditemukan obatnya.

Oleh karena itu sebaiknya kita mengantisipasi penyebaran virus ini dan menjaga diri kita dengan melakukan semua anjurkan pemerintah dan jangan panik karena hal itu justru akan memperburuk keadaan.

Penularan virus ini kemungkinan besar terjadi melalui percikan dahak saat batuk atau bersin dan sentuhan kulit dengan orang yang sudah terinfeksi.

Ketika seseorang terinfeksi virus corona, maka dia akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Tapi beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak nafas akibat infeksi pada paru-paru (pneumonia).


Berikut ini beberapa cara untuk mencegah/meminimalisir penularan virus corona:

• Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun setidaknya selama 20 detik. Atau gunakan hand sanitizer setiap kali setelah melakukan kegiatan di luar rumah.

• Selalu gunakan masker saat ke luar rumah.

• Menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan serta makanan berprotein seperti ikan, telur dan daging tanpa lemak.

• Mengurangi aktifitas diluar rumah yang berinteraksi dengan banyak orang dan hindari kerumunan.

Setiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang aman dan nyaman serta terhindar dari segala macam penyakit. Untuk itu, selain harus berikhtiar dengan melakukan pencegahan, kita juga harus meminta perlindungan kepada Allah SWT karena penyakit apapun ada karena kehendak Allah SWT.

Berdo'a kepada Allah merupakan permohonan sekaligus pengakuan seorang hamba kepada Tuhan karena meskipun Allah Maha Pengatur tapi masih memberikan kesempatan bagi hamba-Nya untuk menyampaikan keinginannya. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Mu'minun ayat 60:

"Berdoalah kepada-Ku niscaya Aku kabulkan untukmu". (Q.S. Al-Mu'minun: 60)

Sebagai seorang muslim kita harus percaya pada kekuatan do'a, karena dengan berdo'a dan betikhtiar serta berserah diri kepada Allah, maka Allah akan senantiasa melindungi kita dari segala bentuk marabahaya termasuk wabah penyakit.

Ada satu do'a yang di ajarkan oleh Kanjeng Nabi Muhammad SAW agar terhindar dari berbagai jenis wabah penyakit menular dan berbahaya termasuk virus corona.

Berikut ini do'a untuk membentengi diri dari serangan wabah penyakit:

"Bismillaahirrahmaanirrahiim"

"Tahashshantu bidzil izzati wal jabaruuti watashshamtu bil mulki wal malakuuti watawakkaltu alalhayyil ladziilaayamuutu ishrif annal balaa’a wal wabaa’a innaka alaa kulli syai ing Qadiirun"

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang"

"Kubentengi diriku dengan pertolongan dzat yang memiliki kemuliaan dan kekuasaan, dan aku berpegang teguh dengan penguasa jagat raya, baik yang tampak maupun yang tak tampak, dan kuserahkan diriku kepada dzat yang maha hidup, yang tak akan mati, jauhkanlah kami dari cobaan dan wabah, sesungguhnya engkau maha kuasa atas segala sesuatu"

Amalan do'a para salaf ini sangat bermanfaat untuk penjagaan diri sendiri dan keluarga. Untuk membentengi dari virus atau penyakit-penyakit menular yang berbahaya dan mematikan. Cara pengamalannya dibaca sebanyak tiga kali setiap selesai sholat Subuh dan Maghrib, serta dibaca tiga kali setiap mau ke luar rumah.

"Bismillaahirrahmaanirrahiim"

"Allohumma innii'auudzu bika minal baroshi wal junuuni wal judzaami wa sayyi il asqoom"

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang"

"Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan keburukan segala macam penyakit". (Hadist Riwayat Abu Dawud nomor 1554)

Do'a tersebut sebaiknya dibaca setiap selesai sholat fardhu atau kapan saja sebanyak-banyaknya dalam setiap kesempatan kecuali ketika di toilet.

Jangan lupa agar membiasakan diri untuk hidup bersih dan menjaga kondisi jasmani serta rohani selalu sehat.

Baca juga:



Demikian sedikit informasi tentang do'a agar terhindar dari wabah penyakit menular dan berbahaya yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Dunia Spiritual dan Supranatural, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

0 Response to "Do'a agar terhindar dari wabah penyakit menular dan berbahaya"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: