Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Advertisement

Mitos dan Filosofi Perkutut Kelabang Kapipit

gambar perkutut kelabang kapipit
Perkutut Katuranggan Kelabang Kapipit

Hartalangit.com – Perkutut lokal memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya, karena selain memiliki suara anggungan yang merdu, Perkutut lokal juga sering dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis yang terkadang tidak masuk akal.

Selain itu, Perkutut lokal juga di anggap memiliki tuah atau angsar yang dapat mempengaruhi kehidupan orang yang memeliharanya. Ada yang dipercaya dapat membawa pengaruh baik dan ada juga yang dipercaya dapat membawa pengaruh buruk bagi pemilik dan keluarganya.

Tapi tentunya semua itu ada alasan yang mendasarinya, baik dari makna katuranggannya, dari ciri fisiknya atau dari perilakunya.


Ada beberapa jenis katuranggan atau ciri mathi Perkutut lokal yang di anggap tidak baik untuk dipelihara karena dapat membawa pengaruh negatif bagi pemiliknya. Salah satunya adalah Perkutut katuranggan Kelabang Kapipit.

Perkutut ini memiliki ciri khusus terdapat bulu berwarna putih dibagian bawah sayapnya dan bulu putih tersebut tidak hilang setelah proses mabung atau tercabut.

Perkutut Klabang Kepipit dinilai kurang baik untuk dipelihara karena akan mengundang masalah dalam keluarga, sehingga sering terjadi pertengkaran.

Tapi sebetulnya ada pesan tersirat dari Perkutut katuranggan Klabang Kapipit yang berkaitan dengan kepercayaan akan mitosnya.


Bulu putih dibawah sayap Perkutut Klabang Kepipit melambangkan ketidak jujuran atau sesuatu yang disembunyikan dari pasangan. Hal itu di ibaratkan seperti mengapit kelabang diketiak, atau menyimpan bahaya yang selalu mengancam.

Pesan yang hendak di sampaikan dari katuranggan Kelabang Kapipit, yaitu agar dalam berumah tangga sebaiknya antara suami dan istri harus mengutamakan kejujuran dan kesetiaan, karena jika ada yang disembunyikan dan kemudian terbongkar maka akan menimbulkan pertengkaran, bahkan bisa berujung pada perceraian.

Terlepas dari energinya, apakah positif atau negatif tapi pada intinya burung Perkutut merupakan salah satu media yang digunakan oleh para leluhur untuk menyampaikan nasehat atau wejangan secara tersirat seperti halnya Keris pusaka.

Jadi sebetulanya, setiap Perkutut katuranggan, baik yang sifatnya positif maupun yang negatif sama-sama memiliki makna sebagai wejangan tersirat untuk mengingatkan kita agar bisa menjadi Manusia yang lebih baik.

Mengenai kepercayaan tentang tuah pada Perkutut katuranggan harus dipahami apa makna atau filosofinya, kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa merasakan sejatinya tuah pada Perkutut katuranggan.

Karena dibalik kepercayaan tentang tuah Perkutut katuranggan, ada petuah-petuah bijak dari para leluhur yang bisa dijadikan sebagai tuntunan hidup.


Demikian sedikit informasi tentang ciri-ciri, filosofi, tuah dan mitos Perkutut katuranggan Kelabang Kepipit yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini. Untuk informasi lain seputar Perkutut katuranggan, dapat dibaca pada artikel Harta Langit lainnya.

Tonton juga videonya:

Ciri dan Mitos Perkutut Klabang Kepipit - Harta Langit Channel

Dukung Harta Langit Channel dengan cara like, subscribe, komen dan share video ini agar kami dapat terus berkarya untuk mengenalkan dan melestarikan warisan budaya leluhur kita.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Post a Comment for "Mitos dan Filosofi Perkutut Kelabang Kapipit"

Untuk Pemesanan Benda Pusaka, Call/Sms: 0858-7027-7889 atau Chat via WA: